in , ,

Gunung Penanggungan, Ramah Pendaki Pemula dengan Pemandangan Menakjubkan

Ramah Untuk Pendaki Pemula, Gunung Penanggungan Wajib Kamu Coba

Gunung Penanggungan
Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan merupakan gunung berapi (istirahat) berbentuk kerucut yang terletak di Jawa Timur. Lokasinya berada di dua Kabupaten, yaitu Mojokerto dan Pasuruan. Uniknya, Penanggungan menyimpan sejarah panjang kerajaan Majapahit. Terbukti banyak ditemukan situs purbakala berupa candi umat agama Hindu. Nah, apalagi yang ditawarkan oleh gunung ramah pendaki pemula ini? Berikut ulasan dari Kontributor Travelingyuk, Mohammad Guruh.

Baca juga : Sanggar Anak Alam Jogja, Wisata Alternatif Bernuansa Edukatif

Jalur Pendakian Menuju Puncak

Selamat Pagi, Ada Yang Rindu Ketinggian IG @sya_sya7
Pesona alam Penanggungan via instagram/@sya_sya7

Meskipun tak setinggi dengan gunung lainnya yang ada di Jawa Timur, Penanggungan tidak pernah sepi terutama saat musim liburan tiba. Alasannya, pemandangan yang ditawarkan bikin siapapun jatuh cinta. Gunung Penanggungan terkenal mudah dan cocok untuk pendaki pemula. Sementara jalur yang digunakan untuk mencapai puncak ada empat. Di antaranya adalah jalur Tamiajeng, Jolotundo, Ngoro dan Trawas. Pastinya, semua jalur memiliki keunikan tersendiri.

Letaknya Tak Terlalu Tinggi

Terlau sibuk berkhayal mengejar harapan sampai lupa berkaca sama kenyataan IG @nananonu10
Sudut lain dari Penanggungan via instagram/@nananonu10

Gunung Penanggungan bisa jadi tujuan bagi Teman Traveler yang menjadi pendaki pemula. Dengan ketinggian 1.653 mdpl, gunung ini layak jadi medan belajar sebelum mendaki puncak lebih tinggi lainnya. Tak perlu khawatir atau tersesat, sudah banyak rambu atau petunjuk di setiap jalurnya. Sayangnya tidak ada mata air, Teman Traveker disarankan membawa perbekalan air secukupnya. Meskipun tidak terlalu tinggi, sensasi dan pengalaman yang didapatkan tidak akan terlupakan.

Waktu Pendakian yang Singkat

Mt. Penanggungan, for the fourth time IG @dlrsputri
Keindahan dari Atas Gunung via instagram/ @dlrsputri

Dengan waktu normal tanpa halangan, 3-4 jam waktu yang diperlukan untuk sampai puncak. Tak jarang pendaki pengalaman mendaki dengan Tik-Tok atau pulang pergi. Meskipun ramah untuk pendaki pemula, Teman Traveler harus tetap hati-hati. Karena medannya berpasir dan lumayan curam pada beberapa titik di jalur pendakian.

Agar menjadi pengalaman yang tak terlupakan, disarankan untuk camping di sini. Gunung Penanggungan memiliki pemandangan sunrise yang luar biasa. Pada hari yang cerah, gunung Sumeru, Arjuna dan Welirang jadi pemandangan yang menakjubkan.

Medan Belajar yang Menyenangkan

Share bareng IG @ahmadandi1239924
Pemandangan saat malam hari via instagram/@ahmadandi1239924

Wisata Gunung Penanggungan ini menjadi tempat pendakian favorit. Tidak hanya warga Mojokerto sekitar namun banyak dari berbagai daerah yang tertarik mendaki serta menjelajahi gunung Penanggungan. Keindahannya membuat siapapun rela mendaki meskipun sudah berkali-kali. Teman Traveler yang rindu dengan dinginnya gunung, pasti akan datang kembali dan menjamahnya. Cocok nih untuk Teman Traveler yang belajar mendaki.

Itulah ulasan tentang Gunung Penanggungan yang terletak di Mojokerto dan Pasuruan. Bagaimana, tertarik untuk mendaki gunung ini? Jangan lupa ajak teman agar perjalanan makin menyenangkan. Next

ramadan

Written by Mohammad Guruh

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Tradisi Natal di Indonesia

Tradisi Natal di Indonesia, Mulai dari Main Keroncong sampai Masak Pakai Batu

Pemandangan Tebing Keraton

5 Tempat Menarik di Bandung, Liburan ke Paris van Java Tak Perlu Bingung