in , ,

Pesona Empat Puncak Gunung Raung, Ada yang Dijuluki ‘Shiratal Mustaqim’

Melongok Kegagahan Empat Puncak Gunung Raung

Mendaki Gunung Raung
Mendaki Gunung Raung (c) Indah Rahmasari/Travelingyuk

Aktivitas menjelajah alam bebas belakangan kian diminati banyak orang. Apalagi semakin banyak saluran TV yang menyajikan program petualangan. Kian banyak pula orang yang tertarik menaklukkan gunung, laut, air terjun, atau bentang alam lainnya.

Baca juga : Bakso Moo Moo, Kuliner Berkuah di Gading Serpong dengan Campuran Tulang Iga

Jika Teman Traveler termasuk salah satu penggemar aktivitas petualangan di alam bebas, Gunung Raung di Jawa Timur patut kalian kunjungi. Kawasan ini memiliki banyak gunung dengan daya tarik dengan keunikan luar biasa.

Beda dengan gunung biasa, Raung memiliki empat puncak. Lantas seperti apa sensasi menjelajah di sana? Yuk, simak ulasan saya berikut ini.

Puncak Bendera

Berpose di Puncak Bendera (c) Indah Rahmasari/Travelingyuk

Puncak Bendera merupakan puncak pertama yang harus dilewati sebelum sampai di Puncak Sejati. Dengan ketinggian sekitar 3.154 mdpl, butuh waktu sekitar 3-4 jam perjalanan dari Kamp 7 untuk sampai sini. Medan yang bakal Teman Traveler lewati cukup menanjak. Kalian bakal berjalan melipir, melewati area Gunung Wates.

Bebatuan besar bakal mendominasi jalur menuju Puncak Bendere. Begitu sampai, Teman Traveler bakal bisa melihat jelas kegagahan Gunung Raung dari kejauhan.

Puncak 17

Puncak 17 yang mengagumkan (c) Indah Rahmasari/Travelingyuk

Perjalanan bakal mulai ekstrem dari Puncak Bendera menuju Puncak 17. Jalur ini paling rendah sekaligus menegangkan. Teman Traveler bakal menyusuri medan menurun, dengan jurang menganga di sisi lainnya.

Istirahat sejenak di Puncak 17 (c) Indah Rahmasari/Travelingyuk

Butuh konsentrasi tinggi karena salah sedikit saja akan berakibat fatal. Di sini nyali kalian akan benar-benar diuji. Berjuta sensasi bakal kalian rasakan.

Puncak Tusuk Gigi

‘Shiratal mustaqim’ via instagram.com/republik.raung

Perjalanan dari Puncak 17 menuju Puncak Tusuk gigi tak kalah ekstrem. Jalur ini adalah ‘primadona’ yang kerap disebut ‘Shiratal mustakim’. Gagal melewatinya, Teman Traveler akan jatuh ke jurang. Jika sudah demikian, bahkan jenazah pun akan sulit diambil. Ngeri ya?

Melewati jalur ‘Shiratal mustaqim’ via instagram.com/republik.raung

Jangan khawatir Teman Traveler, dengan kehati-hatian dan konsentrasi tinggi, jalur ini pasti bisa kalian taklukkan. Semua upaya tersebut bakal terbayar lunas dengan keindahan bagaikan surga yang begitu luar biasa.

Puncak Tusuk Gigi (c) Indah Rahmasari/Travelingyuk

Puncak Sejati

Puncak Sejati (c) Indah Rahmasari/Travelingyuk

Inilah puncak yang jadi tujuan utama para pendaki Gunung Raung. Begitu sampai, Teman Traveler bakal merasakan kepuasan tersendiri. Terasa begitu nikmat, bisa mengagumi pemandangan dari ketinggian bersama para pendaki lainnya.

Turun dari Puncak Sejati (c) Indah Rahmasari/Travelingyuk

Puncak Sejati dan Puncak Tusuk Gigi hanya berjarak sekitar 100 meter. Di sini Teman Traveler bisa melihat kaldera besar yang masif aktif. Tampak menganga lebar. Jika sudah meletus, suaranya bagai raungan macan. Bahkan bisa terdengar hingga Camp 7.

Gunung Raung memang benar-benar menyimpan pesona unik dan eksotis yang luar biasa. Proses menggapai puncaknya seolah menggambarkan perjuangan kehidupan, penuh lika-liku. Bagaimana Teman Traveler, tertarik menaklukkan gunung di Indonesia satu ini? Selamat bertualang. Next

ramadan
Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu, Indahnya Niagara ala Indonesia

Riding the Seven Ghosts at Bono Wave, Kampar River