in , , , ,

Pendakian Gunung Semeru Dibuka Dengan Kuota Terbatas

Pendakian Semeru dibuka 1 April 2021

fi gunung semeru dibuka

Kabar baik bagi Teman Traveler dan para pendaki, akan dibuka kembali pendakian Gunung Semeru Jawa Timur mulai 1 April 2021 dengan kuota terbatas. Setelah sempat ditutup pada akhir Desember 2020 tahun lalu. Yuk simak penjelasan berikut.

Baca juga : Rockhills, Ngafe Suasana Tropis Ala Bali di Cuaca Dingin Batu

Persyaratan dan Prosedur Pendakian

persyaratan dan prosedur pendakian
Ilustrasi via instagram h_lukman

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) menyatakan mulai 1 April 2021 pendakian Gunung Semeru di Jawa Timur akan kembali dibuka. Pembukaan jalur ini juga menerapkan sejumlah peraturan pendakian.

Para pendaki wajib menerapkan prosedur pendakian Gunung Semeru pada masa adaptasi kebiasaan baru di TNBTS. Kemudian, membeli karcis masuk pada situs bookingsemeru.bromotenggersemeru.org.

Jika Teman Traveler belum pernah melakukan reservasi, dalam situs tersebut terdapat penjelasan tutorial mulai dari cara reservasi pendakian, cara pembayaran, dan standar operasional prosedur pendakian Gunung Semeru.

Jumlah Kuota Dibatasi

jumlah kuota dibatasi
Ilustrasi via instagram yedijatiez

Kemudian, perwakilan TNBTS juga mengatakan jumlah kuota dibatasi dengan kesepakatan hanya ada 180 orang per hari atau 30 persen daya dukung atau daya tampung. Selain itu juga lama pendakian dibatasi selama 3 hari 2 malam dan maksimal yang diperbolehkan hanya sampai di wilayah Kalimati.

Penyebab Ditutupnya Pendakian

penyebab ditutupnya pendakian
Ilustrasi via instagram bam.87

Sebelumnya pendakian Gunung Semeru ditutup sementara pada 29 November 2020 karena adanya peningkatan aktivitas gunung serta saat itu terjadi letusan serta mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak luncur mencapai 1.000 meter.

Kemudian pada 30 Desember 2020 Balai Besar TNBTS memutuskan untuk menutup secara total pendakian Gunung Semeru yang disebabkan oleh kondisi cuaca buruk pada wilayah Jawa Timur yang bisa membahayakan keselamatan para pendaki.

Rekomendasi Wisata Sekitar

rekomendasi kebun teh kertowono
Ilustrasi via instagram odipratama_92

Selanjutnya, rekomendasi wisata di sekitar Gunung Semeru ada Kebun Teh Kertowono yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Suasananya sangat sejuk dan asri ditambah pemandangan Gunung Bromo dan Semeru yang gagah.

Fasilitas wisata ada area parkir, toilet, penginapan, penyewaan mobil jeep dan lainnya. Lalu untuk tiket masuk sangat terjangkau Rp 5.000 per orang. Lokasi kebun ada di Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dari pusat kota Lumajang berjarak 20 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Demikian penjelasan Gunung Semeru dibuka kembali serta rekomendasi wisata sekitar. Teman Traveler harus tetap menjaga protokol kesehatan saat mendaki ya! Next

ramadan
fi tongkonan lempe

Tongkonan Lempe di Toraja, Spot Swafoto di Atas Awan

Museum Qatar

Megahnya Museum Nasional Qatar, Yuk Intip Ada Apa Saja?