in , ,

Megahnya Museum Nasional Qatar, Yuk Intip Ada Apa Saja?

Museum Qatar
Museum Qatar

Untuk kamu yang berencana mengunjungi Qatar, ada yang baru nih dari Qatar, apa ya? Museum Nasional Qatar sudah selesai nih akhirnya, dan
dibuka untuk publik pada tanggal 28 maret 2019 lalu. Jadi bertambah tempat tempat menarik lainnya dan gratis tentunya di Qatar yang bisa kamu kunjungi nih. 

Baca juga : Sekarang Bisa Langsung ke Pulau Jeju Korea Tanpa Visa, Begini Caranya

Nah bangunannya ini kalau lihat foto ini museum dari atas unik sekali saya lihat seperti tumpukkan tumpukan roti bulat gitu deh. Ternyata arsiteknya ini seorang warga negara Perancis bernama  Jean Nouvel. Katanya sih desain nya itu terinspirasi dari mawar gurun yang tumbuh disekitar istana, museum ini memiliki luas bangunan 52.000 m2. wah besar juga ya guys persiapkan kaki yang kuat untuk menjelajah museum nasional qatar ini.

Nah untuk lokasi museum ini itu berada di pusat kota, pas bersebrangan dengan Corniche dan Mia Park, juga dekat dengan Souq Waqif, Dan bersebelahan dengan Istana Raja.  Memang Doha (ibu kota) itu kecil tidak sebesar Jakarta.  jadi kita sangat mudah mengunjungi tempat-tempat tersebut karena berada dalam satu area yang berdekatan loh, sekali menjelajah bisa banyak tempat yang dikunjungi disini.

Jadi, Museum ini itu menceritakan kisah-kisah unik kehidupan penduduk Qatar di masa paling awal dulu, masa sekarang dan seterusnya menuju masa depannya. Kehidupan yang terdiri dari 3 fase ini dituangkan dalam bentuk narasi yang unik dan menarik didalam museum tersebut.

Jadi pengunjung diajak menjelajahi satu persatu ke 3 fase tersebut di sebelas galeri yang sangat individu. Mengeksplor Galeri ini dimulai
dengan pameran tentang sejarah alam gurun dan teluk persia, artefak dari budaya badui, pameran sejarah tentang perang suku, pembentukkan negara Qatar, dan akhirnya penemuan minyak untuk sekarang.

Kemudian Koleksi-koleksi yang ada di museum national qatar ini terdiri sekitar 8000 objek dan termasuk artefak arkeologi, elemen arsitektur, peninggalan rumah tangga dan objek perjalanan, tekstil, kostum, perhiasan, seni dekoratif, buku dan dokumen-dokumen sejarah banyak banget kan.

Museum ini dibuat bukan seperti kebanyakan museum yang membosankan, tapi mengajak pengunjung untuk berpartisipasi, belajar sambil santai jadinya. Disini terdapat Auditorium dengan kapasitas 220 kursi dan program acara bergulir memastikan setiap kunjungan menawarkan perspektif baru. Museum modern saya menyebutnya dengan sentuhan classy.

Galeri-galeri yang disajikan juga penuh dengan gerakan, suara, dan warna utnuk melibatkan publik dengan indera,emosi dan kecerdasan. Sebuah jalan seperti spiral dikelilingi oleh kelopak mawar yang bertindak sebagai dinding di dalam struktur internal. Di Dinding-dinding ini, video-video warga Qatar diputar secara berulang-ulang, mendengarkan kesaksian dan menonton rekaman otentik yang menggambarkan tahap-tahap penting kehidupan negara ini seperti penyelam mutiara,penenunan wanita,dan proses pembuatan kopi tradisional.

Museum ini memang dibuat semenarik mungkin dan bisa membangkitkan semangat pengunjung. Budaya mampu menghubungkan orang-orang, dan dengan museum ini telah menciptakan  platform yang luar biasa untuk dialog.

Misi museum ini adalah untuk memberikan informasi mengenai budaya, warisan, dan masa depan Qatar dan rakyatnya, serta mewujudkan kebanggaan dan tradisi Qatar sambil menawarkan pengunjung internasional dialog tentang perubahan cepat dan modernisasi. Nah bagi yang datang ingin bersantai ada tempat baru untuk makan, termasuk restaurant atap yang menakjubkan dan taman yang baru saja di tata, koleksi tanaman-tanaman asli dari negara Qatar. Museum national qatar ini bisa jadi destinasi wajib bila kamu ke Qatar Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

fi gunung semeru dibuka

Pendakian Gunung Semeru Dibuka Dengan Kuota Terbatas

Coto Makassar

Kangen dengan Kuliner Makassar saat di Bali? Ini Obatnya