in , , ,

Menjelajahi Perbukitan di Gunung Tumpeng Girimukti Sukabumi

Menjelajahi perbukitan di Sukabumi

fi gunung tumpeng

Beberapa waktu lalu viral pada media sosial sebuah pemandangan bukit dan hamparan rumput hijau di sekelilingnya. Gunung Tumpeng Girimukti di Sukabumi adalah lokasinya, objek wisata yang belum diketahui oleh banyak orang. Yuk menjelajahi perbukitannya!

Baca juga : Pasca Gempa Lombok, Inilah Wajah Islamic Centre Mataram yang Bikin Miris

Bukan Sebuah Gunung Melainkan Bukit

bukan gunung melainkan bukit
Ilustrasi via instagram novian_kuncorohadi

Gunung Tumpeng yang berada di kawasan Geopark Ciletuh ini merupakan sebuah perbukitan bukan gunung. Nama Gunung Tumpeng sendiri diberikan karena bentuknya yang kerucut mirip tumpeng.

Selain itu disebut juga Bukit Koneng, sebab banyak ditemukan pohon kunyit. Ada juga yang mengatakan karena rerumputan di bukit saat musim kemarau akan berwarna kuning sehingga disebut koneng dalam bahasa Sunda.

Rute dan Cara Menuju Bukit

cara menuju bukit
Ilustrasi via instagram aji_jaelanii

Bukit ini memiliki pemandangan yang indah, terlihat perbukitan hijau, lembah dan lautan tampak dari kejauhan. Panorama tersebut membuat banyak orang penasaran dan ingin mengunjungi lokasi Gunung Tumpeng ini. Apalagi ketika matahari terbenam sangat cantik nan syahdu.

Jika Teman Traveler tertarik juga menuju bukit, ada rute terbaik dengan melewati jalur loji. Adapun rutenya setelah melewati puncak gebang, ada pertigaan sebelum puncak darma. Kemudian ambil jalan kiri ke arah Ciemas dan mengikuti petunjuk jalannya. Lalu, sampai Kantor Desa Girimukti tinggal berjalan kurang lebih 1,5 km lagi.

Jalur menuju puncak bukit lumayan sulit dan berlumpur, disarankan untuk Teman Traveler menggunakan kendaraan roda dua bisa juga menyewa jasa ojek, sedangkan mobil lebih baik jenis offroad. Kemudian dari area parkir trek menuju puncak akan terlihat, bisa ditempuh sekitar 15 menit perjalanan.

Fasilitas, Harga Tiket dan Lokasi

fasilitas harga lokasi gunung tumpeng
Ilustrasi via instagram andri_widiantara

Selanjutnya untuk fasilitas masih belum memadai tetapi sudah ada camping ground walaupun tidak luas, beberapa warung makanan dan minuman. untuk harga tiket masuk per orang Rp 5.000, biaya pakir kendaraan Rp 5.000.

Gunung Tumpeng berlokasi di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, masuk dalam kawasan Geopark Ciletuh.

Wisata Lain di Sukabumi

bukit karang numpang
Ilustrasi via instagram willie.andrian.dt

Berikutnya ada wisata lain yang bisa Teman Traveler kunjungi yaitu Bukit Karang Numpang. Lokasi yang pas untuk menikmati sunrise maupun sunset juga pemandangan sekitar, hamparan rumputnya yang menyejukkan. Sesuai dengan namanya, di sini banyak batu karang dengan bentuk unik.

Teman Traveler bisa melakukan trekking menuju puncaknya, berkemah atau menikmati view alamnya sambil mengabadikan momen dengan berfoto. Harga tiket masuknya per orang sangat terjangkau yaitu Rp 3.000 saja.

Bukit Karang Numpang berlokasi di Jalan Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Sukabumi, Jawa Barat. Jam operasional wisata pukul 08.00-18.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian perjalanan menuju Gunung Tumpeng Girimukti di Sukabumi serta rekomendasi wisata sekitar. Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatannya. Next

ramadan
Pasar Malam di Bangkok

Pasar Malam di Bangkok Sebelum Pandemi Covid-19, Bikin Kangen

fi sungai lobang

Sungai Lobang di Simalungun, Punya Air Jernih yang Konon Angker