in , , ,

Sungai Lobang di Simalungun, Punya Air Jernih yang Konon Angker

Wisata air di Sumtra Utara

fi sungai lobang

Selain Danau Toba ada lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu Sungai Lobang di Simalungun Sumatra Utara. Menurut cerita konon terkenal angker tetapi punya air yang jernih dan berwarna biru kehijauan seperti di laut. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : 8 Wisata di Jalur Pantura untuk Selingan Perjalanan Mudik

Sungai Jernih Seperti Air Laut

sungai jernih seperti air laut
Ilustrasi via instagram zuhri_saragih

Sungai Lobang atau masyarakat sekitar menyebutnya sunglo atau umbul sebuah kolam pemandian alami. Memiliki keunikan dari sungai lain yaitu airnya jernih berwarna biru seperti air laut.

Disebut sungai Lobang karena di tengah kolam terdapat lubang besar mencapai lebih kurang 50 meter. Pada lubangnya air berwarna biru tua, sementara bagian lain biru muda kehijauan. Kedalaman selain lubangnya sekitar 2 meter.

Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun

sejak ratusan tahun
Ilustrasi via instagram dapurtraveling

Sungai ini terbentuk dari letusan bawah tanah kemudian menjadi lubang mata air, berumur sekitar ratusan tahun. Menurut warga konon sungai ini dikenal angker lho!

Jika ada orang yang berniat tidak baik saat mandi di kolam akan tenggelam. Jadi Teman Traveler harus menjaga sopan santun dan tetap berhati-hati saat masuk ke dalam kolamnya ya.

Fasilitas, Harga Tiket dan Lokasi

fasilitas harga dan lokasi sungai lobang
Ilustrasi via instagram dadozhuharahap

Fasilitas wisata masih perlu pengembangan karena memiliki potensi wisata yang menarik, sementara ada kamar mandi, tempat duduk dan lainnya. Harga tiket masuk gratis tidak dipungut biaya.

Lokasi Sungai Lobang di Kerasaan I, Pematang Bandar, Kabupaten Simalungun, Pematangsiantar, Sumatra Utara. Dari pusat kota Pematangsiantar berjarak 30 km dengan waktu tempuh sekitar 56 menit perjalanan.

Wisata Lain di Sumatra Utara

telaga dwi warna sibolangit
Ilustrasi via instagram setiawanbambang_

Selanjutnya untuk wisata lain di Sumatra Utara ada Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit yang berada di dalam hutan Sibolangit. Memiliki keunikan dari warna dan suhu air, di mana air berwarna biru berhawa dingin sedangkan yang hangat berwarna putih.

Akses menuju air terjun dimulai dari bumi perkemahan Sibolangit kemudian melakukan trekking menyusuri hutan dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan, di sini Teman Traveler bisa menyewa jasa tour guide. Tiket masuk per orang Rp 25.000.

Lokasi air terjun di Bandar Baru, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara, jam operasional wisata mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan Sungai Lobang di Simalungun serta rekomendasi wisata lain. Bisa jadi pilihan saat berlibur di Sumatra Utara, tetap jaga protokol kesehatan ya! Next

ramadan
Kintan Buffet

Kintan Buffet Jogja, Nikmati Kuliner Nikmat ala Jepang

Terminal Jatijajar

Terminal Jatijajar Depok, Suasananya yang Bikin Kangen Mudik