in , , , ,

Gugusan Pulau Kecil Tengah Laut Taman Wisata Alam Gunung Tunak yang Eksotis

Keindahannya yang Memukau buat Mata Terpana

Lombok memang tak ada habisnya jika membahas tempat wisata. Keindahan alam di Lombok memang sangat populer. Nah, kali ini ada tempat wisata yang tidak kalah terkenalnya dengan tempat wisata yang lain, lokasinya ada di Lombok Tengah. Tempat ini bernama Taman Wisata Alam Gunung Tunak (TWA Gunung Tunak). Seperti apa keindahan alamnya? Simak ulasannya yuk.

Baca juga : Pantai Ini Memiliki Batu Karang Misterius Berbentuk Kapal!

Lokasi Wisata 

Pemandangan Indah Laut Biru (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk
Pemandangan Indah Laut Biru (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

TWA Gunung Tunak merupakan sebuah surga tropis yang menyajikan pemandangan tak biasa. Boleh dibilang tempat ini setara dengan indahnya Raja Ampat dan Nusa Penida. Lokasinya berada di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Saat memasuki area wisata ini, Teman Traveler langsung diajak menyusuri jalanan setapak diantara hutan, kemudian berlanjut dengan hamparan indah rumput berwarna hijau. Sebagai pelengkap dari semua sajian tadi, Teman Traveler juga bisa menikmati indahnya Pantai Tunak yang begitu mempesona. Depan pintu masuk TWA Gunung Tunak, Teman Traveler sudah disambut dengan keindahan pantai sekitar Gunung Tunak.

Tiket Masuk

Pemandangan dari Atas Bukit (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk
Pemandangan dari Atas Bukit (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Untuk menikmati pemandangan indah TWA Gunung Tunak ini, Teman Traveler hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp10.000 untuk membeli tiket masuk. Nah, salah satu spot favorit wisatawan di area TWA Gunung Tunak adalah Pantai Tunak yang terletak sekitar 5 kilometer dari pintu masuk. Agar bisa mencapai pantai, Teman Traveler bisa menggunakan sepeda motor atau tracking, karena jalur menuju Pantai Tunak ini cukup menantang. 

Jalan Menuju Objek Wisata

Bibir Pantai (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk
Bibir Pantai (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Jalan menuju Pantai Tunak masih terbilang kurang mulus karena selain jalannya berlubang, juga terdapat lumpur yang cukup mengganggu perjalanan wisatawan. Selain itu, jalannya pun berpasir dan berdebu. Jadi untuk Teman Traveler yang mau ke TWA Gunung Tunak, sebaiknya menyiapkan masker dan tenaga yang ekstra.

Setelah sampai di Pantai Tunak, Teman Traveler akan melihat hamparan laut berwarna biru dengan udara yang cukup panas karena terik matahari yang langsung menusuk kulit. Teman Traveler juga akan dimanjakan dengan panorama Pantai Selatan Lombok yang berpasir putih, air laut yang berwarna biru tua dengan tebing-tebing berdinding kapur bak Raja Ampat, hamparan rumput hijau yang luas dan juga hutan yang masih asri. Pemandangan yang menakjubkan ya Teman Traveler. 

Fasilitas dan Spot Kerennya yang Menarik

Fasilitas Pantai dan Spot Foto Keren (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk
Fasilitas Pantai dan Spot Foto Keren (c) Khairunnas Mauliah/Travelingyuk

Fasilitas di Pantai Tunak ini tidak terlalu lengkap, hanya ada beberapa berugaq (gazebo) untuk beristirahat. Selain dimanjakan dengan indahnya pantai Tunak, ada juga spot foto yang tidak kalah menakjubkannya yaitu Gunung Tunak yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Sekitar 10 menit menggunakan kendaraan roda dua dengan melewati hutan kecil, Teman Traveler bisa menikmati sejuknya gunung ini.

Dari lokasi inilah, Teman Traveler akan terlihat tebing-tebing yang bisa dikatakan mirip dengan Raja Ampat. Ditambah lagi adanya mercusuar yang menjadi daya tarik dari Gunung Tunak ini. Nah, disinilah spot foto yang menjadi ikon TWA Gunung Tunak, karena pemandangan Gunung Tunak akan terlihat semua dari atas mercusuar ini. Menawarkan keindahan pantainya yang menawan, Gunung Tunak ini tidak bisa dilewatkan oleh siapa pun yang akan berlibur ke Lombok. Benar bukan? Next

ramadan

Red Brick Warehouse, Wisata Belanja Fenomenal di Hakodate Jepang

Masjid Agung Darussalam, Nuansa Nabawi di Tanah Purbalingga