in , , ,

Red Brick Warehouse, Wisata Belanja Fenomenal di Hakodate Jepang

Liburan Tanpa Belanja seakan Makan Nasi Tanpa Garam, Hambar!

Ada sebuah tempat belanja fenomenal di Hakodate yang merupakan sebuah kota di pulau Hokkaido, Jepang. Nama tempat ini adalah Kanemori Red Brick Warehouse. Jika berjalan kaki dari Hakodate Sation, Teman Traveler hanya akan membutuhkan waktu 15 menit untuk sampai di tempat ini. Jika tidak ingin berjalan kaki, Teman Traveler juga bisa naik trem dan turun di Stasiun Jujigai. Tapi ingat ya Teman Traveler, stasiun trem itu adanya di tengah2 jalan dan bentuknya hanya seperti halte bis yang mungil! Ingin tahu tentang tempat belanja ini? Simak ulasannya ya.

Baca juga : Bukit Liaga, Pesona Alam Komplet di Sudut Ende

1.      Bekas Gudang yang Disulap Jadi Area Pertokoan

Kanemori Red Brick Warehouse © Ruth Devi/Travelingyuk
Kanemori Red Brick Warehouse © Ruth Devi/Travelingyuk

Terletak di seberang pelabuhan, Kanemori Brick Warehouse awalnya adalah sebuah gudang tempat penyimpanan barang-barang, perusahaan perikanan dan kantor post. Gudang ini kemudian disulap menjadi area tempat belanja yang menarik karena masih mempertahankan bentuk aslinya yaitu gudang dengan dinding bata merah. Bangunan ini terdiri dari 4 bagian gudang yang besar yaitu Bay Hakodate, Kanemori Yobutsukan, Hakodate History Plaza dan Kanemori Hall.

2.      Bay Hakodate

Bay Hakodate © Ruth Devi/Travelingyuk
Bay Hakodate © Ruth Devi/Travelingyuk

Terdapat 14 toko unik di kelompok ini. Seperti Singlar’s, yang menjual kain yang dicelup dengan pewarna dari tinta cumi. Ada juga Hakodate Music Box Museum yang menjual berbagai macam music box. Selain itu, Teman Traveler juga bisa menemukan Sapporo drug store. Karyawan toko obat ini kurang bisa berbahasa Inggris, jadi Teman Traveler perlu menjelaskan dengan memperagakan penyakit yang ingin disembuhkan oleh obat yang akan dibeli.

Cheese Cake Rasa Original dan Chocolate ©Ruth Devi/Travelingyuk
Cheese Cake Rasa Original dan Chocolate ©Ruth Devi/Travelingyuk

Selain itu, di toko obat ini terdapat monitor yang berguna untuk mengetahui kegunaan dari masing-masing obat yang ada. Jadi Teman Traveler tinggal scan barcode yang tertera di obat tersebut, kemudian pilih bahasa, maka di monitor akan menampilkan fungsi obat tersebut dalam bahasa yang Teman Traveler pilih. Canggih ya? Beli obat juga bisa tax free jika mencapai nilai tertentu, tetapi hanya untuk obat yang akan dibawa keluar Jepang saja.

Ada juga Store Sugi Bee Garden, madu yang terkenal dari Jepang. Ada juga Ozio HandBay yang menjual tas berbahan dasar kulit. Tas yang bagus sesuai dengan harganya yang cukup mahal. Teman Traveler juga bisa mencoba makanan kecil yang terkenal di Jepang yaitu cheese cake dan hot chocolate di Petite Merveille. Rasanya bagaimana? Jelas enak banget!

3. Kanemori Yobutsukan

Kanemori Yobutsukan © Ruth Devi/Travelingyuk
Kanemori Yobutsukan © Ruth Devi/Travelingyuk

Tema untuk gedung ini adalah keberagaman kehidupan Negeri Barat. Sehingga di sini bisa ditemukan barang-barang import. Ada sekitar 24 kios yang tergabung di kelompok ini loh Teman Traveler. Selain Swarovsky, ada Toko Konnyaku Shabon yang menjual sabun dari bahan baku ubi.

Toko yang bisa Teman Traveler jumpai berikutnya adalah Laox, toko ini menjual segala pernak pernik berbau Jepang, begitu juga ChaChaCha, ada pernak pernik khas Jepang yang lucu dan imut. Ada juga Pastry Snaffle’s,  toko kue yang cukup terkenal di Jepang. Setiap tahun di bulan December, dipasang pohon Natal raksasa di depan Kanemori Yobutsukan yang tingginya 20 meter dengan lebih dari 10,000 kerlip lampu. Pemandangan yang luar biasa!

4. Hakodate History Plaza

Beer Hall di Kanemori Red Brick Warehouse © Ruth Devi/Travelingyuk
Beer Hall di Kanemori Red Brick Warehouse © Ruth Devi/Travelingyuk

Sekalipun hanya terdiri dari 9 toko saja, tetapi yang dijual di sini cukup terkenal, mulai dari restaurant besar yang disebut Beer Hall, kemudian Marion Crepes yang merupakan penjual crepes pertama di Jepang, ada juga Milkissimo, gelato yang berbahan baku susu asli Hokkaido.

Hal yang unik adalah toko yang disebut Hakodate Roman-kan, karena di sini Teman Traveler bisa membuat sendiri manik-manik kaca sesuai selera yang kemudian bisa digabungkan dengan batu mulia yang dijual di toko ini dan dijadikan perhiasan gelang atau kalung.

5. Kanemori Hall & Lucky Pierrot

Lucky Pierrot di Red Brick Warehouse © Ruth Devi/Travelingyuk
Lucky Pierrot di Red Brick Warehouse © Ruth Devi/Travelingyuk

Biasanya Hall ini digunakan untuk menggelar konser atau bisa juga menggelar acara-acara seperti perkawinan atau acara besar lainnya. Selain itu, Teman Traveler juga bisa mengunjungi Lucky Pierrot yang memiliki pengunjung cukup ramai. Letaknya persis di depan Red Brick Warehouse. Nah, semoga tulisan ini bisa menginspirasi Teman Traveler yang akan berkunjung ke Hokkaido. Next

ramadan

Kebon Rojo Park, Spot Edukasi Adem di Tengah Panasnya Kota Blitar

Gugusan Pulau Kecil Tengah Laut Taman Wisata Alam Gunung Tunak yang Eksotis