in , ,

Jelajah Gunung Ungaran, Nikmati Indahnya Panorama dari ‘Atap’ Semarang

Serunya Perjalanan Menuju Puncak Gunung Ungaran

Pemandangan dari Puncak Ungaran
Pemandangan dari Puncak Ungaran (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Dikenal dengan julukan Kota Lumpia, nama Semarang tentu sudah tak asing di telinga para Teman Traveler. Kawasan ini kaya tempat wisata menarik. Meski secara geografis berbatasan langsung dengan Laut Jawa, bukan berarti Semarang hanya memiliki wisata pantai atau laut. Teman Traveler bisa coba mendaki satu-satunya gunung di Kota Lumpia, yaitu Gunung Ungaran.

Baca juga : Mie Ayam Non Halal di Jakarta, Nikmat Dengan Daging Melimpah

Berada di perbatasan Semarang dan Kendal, Ungaran kerap jadi favorit para pendaki, baik pemula maupun profesional. Lantas apa saja hal menarik yang bisa ditemui di destinasi ini? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Memiliki Tiga Jalur Indah

Panorama yang disuguhkan Gunung Ungaran (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Ada tiga jalur yang bisa dipilih untuk menuju puncak Ungaran, yaitu Jalur
Promasan, Jalur Mawar, dan Gedongsongo. Jalur promasan terletak di perbatasan Semarang dan Boja (Kendal). Menyuguhkan indahnya hamparan kebun teh di awal pendakian.

Namun, bagi Teman Traveler yang lebih suka mendaki beramai-ramai, sebaiknya memilih Jalur Mawar, salah satu favorit para pendaki. Sementara jika tertarik menikmati eksotisnya pemandangan candi dalam perjalanan menuju puncak, kalian bisa mencoba Jalur Gedongsongo di Bandungan, Kabupaten Semarang.

Mawar Camping Ground

Sunrise di puncak Ungaran (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Saya memilih Jalur Mawar karena memiliki area kemping yang lumayan luas. Bahkan, tersedia beragam fasilitas hingga memudahkan
pendakian. Tak hanya itu, pemandangan yang disuguhkan pun sungguh sangat memesona.

Teman Traveler bisa melihat dengan jelas panorama Gunung Merbabu dan Gunung Andong dari Mawar Camping Ground. Bahkan, eloknya Rowo Pening serta Kabupaten Semarang pun bisa dinikmati dari lokasi saya mendirikan tenda.

Medan Menantang

Panorama dari Puncak Ungaran (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Ketinggian Gunung Ungaran memang hanya 2050 mdpl, jauh lebih rendah dibanding dari gunung-gunung terkenal lainnya di Pulau Jawa. Namun, jangan sampai Teman Traveler meremehkan destinasi satu ini.

Terutama bagi para pemula, medan Gunung Ungaran cukup sulit. Meski banyak jalan datar, tak sedikit pula jalur menanjak serta medan ekstrem dan cukup licin. Apalagi jika sudah memasuki musim penghujan. Jadi, Teman Traveler harus tetap berhati-hati ya!

Panorama Mempesona

Gunung Sindoro dan Sumbing dari Puncak Ungaran (c) Aminah Rahmasari/Travelingyuk

Setelah sampai puncak, Teman Traveler akan disuguhkan panorama mempesona. Decak kagum seolah sulit berhenti ketika melihatnya. Selain atmosfer matahari terbit yang begitu eksotis, beberapa gunung terkenal bisa dilihat dari sini. Mulai Gunung Merbabu, Telomoyo, Merapi meski samar-samar, hingga Gunung Andong.

Tinggal berbalik ke sisi lain, Teman Traveler sudah bisa mengagumi gagahnya Gunung Sindoro, Sumbing, dan Prau. Sungguh menakjubkan dan jadi sebuah pengalaman liburan yang amat berkesan.

Nah, bagaimana Teman Traveler, masih ragu berlibur ke Semarang? Tunggu apa lagi, segera coba sensasinya menggapai puncak Gunung Ungaran dan rasakan keasyikannya. Dijamin kalian bakal ketagihan!  Next

ramadan

The Beautiful and Spectacular Orchid Forest Cikole Lembang

9 Rangkaian Acara HUT Surabaya ke-726, Mulai dari Makan Rujak Sampai Festival Belanja!