in ,

Hisap Vapor di Pesawat? Ini Regulasi yang Harus Dipahami Penumpang

Hal yang Dilarang dalam Pesawat, Jangan Dilanggar Agar Tidak Malu

Beberapa waktu lalu, di tanah air diramaikan dengan kejadian aktor Fandy Christian yang tertangkap melanggar aturan penerbangan sipil dalam pesawat milik maskapai Batik Air. Pria kelahiran 1985 ini diamankan Aviation Security setelah tiba di Bandara Lombok Praya. Terkait perbuatannya tersebut, aktor yang lahir di Medan tersebut meminta maaf kepada publik melalui sosial medianya. Agar tidak melanggar peraturan dalam pesawat, sengaja maupun tak sengaja, perhatikan hal-hal yang dilarang dalam pesawat ini ya.

Baca juga : Kopi Gede, Hidden Gem di Tengah Hutan Pinus Sukabumi

LAG (Liquid, Aerosol, dan Gel) dalam Kabin

LAG hanya boleh masuk masing-masng 100 ml via pexels.com
LAG hanya boleh masuk masing-masng 100 ml via pexels.com

LAG dapat dibawa kedalam kabin. Namun wajib dikemas dan masing-masing memiliki kapasitas tidak melebihi 100 ml. Jika LAG yang dibawa di dalam kemasan lebih dari 100ml, benda tersebut dipastikan tidak boleh masuk kabin. Meskipun kemasan hanya terisi sebagian. Minuman, busa cukur, lotion, minyak, parfum, shampo aerosol, pasta gigi, material semi-padat dan bahan-bahan lain juga memiliki konsistensi serupa.

Rokok Elektronik

Vapor boleh dibawa namun tak boleh dihisap via pexels.com
Vapor boleh dibawa namun tak boleh dihisap via pexels.com

Untuk sebagian besar negara, penumpang hanya bisa membawa rokok elektronik dalam tas yang masuk ke kabin. Meskipun diperbolehkan untuk membawa ke dalam kabin, menggunakan rokok elektronik atau mengisi ulang baterainya tidak diizinkan. Begitupun dengan menggunakannya secara diam-diam di toilet pesawat.

Alat Tumpul

Stick golf juga tidak boleh dibawa ke dalam kabin via
Stick golf juga tidak boleh dibawa ke dalam kabin via balistarisland.com

Tak hanya senjata tajam yang tidak diperbolehkan masuk dalam kabin. Beberapa benda tumpul yang dapat berpotensi menyebabkan cedera juga dilarang masuk ke kabin pesawat. Beberapa benda tumpul tersebut di antaranya adalah:

  • Pemukul baseball
  • Tongkat bilyard
  • Perlengkapan ilmu beladiri
  • Papan luncur
  • Tongkat golf

Zat Beracun dan Mudah Terbakar

Gas yang mudah terbakar juga tidak boleh dibawa mauk via pexels.com
Gas yang mudah terbakar juga tidak boleh dibawa mauk via pexels.com

Segala macam zat kimia atau beracun yang dapat menimbulkan risiko terhadap kesehatan awak pesawat dilarang masuk ke kabin. Peraturan tersebut juga berlaku untuk zat-zat yang mudah terbakar. Beberapa hal tersebut adalah:

  • Alkohol dengan kadar di atas 70%
  • Bahan bakar cair
  • Gas untuk isi ulang korek
  • Asam dan alkali
  • Bahan Radioaktif

Pengamanan dalam bandara memang terbilang sangat ketat. Karena perjalanan melalui jalur udara memang harus lebih waspada dan tidak dapat berhenti sewaktu-waktu jika ada keadaan darurat. Setelah membaca beberapa regulasi di atas, jangan sampai melanggar ya?

  Next

ramadan
Via Instagram marithamardany

Bukit Kapur Rengel Tuban, Keeksotisan Alam di Perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah

4 Cara Berbuka Puasa yang Tepat dengan Kuliner Nikmat