in ,

Hari Wayang Nasional Ditetapkan, Yuk Kunjungi Warisan Takbenda UNESCO Ini

Rayakan Hari Wayang Nasional dengan Kunjungi Museum-museum Ini Yuk!

Hari Wayang Nasional ditetapkan Presiden Joko Widodo jatuh pada 07 November setiap tahunnya. Penetapan ini berlangsung saat penerimaan perwakilan budaya dan seniman Indonesia di Istana Merdeka pada 11 Desember 2018 lalu. Tanggal tersebut dipilih sebagai hari Wayang Nasional sebab pada tanggal yang sama di tahun 2003, Wayang ditetapkan UNESCO sebagai Budaya Indonesia Warisan Takbenda. Nah! Sebagai generasi yang bangga dengan budaya negerinya, Teman Traveler bisa mengetahui lebih banyak tentang wayang di tempat-tempat berikut ini. Simak ya!

Baca juga : Perjalanan Menuju Gunung Talamau, Atap Tertinggi Sumatera Barat

1. Museum Wayang, Jakarta

Koleksi Wayang dari Mancanegara di Museum Wayang Jakarta via Instagram/ victoriaelfanda

Hari Wayang Nasional sudah ditetapkan pemerintah. Mari rayakan dengan mengunjungi beberapa museum atau galeri yang akan membawa Teman Traveler lebih tahu banyak tentang wayang! Salah satunya adalah Museum Wayang yang terletak di Jakarta. Koleksi wayang yang ada di sini sangat banyak. Teman Traveler bisa melihat koleksi wayang asli Indonesia atau luar negeri. Seperti dari negara-negara Malaysia, Suriname, Thailand, Vietnam, Perancis, India, Kamboja dan China.

Museum Wayang Berada di Kawasan Kota Tua Jakarta via Instagram/ itseureka26

Atraksi lain yang ada di Museum Wayang Jakarta adalah teater wayang dan workshop tentang pembuatan wayang. Jika Teman Traveler penasaran, bisa datang ke kawasan Kota Tua Jakarta. Ia tidak jauh dari Jakarta History Museum. Setiap hari, museum ini buka dari mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Untuk weekend, tutup hingga pukul 20.00 WIB. Harga tiket masuknya sekitar Rp 5 ribu.

2. Museum Wayang Kulit, Wonogiri

Koleksi di Museum Wayang Wonogiri via Instagram/ rhmnws

Museum wayang selanjutnya ada di Wonogiri, tepatnya di Jln. Raya Wuryantoro, Ngebel, Wonogiri, Jawa Tengah. Museum Wayang Kulit diresmikan pada 2004 lalu oleh Presiden Megawati Soekarno Putri. Ia dikelola oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri dengan jam operasional dari Senin-Sabtu mulai pukul 07.00-14.00 WIB.

Yuk ke Museum Wayang Wonogiri Bareng Teman via Instagram/ linawiyono

Koleksi yang dimiliki museum ini antara lain berbagai jenis wayang yang berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Bali. Terdiri atas Wayang Golek, Wayang Bali, Wayang Klitik, Wayang Beber dari Bali, Topeng, Wayang Suket dan Bakalan Wayang. Hal yang tidak boleh dilewatkan adalah wayang Semar yang dibuat pada 1716. Wayang tersebut merupakan hibah dari H. Begug Poernomosidi yang merupakan Bupati Wonogiri periode tahun 2000-2010.

3. Galeri Wayang, Purwakarta

Relief di Galeri Wayang Purwakarta via Instagram/ firstcorner

Merayakan Hari Wayang Nasional setiap tahunnya, bisa Teman Traveler habiskan dengan mengunjungi Galeri Wayang yang ada di Purwakarta. Koleksi wayang yang ada di sini antara lain Wayang Suket, Wayang Betawi, Wayang Cepak Cirebon dan Wayang Klithik.

Mengetahui Lebih Banyak Soal Wayang di Galeri Wayang Purwakarta via Instagram/ nabila_niva

Serunya, saat berada di Galeri Wayang Purwakarta, Teman Traveler bisa menjelajah ke dua ruangannya. Yaitu ruangan yang menceritakan tentang sejarah pewayangan Nusantara. Sementara itu, ruangan kedua berisi relief yang menggambarkan kisah Ramayana dan Mahabrata. Pengunjung dapat memainkan wayang-wayang yang ada di sini lho. Teman Traveler bisa datang setiap hari Selasa-Minggu, dari pukul 10.00-18.00 WIB. Tidak dipungut biaya lho.

4. Gedung Pewayangan Kautaman, Jakarta

Pementasan di Gedung Pewayangan Kautaman Jakarta via Instagram/ teaterwayangindonesia

Gedung Pewayangan Kautaman berada di Jln Raya Pintu I Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Ia diresmikan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Tepatnya pada 19 April 1999. Gedung Pewayangan Kautaman dibangun dengan tiga tujuan utama, yaitu untuk melestarikan seni budaya pewayangan, untuk melestarikan ilmu kautaman dan bukan sebagai sarana penyembahan dewa.

Sesekali Lihat Pertunjukan Budaya Semacam Ini Yuk! via Instagram/ mitaluvthemoon

Di Ruang Theatre Kautaman yang ada di sini kerap diadakan berbagai pementasan wayang orang. Sesekali menyaksikannya pasti akan jadi pengalaman yang berbeda.

5. Museum Wayang Kekayon, Jogja

Jika ke Jogja, Sempatkan untuk ke Museum Kekayon via Instagram/ bagaskurniawanjakesuma

Museum Wayang Kekayon Jogja sudah berdiri jauh sebelum Hari Wayang Nasional ditetapkan. Sebab ia diresmikan oleh KGPAA Paku ALAM VIII pada 1991. Museum Wayang Kekayon yang ada di Jln. Laksamana Adi Sucipto Demangan, Baturetno, Gondokusuman, Jawa Tengah ini bukan hanya difungsikan sebagai objek wisata seni dan budaya melainkan juga sebagai sarana pendidikan, penelitian dan rekreasi.

Bagian dalam Museum Wayang Kekayon via Instagram/ ruliwp

Koleksi wayang yang ada di Museum Wayang Kekayon antara lain Wayang Purwa, Wayang Gedhog, Wayang Klithik, Wayang Dupara, Wayang Golek, dan Wayang Madya. Di sini juga terdapat koleksi wayang yang berusia ratusan tahun, yaitu Wayang Golek Thengul, Wayang Madura, Lombok dan Bali. Museum ini buka dari Senin hingga Jum’at mulai pukul 08.30-14.00 WIB dan Sabtu 08.30-12.00 WIB. Tiket masuk ke museum sebesar Rp 7 ribu.

6. Museum Wayang Sendang Mas, Banyumas

Belajar Memainkan Wayang di Museum Sendang Mas via Instagram/ warkimbaim

Wayang yang ditetapkan sebagai Warisan Takbenda oleh UNESCO ini memang membanggakan. Ditetapkannya Hari Wayang Nasional seperti sebuah perayaan bagi tempat-tempat seperti Museum Wayang Sendang Mas di Banyumas. Museum ini didirikan pada 1983 atas gagasan Soeparjo Rustam dan tokoh-tokoh sepuh Banyumas. Tujuannya untuk melestarikan budaya Banyumas, terutama seni pewayangan.

Gamelan yang Ada di Museum Wayang Sendang Mas via Instagram/ dwigaaziz

Koleksi yang ada di Museum Wayang Sendang Mas bahkan ada yang dibuat dari tahun 1556 lho, tepatnya pada masa pemerintahan Kerajaan Pajang. Yaitu Wayang Kidang Kencana. Selain itu, ada juga Wayang Kancil yang dibuat oleh Prabu Bratana Hayam Wuruk pada 1361.

Merayakan Hari Wayang Nasional setiap tahunnya dengan mengunjungi tempat-tempat di atas, akan memberikan sebuah pengalaman, serta pengetahuan baru pada Teman Traveler. Mau ajak siapa untuk berkeliling, semakin mengagumi warisan budaya Indonesia yang satu ini? Next

ramadan
Gunung Anak Krakatau

Potensi Tsunami Selat Sunda, Lakukan Hal Ini Jika Berada di Daerah Rawan

Pemandangan Kawah Ijen

Yuk Jelajahi Wisata Banyuwangi, Puluhan Spot Keren Menanti