in ,

Ternyata Hiking Bermanfaat bagi Kesehatan! Ini Dia Faktanya!

Mengulas manfaat tersembunyi dari mendaki gunung

Siapa yang punya hobi mendaki gunung? Nah, tahu gak, selain melepas stres dan penat, ternyata hiking bermanfaat bagi kesehatan, loh! Berikut fakta-fakta menariknya!

Baca juga : Candi Selogriyo, Warisan Arsitektur Tersembunyi di Jawa Tengah

Rajin Mendaki Membuat Otak Lebih Encer

Otak encer, bisa memecahkan masalah lebih gampang via Shutterstock

Penelitian menunjukkan bahwa hiking mampu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Akibatnya, organ manusia yang paling penting ini ternutrisi dengan baik. Efeknya, kemampuan daya ingat dan konsentrasi berkembang dengan baik.

Selain itu, hiking juga membantu meningkatkan fungsi kognitif, sehingga Teman Traveler mampu memecahkan masalah dengan efisien.

Pada penelitian lainnya, ditunjukkan bahwa melakukan kegiatan di alam bebas mampu meningkatkan kreativitas sebesar 50 persen. Ini sangat besar kaitannya dengan minimnya penggunaan gadget di alam bebas, sehingga secara tak langsung meningkatkan kesadaran akan lingkungan sekeliling.

Dalam kondisi seperti ini, biasanya kalian akan lebih mudah memperoleh ide-ide kreatif dan segar.

Rajin Mendaki Sama Dengan Rutin Berolahraga Cardio

Rutin mendaki sama dengan olahraga teratur, loh! via Shutterstock

Tahukah Teman Traveler bahwa rutin mendaki memiliki manfaat yang sama dengan olahraga cardio?

Aktivitas hiking membutuhkan tenaga yang besar ditambah gerak tubuh yang dinamis, membuat jantung serasa ‘ditempa’ untuk bekerja lebih keras. Meskipun demikian, efeknya ternyata bagus untuk meningkatkan stamina dan energi. Kalian gak akan mudah capek.

Salah satu contoh gunung yang bisa Teman Traveler manfaatkan untuk melatih cardio adalah Kawasan Bromo Tengger Semeru. Selain populer, lokasi ini sering digunakan para pendaki untuk melatih fisik mereka.

Rajin Mendaki Bikin Usia Lebih Panjang

Mendaki bikin panjang umur via Shutterstock

Hiking memiliki manfaat yang luar biasa, termasuk dalam meningkatkan kualitas hidup. Hal ini terjadi karena saat mendaki, antara tubuh dan otak saling bekerja sama untuk membuat badan lebih berstamina dan produktif.

Alhasil, dengan meningkatnya kualitas hidup, Teman Traveler akan lebih sehat dan umurpun bakal lebih panjang.

Rajin Mendaki Tingkatkan Mood

Mood lebih happy dengan rutin mendaki via Shutterstock

Selain seru dan menyegarkan badan, hiking ternyata terbukti membawa dampak positif bagi perkembangan mood. Berjalan melintasi hutan dan bukit sambil mengamati binatang, pepohonan hijau, serta aliran sungai dapat menjernihkan pikiran.

Selain itu, saat tubuh kalian bergerak secara dinamis, otak akan mengeluarkan hormon endorfin yang bertanggung jawab meningkatkan emosi positif pada manusia, membuat suasana hati menjadi lebih ceria dan bahagia.

Itulah penjelasan singkat mengenai alasan kenapa hiking bermanfaat bagi kesehatan. Buat Teman Traveler yang belum menjadikan aktivitas mendaki sebagai hobi, yuk mulai giatkan, demi badan yang lebih sehat dan psikis yang lebih segar! Next

ramadan
Ngopi di Pancaloka Coffee

Pancaloka Coffee, Sensasi Ngopi di Tonggak Sejarah Musik Indonesia

Dark Tourism Terpopuler di Indonesia

5 Dark Tourism Terpopuler di Indonesia, Wisata Penuh Makna Mengenang Bencana