in , , , , , ,

Hunting Kereta Api bersama Railfans di Lintas Malang Selatan

Railfans memang tak akan bisa jauh dari perkereta apian. Kecintaan akan moda transportasi kereta api memang menjadi makan sehari hari. Para penggila kereta api mulai dari berbagai usia dapat ditemukan di bumi nusantara melalui berbagai media dengan nama Railfans Indonesia. Perkumpulan ini sudah ada sejak zaman perusahaan kereta api di Indonesia namanya Perumka.

Baca juga : Cantiknya Light Tunnel di Indonesia, Warna-warni Lampu yang Bikin Bahagia dan Ingin Liburan Segera

Salah satu railfun tengah foto dengan background terowongan Eka Bhakti Karya. Foto via instagram @arif_f5

Mereka sering menggabungkan dengan hobi lainnya, yaitu fotografi dan videografi. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh Railfan Indonesia salah satunya adalah hunting foto kereta. Spot foto terbaik untuk mengabadikan kereta api adalah objek jembatan, terowongan, dan rel kereta yang meliuk.

Jalur Malang selatan adalah pilihan tepat bagi para railfan untuk mengabadikan kereta api. Salah satunya adalah dua terowongan kereta api Eka Bhakti Karya dan Dwi Bhakti Karya. Dimana Eka bhakti Karya dengan panjang 856 meter merupakan terowongan aktif terpanjang ke dua di Indonesia setelah terowongan sasaksaat di Bandung.

Memang tak ada akses untuk turun ke mulut terowongan, namun ada beberapa akses menuju lokasi dengan menembus kebun kebun milik warga. Ada kehagaian tersendiri bagi railfan saat kereta api keluar menembus mulut terowongan. Gagahnya lokomotif kereta api membuat fokusnya lensa kamera terjepret hingga puluhan. Bahkan lambaian tangan dari masinis pun menjadit suatu hadiah terbesar untuk railfun.

CC206 keluar dari terowongan Eka Bhakti Karya foto via instagram @atang_triastama

Tak hanya spot mulut terowongan yang menjadi destinasi utama. Ada sisi lain spot foto yang tak kalah indah bahkan memicu adrenalin. Memang tidak disarankan bagi siapapun untuk melewati jembatan tersebut terkecuali petugas perawatan perjalanan kereta api.

Kereta Gajayana tengah melewati jembatan Lahor. Foto via instagram @arif_f5

Jembatan tersebut adalah jembatan kereta api Lahor, pembatas antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar. Namun beberapa railfan memilih titik terbaik di bukit sisi barat sebelah rel. View yang dihasilkan adalah tampak rel kereta dari sisi timur yang seolah olah keluar dari hutan Jati dengan jalur yang meliuk. Ditambah lagi jelasnya tiang kontruksi jembatan kereta yang panjang mencapai 160 meter, membuat gagahnya jembatan diatas hijaunya hutan jati.

Kereta api Malabar tengah melintas di atas jembatan lahor. Foto via semboyan35.com

Sebagai railfan sejati, menunggu adalah hal biasa yang didapat. Karena tak setiap saat kereta akan lewat dijalur tersebut. Sebelum ada di area destinasi, para railfan akan mencari jadwal pemberangkatan kereta api dari stasiun terdekat dari destinasi. Tetaplah berhati hati saat melakukan aktivitas diarea rel kereta api. Next

ramadan

Indahnya Nuansa Senja di Tebing Watu Lawang Imogiri

Eduwisata Garam

Berwisata sambil Mengenal Proses Pembuatan Garam di Eduwisata Garam