in , ,

Hutan Mangrove Surabaya, Instagenic Kini Rindu Dikunjungi

Melongok Kondisi Terkini Hutan Mangrove Surabaya

Dermaga yang mengering
Dermaga yang mengering (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Hutan Mangrove Surabaya merupakan salah satu destinasi wisata yang sempat hits di Kota Pahlawan. Sejumlah pelancong kerap mampir ke sini untuk berburu foto Instagenic maupun menikmati nuansa alam. Namun dalam kunjungan terakhir saya, nyatanya lokasi ini justru tampak sepi dan butuh perawatan. Seperti apa? Yuk, simak ulasannya Teman Traveler.

Baca juga : Beda Usia 17 Tahun, Ajun Perwira Resmi Menikah! Intip Lokasi Weddingnya

Sempat Hits

dsc08765_J9h.jpg
Memasuki jalanan kayu (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Keberadaan Hutan Mangrove sebenarnya tak sebatas punya nilai wisata, namun juga edukasi. Sambil jalan-jalan, pengunjung bisa mempelajari aneka jenis tanaman bakau yang ada di sekitar. Selain itu suasananya juga asri, cocok untuk melepas penat.

Tempat ini sempat hits sebagai salah satu wisata Surabaya. Beberapa artis lokal memanfaatkannya untuk mengambil gambar video clip. Ada juga yang melakukan pemotretan di sini. Tak heran, mengingat tempatnya begitu bagus dan asri. Penataannya pun sangat bagus, dengan jalur pejalan kaki yang dihiasi papan kayu dan bambu.

Butuh Perawatan Ekstra

dsc08759_AW8.JPG
Para pekerja tengah memperbaiki lorong buah labu (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Destinasi ini miliki sebuah jembatan besar, membentang di atas aliran sungai. Namun sebelum menaikinya, saya sarankan Teman Traveler bertanya dulu pada petugas sekitar, sebab jika dilihat sekilas jembatan dari bambu ini tampak rapuh. Bakal berbahaya kalian sedang asyik-asyik foto, namun kemudian terperosok dan jatuh.

dsc08752_gZI.JPG
Jembatan bambu (c) Stivian Putra/Travelingyuk
img_5876_yEh.JPG
Sungai yang membelah hutan bakau (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Berdasarkan pengamatan saya, destinasi ini sepertinya tengah butuh perawatan ekstra, terutama di bagian jalan beralaskan bambu. Sebab susunan bambunya sudah nampak tidak merata, banyak yang terlepas dari rangkaiannya. Teman Traveler disarankan hati-hati dalam melangkah atau berpijak.

Tampak Kering dan Sepi

dsc08783_cAg.jpg
Dermaganya tampak kering (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Saya sendiri mampir ketika musim kemarau sehingga debit air di sekitar sini merosot drastis. Salah satu dermaga yang sempat saya sambangi bahkan nampak kekeringan. Sejumlah kapal di sana terlihat seperti terdampar di atas tanah. Bisa jadi inilah yang membuat para pengunjung mulai jarang mampir. Akibatnya suasana di sekitar sini relatif sepi.

Masih Ada Spot Indah

img_5881_vpy.JPG
Jembatan ini jadi salah satu spot foto yang oke (c) Stivian Putra/Travelingyuk

Namun jangan khawatir Teman Traveler. Masih ada kok beberapa spot indah yang bisa kalian sambangi di Hutan Mangrove Surabaya. Jalur pejalan kaki juga tidak semuanya rusak, sebagian masih cukup layak dilintasi. Untuk foto-foto, tergantung bagaimana kalian pintar-pintar mengambil tempat dan sudut pengambilan gambar.

Jika tertarik mampir ke sini, Teman Traveler bisa langsung meluncur ke sisi timur Surabaya, tepatnya di kawasan Wonorejo, Rungkut. Cukup bayar uang parkir Rp5.000 untuk motor, kalian sudah bisa menikmati keindahan hutan bakau sepuasnya. Bagaimana, tertarik mampir ke wisata Surabaya satu ini? Next

ramadan

SUACO, Nongkrong Sambil Ngopi di Tempat Bernuansa Industrial Cafe

Guilderton Caravan Park, Tempat Berkemah Mengesankan di Australia Barat