in , , ,

Nikmati Kesejukan Wisata Hutan Pinus Gemaharjo Pacitan

Pacitan adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur dengan geografis perbukitan yang berbatasan langsung dengan lautan disisi selatan. Selain menyuguhkan wisata seribu goa, kota ini memiliki deretan wisata perbukitan dengan udara yang sejuk, salah satunya yaitu wisata alam Pinus Kita. Wisata ini terletak di Dusun Kaligondang Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan.

Baca juga : Pantai Sendiki, Keindahan yang Layak Diperjuangkan

Hutan Pinus Gemaharjo yang rindang dan asri. Foto via klikmania.com

Hutan pinus yang satu ini mempunyai panorama elok yang menarik untuk diabadikan. Berada di daratan yang cukup tinggi, membuat teman traveler ingin berlama-lama disini. Hawa sejuk dan pastinya bebas polusi ini bakal terasa begitu menyegarkan ketika kamu di Pinus Gemaharjo. Dari tempat ini kamu bisa menyaksikan hijaunya alam yang di dominasi oleh pohon pinus dan perbukitan. Dibawah pepohonan tertata rapih berbagai taman bunga yang indah, sangat cocok untuk kamu jadikan background foto.

Gardu pandang nan indah di hutan pinus Gemaharjo Pacitan. Foto via pacitanku.com

Sisi lain, tersedianya gardu pandang di tempat ini dibuat oleh masyarakat sekitar tepat berada di atas pohon pinus yang cukup tua dan memiliki batang pohon besar sehingga sangat aman dan kokoh untuk di naiki. Tangga setinggi  kira – kira 7 meter akan mengantarkanmu sampai ke gardu pandang yang terbuat dari kayu dan berdiameter sekitar 2 meter. Yang perlu diperhatikan adalah kewaspadaan pengunjung yang menaiki spot ini, karena belum adanya pengaman sesampainya di atas. Diatas gardu pandang inilah teman traveler dapat menikmati kota Pacitan dari atas bukit. Apalagi saat sore hari bakal menikmati suasana sunset yang begitu indah. Silaunya warna cahaya emas yang memantul dipepohonan pinus tampak begitu menawan.

Tempat duduk ditengah hutan pinus Gemaharjo yang indah. Foto via ksmtour.com

Tidak jauh dari gardu pandang, kamu bisa menuju ke jembatan kecil yang berfungsi untuk spot berfoto hanya saja tidak perlu usaha untuk menaiki tangga untuk melihat keindahan sekitar. Selain itu jika ada anak-anak yang ingin mengabadikan foto dengan latar belakang pepohonan pinus tidak perlu memanjat ke gardu pandang. Taman bermain untuk anak anak pun juga tersedia seperti ayunan, taman bunga, hammock yang bisa kamu gunakan bersantai dan berfoto, serta pepohonan pinus yang indah serta pemandangan alam yang snagat indah karena letaknya berada didataran tinggi.

spot unik gardu pandang di hutan pinus gemaharjo Pacitan. Foto via bosniatravel.com

Berhektar-hektar pepohonan pinus akan menyapa mu saat sampai dipintu masuk. Pemandangan tersebut tentu sangat cocok untuk target bidikan kamera mu bersama keluarga atau sahabat dengan latar belakang hutan pinus yang hijau subur. Untuk kamu yang ingin bermalam atau camping dihutan pinus ini, siapkan segala perlengkapan dan bawalah cukup makanan serta minuman karena tidak tersedianya warung penjual makanan. Fasilitas di hutan pinus ini cukup lengkap mulai dari toilet, mushola, tempat cuci tangan serta tempat duduk dibawah pepohonan untuk peristirahatan pengunjung.

Bnayak spot indah di hutan pinus gemaharjo Pacitan. Foto via travelingan.net

Lokasi hutan pinus Gemaharjo ini berjarak 40 kilometer dari pusat kota Pacitan. Sesampainya di Desa Gemaharjo kamu akan di sambut pohon pinus sepanjang jalan, dari sini sebenarnya sudah ada beberapa petunjuk arah ke Pinus Gemaharjo namun jika kamu bingung tidak perlu sungkan untuk bertanya langsung ke warga sekitar agar tidak nyasar. Pinus Gemaharjo tepat di pinggir jalan Ponorogo Pacitan sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukannya. Next

ramadan

Healing di Akhir Pekan Dengan Bermalam di Pulau Reusam yang Eksotis

Kebun Jambu Kristal di Trucuk Bojonegoro, Bisa Makan dan Petik Langsung dari Pohon