in , , , ,

Pesona Hutan Pinus Limpakuwus, Sejuk dan Indahnya Buat Jatuh Cinta

Sejuknya Buat Ingin Berlama-lama di Tempat Ini!

Jika Teman Traveler berkunjung ke daerah Purwokerto, ada tempat wisata alam yang sejuk nan asri alamnya, tepat di lereng selatan Gunung Slamet yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Alam yang begitu sejuk dan dikelilingi hutan pinus semuanya menyajikan sensasi tersendiri. Terdengar sayup-sayup suara angin semilir dan hamparan rumput hijau dengan buliran air hujan yang tersorot cahaya matahari seakan berkilauan.

Baca juga : 4 Wisata Buatan di Papua, Mana Favoritmu?

img_20190822_175304_p8P.jpg
Ikon Hutan Pinus (c) Ketut Edi P/Travelingyuk

Hutan Pinus Limpakuwus ini berada di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang yang berbatasan persis dengan Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden atau sekitar 15 km dari Kota Purwokerto, menawarkan pesona keindahan alam yang alami. Pohon pinus berusia 30 tahunan berjajar rapi meneduhkan setiap pengunjung.

Biji-biji pohonnya dikenal sebagai salah satu yang unggul untuk pembibitan. Sepanjang mata memandang, ada sekira 10 hektar tanah dari 23 hektar yang sudah digarap menjadi objek wisata alam yang menarik. Sebagai sebuah objek wisata alam rintisan, Limpakuwus patut menjadi rekomendasi wisata keluarga.

 Berbagai Macam Wahana

img_20190822_175320_wGh.jpg
Hutan Pinus yang Menjulang Tinggi (c) Ketut Edi P/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berkunjung ke sana, wahana pendukung sudah disediakan seperti arena ATV, Hammok, dan spot-spot berswafoto yang sangat menarik. Harga sewa ATV juga tergolong terjangkau yaitu Rp20.000 untuk 4 kali putaran menempuh jarak 200 meter. Jika Teman Traveler ingin bersantai di hammok dan berfoto, maka cukup membayar Rp5.000 saja.

 Menarik Banyak Wisatawan

img_20190822_wa0011_EhL.jpg
Spot Foto Instagenic (c) Ketut Edi P/Travelingyuk

Sudah 2 tahun semenjak dibuka pertama kali yakni pada bulan Mei 2018 lalu, wisata Hutan Pinus Limpakuwus semakin menarik banyak pengunjung. Dalam satu bulan saja total pengunjungnya sudah bisa mencapai 6.000 orang. Sedangkan pada hari libur, seperti Sabtu dan Minggu mencapai 800 orang. Perjalanan ke hutan Limpakuwus memang menyenangkan, karena melewati jalanan kawasan Wana Wisata serta jalan depan Telaga Sunyi.

Punya Cuaca yang Sejuk

img_20190822_wa0010_bMb.jpg
Berwisata Bersama Teman-teman (c) Ketut Edi P/Travelingyuk

Di kawasan Baturraden, jalanan naik turun dengan pemandangan pepohonan yang asri serta suhu yang sejuk. Walaupun perjalanannya cukup ekstrim, pengunjung tetap berkunjung untuk menikmati suasana hutan pinus Limpakuwus karena begitu masuk kawasan setempat, hiruk pikuk kota benar-benar sirna, tergantikan dengan situasi yang sejuk dan asri.

Fasilitas Warung Terbatas

img_20190823_110109_Fzp.jpg
Jalan Setapak Tengah Hutan (c) Ketut Edi P/Travelingyuk

Lokawisata Hutan Pinus Limpakuwus itu terbagi menjadi beberapa tingkatan. Semakin ke atas, semakin lebat hutan pinusnya. Jika Teman Traveler berencana naik ke hutan bagian atas, jangan lupa untuk membeli minuman atau cemilan sebelumnya, karena semakin jauh, semakin jarang pedagang makanan dan minuman yang akan ditemui. Kemudian, jika Teman Traveler alergi dingin, gunakan baju atau sweater yang menghangatkan tubuh karena tempat ini memiliki hawa yang dingin.

Rute Perjalanan menuju Hutan Pinus

img_20190823_110204_6H4.jpg
Berbagai Spot Foto Menarik (c) Ketut Edi P/Travelingyuk

Jika ingin berkunjung ke Hutan Pinus Limpakuwus Teman Traveler bisa mengambil arah dari Purwokerto. Setelah itu, Teman Traveler menuju arah utara, yaitu Baturraden. Setelah memasuki Gapura selamat datang, maka ambil jalan lurus terus hingga tiba di terminal Baturraden. Ambillah arah kanan dan ikuti jalan sampai menemui sebuah Gapura besar bertuliskan Wisata Baturraden.

Area Hutan Pinus yang jauh dari hiruk piruk kota, tentu saja membuat banyak orang tertarik berkunjung sekedar melepas lelah maupun tujuan berlibur dengan keluarga. Yuk jadwalkan berkunjung ke Hutan Pinus ini saat pandemi virus corona sudah selesai nantinya. Stay safe Teman Traveler! Next

ramadan
Atambua

Wisata di Atambua NTT, Eksotika Tapal Batas Indonesia dengan Timor-Timor

Pantai Ufuk Timur dengan Pesona Senja dan Sunsetnya yang Indah