in ,

Harta Suku Dayak Meratus Berupa Air Terjun Haratai, Sanggup Jadi Sektor Wisata yang Memukau

Di Indonesia, masih ada kumpulan suku yang mendiami kawasan pegunungan di Kalimantan Selatan. Mereka dikenal dengan nama Suku Dayak Meratus. Merekalah yang mengelola dan melestarikan alam serta mendukung perbaikan hidup masyarakatnya.

Baca juga : Kuliner Populer Pontianak, Ada yang Makin Laris Berkat Nex Carlos

Salah satu air terjun yang ada di sana bernama Haratai, merupakan tempat yang dianggap suci atau sakral oleh Suku Dayak Meratus. Tak hanya nilai budaya, namun keindahannya sangat memukau. Pesona Air Terjun Haratai mampu membangkitkan sektor pariwisata yang dapat mendukung perekonomian warga sekitarnya.

Mata akan dimanjakan selama perjalanan

Wisata Air Terjun Haratai terletak di Desa Haratai, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Terdapat penginapan sejauh 8 km dari lokasi wisata dengan harga terjangkau. Dengan kisaran harga mulai dari Rp150.000 ribu tanpa AC, hingga ratusan ribu dengan faslitas yang memadai. Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung akan melewati jembatan gantung selama beberapa kali. Jarak tempugnya sekitar 4 jam perjalanan menuju lokasi dari Banjarmasin.

Foto Via Instagram

Bagi Teman Traveler yang tidak kuat berjalan kaki, disediakan kendaraan roda dua dengan biaya sewa sekitar Rp60.000 ribu. Untuk bisa bermain air di lokasi air terjun, kamu masih harus berjalan sekitar 100 meter dari gerbang masuk wisata. Tiket masuk wisata ini hanya sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000 per orang dan buka setiap hari.  Pengunjung juga akan disuguhkan dengan pesona alam nan asri yang masih terjaga dengan baik.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan

Tak hanya keindahan alam saja, sepanjang perjalanan menuju air terjun tersedia gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat. Terdapat beberapa warung makanan bila terasa lapar, serta terdapat tempat untuk berganti pakaian dan toilet. Selain itu, Air Terjun Haratai yang memiliki ketinggian 20 meter, menyebabkan tingginya debit air di sekitarnya yang membuat pengelola memasang tali pembatas untuk memberi batasan air yang dalam dan berbahaya untuk tidak dilewati.

Foto Via MediaKalimantanNews

Bila ingin bermain air di daerah yang tidak terlalu dalam dan aman, terdapat fasilitas pelampung dan penyewaan ban serta dapat naik di atas rakit sambil menikmati keindahan Air Terjun Haratai. Beberapa kegiatan selain berenang  yang dapat dilakukan di sini yaitu berburu foto hingga rafting dengan rakit bambu yang bisa disewa dengan tarif mulai dari Rp300.000 ribu.

Wisata di sekitar Air Terjun Haratai

Setelah puas bermain-main di Air Terjun Haratai, ada beberapa lokasi wisata yang dapat dikunjungi di sekitarnya. Beebrapa di antaranya adalah Taman Wisata Alam Loksado, Air Terjun Riam Hanai, Air Terjun Kilat Api, dan Wisata Air Panas Tanuhi. Wisata-wisata ini masih ada di dalam Kecamatan Loksado.

Foto Via Tribunews.com

Destinasi wisata tersebut dapat menjadi daya tarik untuk pikat wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kalimantan Selatan. Salah satunya Air Terjun Haratai yang memikat wisatawan dari Finlandia dan Estonia. Mereka takjub dengan keindahan alam yang masih terjaga asri.

Keindahan alam yang tetap terjaga akan memberikan dampak yang luar biasa bagi sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat. Hal tersebut juga didukung dengan kesadaran pengunjung yang membuang sampah pada tempatnya hingga alam tetap terjaga dan bersih dari berbagai limbah. Next

ramadan
Pengibaran bendera merah putih didasar laut

Sang Saka Merah Putih Berkibar diBawah Laut dan Tebing Trenggalek

Hutan Wisata Baning Sintang yang menyejukkan mata

Sejuknya Hutan Wisata Baning, Hutan Tropis Tengah Kota Sintang