in ,

Kuliner Ikan Khas Indonesia Timur, Ada yang Nggak Kalah Nikmat dari Sashimi

Kuliner Ikan Khas Indonesia Timur, Wajib Coba Saat Liburan Nanti!

Semua pasti setuju, masakan Nusantara memang tak ada duanya. Aneka olahan ikan khas Indonesia Timur, jadi satu dari sekian banyak warisan kuliner negeri yang sudah seharusnya dilestarikan. Cita rasa serta cara pengolahannya, tidak dimiliki oleh wilayah Indonesia lain. Ia kuat dengan keunikannya. Lalu, apa saja jenis olahan ikan yang datangnya dari timur negeri ini?

Baca juga : Angkringan Semar Jogja, Bersantap Ditemani Syahdunya Malam

1. Abon Ikan Cakalang

Abon Ikan Cakalang via Instagram/ bonroamanado
Abon Ikan Cakalang via Instagram/ bonroamanado

Ikan Cakalang menjadi salah satu komiditi ekspor andalan Manado. Ia sudah menembus pasar Jepang, Korea, Amerika serta Eropa. Di Manado sendiri, salah satu olahan Ikan Cakalang yang khas dan nikmat adalah abon. Abon Ikan Cakalang terbuat dari Cakalang segar yang disuwiri lalu dibumbui dengan rempah-rempah asli Indonesia seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe, ketumbar, lada bubuk, serai hingga santan kelapa. Seperti abon pada umumnya, abon ikan khas Manado ini tahan dalam waktu cukup lama; antara satu minggu hingga satu bulan. Jadi, kalau Teman Traveler jalan-jalan ke Manado, jangan lupa beli sebagai oleh-oleh ya!

2. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu Khas Manado yang Wajib Dicoba via Instagram/ manadostories

Masih dari Manado, kuliner khas Indonesia Timur yang juga terbuat dari Ikan Cakalang ini diolah dengan cara unik. Ikan Cakalang terlebih dulu dibersihkan lalu dibelah. Setelahnya, ia dibalur menggunakan baking soda dan garam. Kemudian, ikan yang sudah dibelah diapit menggunakan bambu lalu diasapi.

Lezatnya Cakalang Fufu via Instagram/ tristansalindeho

Dengan cara pengolahan seperti ini, Cakalang Fufu dapat bertahan selama satu bulan di suhu ruang. Olahan ikan ini tidak begitu saja dimakan, melainkan harus digoreng terlebih dahulu. Disantap dengan sambal dabu-dabu, rasanya nikmat sekali! Selain di Manado, olahan Cakalang asap ini juga banyak ditemukan di beberapa wilayah Indonesia Timur lain seperti Ternate atau Minahasa.

3. Sambal Roa

Sambal Roa untuk yang Suka Pedas via Instagram/ liliya.lia

Selain Cakalang, Ikan Roa juga kerap diolah menjadi masakan lezat oleh masyarakat Manado. Salah satu yang bisa Teman Traveler cicipi adalah Sambal Roa. Olahan Ikan Roa ini cocok di lidah pecinta pedas. Daging Ikan Roa yang sudah dikeringkan dengan cara diasap, dibumbui dengan bawang merah dan putih, cabai, jahe, lengkoas, serai, kemangi, daun salam, daun jeruk, garam dan gula. Rasanya? Jangan tanya! Nikmat luar biasa!

4. Ikan Cara

Jangan Lupa Beli Ikan Cara Kalau ke Labuan Bajo via Instagram/ mariaybenyamin

Liburan ke Labuan Bajo, pulang-pulang harus bawa Ikan Cara sebagai buah tangan! Sebagai kota pesisir, hasil tangkapan ikan di Labuan Bajo cukup melimpah. Sebagiannya diolah menjadi Ikan Cara. Ikan Cara yang berbentuk kecil serta pipih biasanya diolah menjadi ikan asin. Di beberapa pasar tradisional Labuan Bajo, Ikan Cara diikat menggunakan tali bambu, dijual per ikatan atau ditimbang.

5. Ikan Komu Asar

Ikan Komu Asar Khas Maluku yang Rasanya Lezat via Instagram/ bikinkerenindonesia

Kuliner ikan khas Indonesia Timur yang selanjutnya datang dari Maluku. Namanya adalah Ikan Komu Asar. Pada dasarnya, olahan ikan ini tidak berbeda jauh dengan Cakalang Fufu; yakni Ikan Cakalang yang ditusuk menggunakan bambu lalu diasapi. Selain Cakalang, jenis ikan lain yang biasa digunakan untuk diolah menjadi Ikan Komu Asar adalah Tuna. Rasanya? Tambah lezat saat disantap dengan sambal!

6. Ikan Bakar Colo-colo

Ikan Bakar Colo-colo Lezat Dimakan dengan Nasi via Instagram/ nattaskitchen

Liburan ke Maluku, nggak lengkap kalau belum cicipi kuliner khasnya. Setuju, kan? Nah! Jika masih bingung mau makan apa, Teman Traveler bisa coba Ikan Bakar Colo-colo. Kuliner ini merupakan olahan Ikan Tongkol bakar yang disajikan atau disiram menggunakan Colo-colo. Yaitu sambal yang terbuat dari irisan bawang merah, tomat hijau, air jeruk lemon, cabai rawit dan penyedap. Segar!

7. Gohu Ikan

Harus Coba Sashimi ala Indonesia via Instagram/ foodescape_id

Sajian ikan mentah, bukan mutlak milik Jepang. Indonesia juga punya dong! Salah satunya adalah Gohu Ikan. Kuliner ikan khas Ternate ini terbuat dari Cakalang atau Tuna mentah yang dicampur dengan garam, perasan lemon dan daun kemangi. Setelah dicampurkan, diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, tumis bawang merah dan cabai rawit. Terakhir, siramkan tumisan tersebut ke dalam ikan yang sudah dicampur daun kemangi tadi. Agar nggak penasaran, Gohu Ikan harus Teman Traveler cicipi saat jalan-jalan ke Ternate ya!

8. Ikan Bakar Manokwari

Ikan Bakar Manokwari Khas Papua yang Wajib Dicoba via Instagram/ ivannie293

Kuliner ikan khas Indonesia Timur selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah seporsi Ikan Bakar Manokwari. Sajian ini merupakan santapan yang harus dicicipi saat Teman Traveler liburan ke Papua! Ikan Bakar Manokwari terbuat dari Ikan Tongkol bakar yang disiram dengan sambal mentah. Sambal yang digunakan terbuat dari bawang merah, cabai merah, gula dan garam. Meski terlihat sederhana, kenikmatannya sungguh kaya!

Kuliner ikan khas Indonesia Timur benar-benar memiliki keunikan cita rasa yang lezat. Mulai dari disajikan mentah hingga dibakar semuanya nikmat. Sayang sekali kalau nggak dicicipi saat liburan nanti! Selamat mencoba! Next

ramadan
Via Instagram/abbycopiaco

Kafe Bertema Unicorn di Asia, Ada Dua di Indonesia Lho!

Jajanan Bangka Belitung

Jajanan Bangka Belitung, Cobain Sendiri Cita Rasa Khas Kepulauan Ini