in ,

Dieng Wonosobo Berselimut Salju, Ini Penyebabnya

Fenomena Hujan Es di Dieng Wonosobo

Dieng Wonosobo

Indonesia adalah negara tropis yang letaknya tepat berada di bawah garis khatulistiwa. Dalam hal iklim hanya ada dua musim yaitu kemarau dan penghujan. Meski begitu, ada beberapa tempat yang dijatuhi salju. Salah satunya puncak Gunung Jaya Wijaya yang dikenal juga dengan nama Cartenz. Selain itu, salju atau es juga bisa menyelimuti tempat lain.

Baca juga : Taman Cinta Talagening, Destinasi Bertabur Simbol Hati di Purbalingga

Yang baru-baru ini menyita perhatian adalah fenomena embun beku yang muncul di kawasan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. rerumputan dan tanaman membentuk hamparan putih bak padang salju. Peristiwa seperti ini sangat jarang terjadi sehingga membuat warga kaget.

Dieng
Dieng via twitter @Sutopo_PN

Hary Tirto Djatmiko selaku Kabag Humas Badan Meteologi, Kalimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan jika yang terjadi di Dieng adalah aphelion. Yaitu kondisi udara yang sangat dingin dan membuat embun membeku seperti salju. Waktu terjadinya adalah saat puncak-puncak musim Kemarau sekitar Bulan Juli hingga Agustus.

“Fenomena suhu dingin di malam hari dan embun beku di lereng Pegunungan Dieng lebih disebabkan kondisi meteorologis dan musim kemarau yang saat ini tengah berlangsung,” kata Hary dilansir dari Okezone, Sabtu (7/7/2018).

Dieng
Dieng via twitter @Sutopo_PN

Pada puncak musim kemarau, suhu panas dari matahari banyak berkurang dan membuat udara jadi lebih dingin dari musim hujan. Kondisi yang ekstrem hingga di bawah 0 derajat celcius menyebabkan embun-embun jadi membeku. Daerah pegunungan seperti Wonosobo yang memiliki molekul udara lebih renggang daripada dataran rendah, akan lebih cepat mengalami pembekuan.

Dieng
Dieng via twitter @Sutopo_PN

Selain Dieng, ada tempat-tempat lain yang pernah mengalami fenomena embun membeku. Beberapa di antaranya adalah Bromo dan Gunung Semeru. Saat kamu berkunjung ke tempat-tempat tersebut saat cuaca sedang ekstrem, sebaiknya menggunakan baju yang tebal dan dalam kondisi tubuh yang fit. Next

ramadan

Penuh Keseruan, Borobudur International Art and Performance Festival 2018 Dimulai

Makanan Ringan Jepang yang Hits Banget di Indonesia, Mana Favoritmu?