in , , , ,

Island Hopping di Kepulauan Derawan, Pesona Alam yang Tak Terlupakan

fi island hopping di kep derawan

Kepulauan di timur pulau Borneo ini terkenal akan keindahannya dan menjadi objek wisata favorit hingga mancanegara. Island hopping di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, pulau-pulau dengan kecantikan serta pesona alam yang tak terlupakan. Salah satu lokasi liburan berpetualang seru dan menyenangkan. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Baca juga : Spot Wisata Instagenic di Tulungagung, Nggak Perlu Bingung Kalo Mau Photoshoot

1. Pulau Derawan

derawan island
Ilustrasi via instagram madalkatiri

Pertama ada Pulau Derawan di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Terkenal dengan keindahan bawah lautnya terutama ada berbagai jenis terumbu karang. Lalu kegiatan yang cocok adalah diving dan snorkeling. Pantai pasir putih dan birunya laut, hutan bakau, serta padang lamun menjadi daya tariknya juga. Menjelajahi pulau ini memang tidak cukup hanya sehari, untuk itu terdapat banyak penginapan.

Menuju Pulau Derawan ada opsi perjalanan laut, darat dan udara, jika dari luar pulau Kalimantan Teman Traveler harus terbang menuju Balikpapan kemudian melewati Tarakan untuk menyeberang dengan speed boat atau melalui jalan darat menggunakan bus dengan rute langsung ke Pulau Derawan. Sedangkan udara dari Balikpapan menuju Bandara Kalimarau, dilanjutkan menuju Derawan.

2. Pulau Maratua

pulau maratua
Ilustrasi via instagram lukman_hakim2909

Selanjutnya ada Pulau Maratua yang berlokasi di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Selatan. Letaknya tak jauh dari Pulau Derawan sekitar 1 jam menggunakan kapal. Pulau ini dikatakan mirip dengan Maldives karena keindahan lautan biru dan pasir putihnya. Teman Traveler dapat bersantai di pantainya, snorkeling dan diving melihat keindahan bawah laut, atau trekking menuju Gua Halo Tabung berisi air kebiruan jernih.

3. Pulau Kakaban

pulau kakaban
Ilustrasi via instagram reizhard

Berikutnya ada Pulau Kakaban terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Memiliki keunikan serta daya tarik, adanya danau Kakaban terletak di tengah pulau ini yang merupakan rembesan air laut dan kucuran hujan. Di dalamnya adalah habitat ubur-ubur Golden Jellyfish dan Moon Jellyfish yang jinak.

Teman Traveler sebelum sampai danau harus berjalan 500 meter dengan rute menanjak 45 derajat, melewati jembatan kayu ulin. Selama perjalanan trekking akan ada pemandangan sekitar yang asri dan menenangkan. Setelah sampai para wisatawan dapat berenang atau snorkeling bersama ubur-uburnya.

Rute menuju Pulau Kakaban yaitu naik pesawat terbang menuju Balikpapan atau Samarinda, kemudian ada pilihan jalur darat dengan menggunakan travel tujuan Kabupaten Berau selama 15 jam perjalanan. Sedangkan jalur kedua lewat udara dari Balikpapan atau Samarinda langsung menuju Bandara Kalimarau, Tanjung Redeb lalu melanjutkan perjalanan ke Derawan selama 2 jam.

4. Pulau Sangalaki

pulau sangalaki
Ilustrasi via instagram tjandra86

Kemudian ada Pulau Sangalaki yang terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Merupakan tempat konservasi Penyu Sisik dan Penyu Hijau, pantainya adalah lokasi para penyu dewasa bertelur. Selain itu keindahan bawah lautnya sangat cocok untuk snorkeling atau diving, Teman Traveler juga bisa menjumpai Pari Manta yang sedang mencari makan di lautan dekat pulau. Cara menuju Pulau Sangalaki bisa menggunakan speed boat atau kapal dari Pulau Kakaban.

Demikian ulasan island hopping di Kepulauan Derawan dengan pulau-pulaunya yang indah dan mempesona. Bisa dijadikan referensi liburan Teman Traveler setelah PPKM berakhir. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan
Food Photo

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan saat Weekend Di Rumah Saja

fi wisata di madeira

Objek Wisata di Madeira Portugal, Tanah Kelahiran Cristiano Ronaldo