in , ,

Wisata Istana Bogor, Serunya Menyapa Rusa-rusa Lucu dari Nepal

Liburan Seru Ditemani Rusa Totol Penghuni Istana Bogor

Rusa totol Istana Bogor
Rusa totol Istana Bogor (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Hai Teman Traveler! Wisata di Bogor hampir tak pernah membuat saya bosan. Kota Hujan seolah hadirkan sejuta pesona yang tak ada habisnya dijelajahi. Salah satunya adalah sepanjang Jalan Ir. H. Juanda, tempatnya Istana Bogor. Ternyata di kawasan ini kalian bisa berinteraksi dengan rusa-rusa lucu secara gratis lho. Yuk, simak seperti apa serunya.

Baca juga : Villa Murah di Batu untuk Rombongan di Bawah 1 Juta, Solusi Liburan Hepi Bareng Keluarga dan Sahabat

Rusa Totol dari Nepal

Gerombolan rusa (c) Intan Deviana/Travelingyuk
Hai, aku dari Nepal lho (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jika Teman Traveler mengira rusa-rusa penghuni Istana Bogor adalah berasal dari Indonesia, kalian salah besar. Usut punya usut, hewan-hewan lucu nan bertotol tersebut ternyata berasal dari negeri seberang, tepatnya Nepal.

Bangunan Istana Bogor (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Disebutkan pada 1808, Gubernur Jenderal Inggris, Sir Thomas Raffles, mendatangkan enam ekor rusa dari Nepal. Tujuannya untuk menciptakan suasana baru di dalam komplek Istana Bogor. Tak disangka, setelah lebih dari dua abad berlalu, satwa-satwa tersebut telah jadi penghuni tetap istana. Semuanya berkembang biak dengan baik dan kini jumlahnya diperkirakan mencapai lebih dari 600 ekor.

Dihibahkan ke Lokasi Penangkaran Rusa

Berteduh di bawah pohon (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Dengan populasi sebanyak itu, beberapa rusa totol Istana Bogor akhirnya dihibahkan ke penangkaran rusa di sekitar Bogor dan Jakarta. Beberapa di antaranya ada di Hutan Cifor Bogor, Taman Safari Cisarua, dan Taman Monas Jakarta. Penghibahan ini dilakukan salah satunya agar komplek istana seluas 28,4 hektar tidak terlalu dipadati kawanan rusa.

Figur Fauna Kota Hujan

Figur fauna kota Bogor (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Lantaran sudah ratusan tahun bermukim di halaman istana, rusa totol dari Nepal kini sudah tak bisa dikatakan sebagai pendatang. Hewan-hewan mengagumkan ini telah berhasil merebut hati warga Bogor dan semua lantas sepakat menjadikannya sebagai salah satu ikon kota. Pada 1995, pemerintah kota secara resmi menetapkan rusa totol sebagai figur fauna Kota Hujan.

Wisata Gratis di Tengah Kota

Kasih makan rusa (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Uniknya, hampir rusa totol tersebut bisa dilihat dengan mudah dari tepi jalan raya tempat Istana Bogor berdiri. Hanya dipisah pagar istana, kawanan hewan bertubuh coklat tersebut seringkali mampir ke arah jalan utama untuk menyapa para pejalan kaki.

Rusanya jinak lho (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Serunya lagi, para pengunjung diperbolehkan memberi makan rusa dengan wortel atau kangkung. Teman Traveler bisa membawa dua jenis pakan tersebut dari rumah atau membeli dari ibu-ibu penjual di sekitar istana. Satu bungkus plastik berisi wortel dibanderol sekitar Rp5.000 saja.

Dengan modal yang cukup murah, Teman Traveler sudah bisa puas merasakan pengalaman memberi pakan rusa dari jarak sangat dekat. Jika berani, mereka juga cukup jinak lho untuk disentuh.

Menuju Istana Bogor

Suasana di Stasiun Bogor (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Nah, bagi Teman Traveler yang berniat habiskan pekan dengan wisata di Bogor, sekalian mencoba memberi pakan rusa, rute menuju sini sangat mudah. Buat yang menumpang commuter line dari Stasiun Bogor, kalian cukup berjalan kaki kurang lebih 500 meter ke arah Kantor Wali Kota Bogor.

Bagi Teman Traveler yang menumpang kendaraan pribadi, bisa langsung parkir di Taman Topi dan lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Bagaimana, gampang sekali kan?

Yuk, luangkan waktu untuk habiskan pekan bersama rusa-rusa totol lucu di Istana Bogor. Ajak keluarga atau sahabat dekat kalian biar makin seru. Next

ramadan
Leker Paimo Semarang

Leker Paimo Semarang, Antrenya Bisa Sampai Satu Jam!

4 Sirkuit Balap Motor yang Mendunia, Salah Satunya Saksi Bisu Kematian Afridza Munandar