in

4 Sirkuit Balap Motor yang Mendunia, Salah Satunya Saksi Bisu Kematian Afridza Munandar

Indonesia juga punya nih

Olahraga kini semakin banyak diminati oleh semua kalangan. Oleh karenanya, di setiap negara menciptakan beragam sport tourism agar bisa menarik banyak pengunjung. Seperti sirkuit balap motor yang kini mulai populer di dunia. Lantas, negara mana saja yang memiliki fasilitas olahraga satu ini? Yuk kita lihat di bawah ini. 

Baca juga : Lengkap, Kolam Renang Hingga Kebun Bunga di Barusen Hills, Bandung

Sirkuit Mugello 

sirkuit balap motor
Sirkut Mugello via instagram/promoracing

Sirkuit pertama paling tersohor di dunia adalah Mugello yang berada di Italia. Mugello merupakan sirkuit modern yang dilengkapi dengan fasilitas yang menakjubkan. Perpaduan antara tikungan cepat dan lambat, dengan long strainght yang panjang membuat Mugello menjadi sirkuit yang menantang bagi para pebalap. Meski begitu,  Sirkuit ini dianggap menjadi yang terindah karena terletak di antara perbukitan dan jajaran pepohonan. 

Sirkuit Internasional Sepang 

sirkuit balap motor
Sirkuit Internasional Sepang via shutterstock

Selanjutnya ada Sirkuit Internasional Sepang yang berlokasi di Malaysia. Sirkuit ini menjadi salah satu lintasan kelas dunia yang begitu mewah. Berjarak 3.44-mile, sirkuit ini sangat artistik dengan atap stadium seperti pohon palem, yang merupakan lambang kejayaan ekonomi negara tersebut.

Di sini sudah berulang kali diadakan pertandingan balap motor, salah satunya Asia Talent Cup yang berlangsung tanggal 2 November 2019 lalu. Namun, di ajang tersebut, salah satu pebalap kebanggaan Indonesia yakni Afridza Munandar mengalami kecelakaan dan berakhir meninggal dunia. 

Twin Ring Motegi

Twin Ring Motegi via shutterstock

Jepang juga memiliki lintasan balap yang sudah mendunia bernama Twin Ring Motegi. Sirkuit ini dinamai Twin Ring Motegi lantaran memiliki dua trek terpisah yang menjadi satu. Adalah sirkuit oval dengan panjang 2.493 kilometer dan sirkuit biasa sepanjang 4.8 kilometer. 

Di area Twin Ring Motegi, juga terdapat Honda Collection Hall yang berisi benda-benda bersejarah Honda, mulai dari motor hingga mobil balap klasik. Honda Fan Fun Lab juga bisa digunakan pengunjung untuk menjajal teknologi terbaru dari Honda. 

Sirkuit Mandalika 

Sirkuit Mandalika via twitter/GontorGarisLucu

Terakhir, ada Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Walaupun belum 100% jadi, tapi sirkuit ini sudah banyak ditunggu-tunggu oleh para pecinta MotoGP. Bahkan, tiketnya pun akan mulai dijual di akhir November 2019 nanti. Untuk harganya masih belum diketahui. 

Untuk desainnya, Sirkuit Mandalika akan memiliki lintasan sepanjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan dan hanya satu lintasan lurus. Untuk sarana penunjang, akan dibangun area paddock dengan 40 garasi untuk operasional tim-tim peserta dan memiliki kapasitas 93.200 tempat duduk bagi penonton. Selain itu, ada 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites, yang mampu menampung 7.700 penonton. 

Jadi, itulah deretan sirkuit balap motor yang sangat mendunia. Mulai dari Italia hingga Indonesia pun juga ada. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing, terutama pada fasilitas penunjangnya. Menurut kalian, mana nih sirkuit yang paling menarik?  Next

ramadan
Rusa totol Istana Bogor

Wisata Istana Bogor, Serunya Menyapa Rusa-rusa Lucu dari Nepal

Miss Bardot Kitchen, Kafe Baru Paling Instagenic di Malang