in , ,

Itinerari 3D2N Surabaya-Malang dari Jakarta, Cocok Buat Liburan Akhir Tahun

Berwisata ke Surabaya dan Malang dengan Rencana Perjalanan 3D2N

Itinerari Malang-Surabaya 3D2N
Itinerari Malang-Surabaya 3D2N

Jelang akhir tahun, sudahkan Teman Traveler membuat rencana liburan bersama keluarga atau teman-teman? Bagi kamu yang bermukim di ibu kota, liburan ke sisi timur pulau Jawa mungkin bisa jadi pilihan. Berikut bakal dirangkum secara lengkap itinerari liburan ke Surabaya dan Malang selama 3D2N.

Baca juga : Kebun Buah Mangunan, Tempat Terbaik Kagumi Sunrise di Jogja

Wah, dijamin kamu bakal puas jalan-jalan deh di penghujung tahun. Ke mana saja? Simak bersama yuk.

img_7871_B5q.JPG
Wisata petik apel, Malang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Day-1: Flight Jakarta ke Surabaya

img_7492_lPh.JPG
Terbang dari Jakarta ke Surabaya (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Memanfaatkan barang bawaan yang masih sedikit, Teman Traveler bisa memulai perjalanan ke Surabaya dengan naik pesawat dan memilih flight di pagi hari. Ada banyak pilihan maskapai tersedia. Kamu dapat memilih sesuai budget yang ada.

Wisata di Hari Pertama

img_7525_EHX.JPG
Bagian dalam kapal selam KRI Pasopati 410 (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Begitu mendarat di Kota Pahlawan, sebelum berangkat makan siang, arahkan tujuan Teman Traveler untuk mengunjungi Monumen Kapal Selam yang letaknya sekitar 18 kilometer dari Bandara Internasional Juanda.

Kabarnya, monumen ini merupakan monumen kapal selam terbesar di wilayah Asia, lho. Di dalamnya, Teman Traveler bisa menengok dengan detail kapal selam bernama KRI Pasopati 410 tersebut yang pernah berpartisipasi di Angkatan Laut Republik Indonesia.

img_7533_VrY.JPG
Para peziarah di makam Sunan Ampel (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selepas dari Monumen Kapal Selam, lanjutkan perjalanan Teman Traveler menuju destinasi religi di Surabaya, yaitu Masjid dan Makam Sunan Ampel. Bagi masyarakat Surabaya, masjid tersebut menjadi masjid paling terkenal setelah Masjid Akbar Surabaya.

Di sini kerap ramai peziarah. Tak hanya dari Indonesia, namun juga dari mancanegara seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Korea, Jepang, hingga negara-negara Eropa.

img_7558_dy6.JPG
Riuh pengunjung di kedai Bebek Sinjay (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jelang waktu makan siang, jangan lewatkan untuk menyeberang ke pulau tetangga lewat Jembatan Suramadu untuk mengisi perut di kuliner Bebek Sinjay. Pantang hukumnya tidak bersantap di Bebek Sinjay karena cita rasa bebek gorengnya tak perlu diragukan. Empuk, gurih, dan nendang. Apalagi sambal pencitnya yang terasa pedas asam. Beuh, seporsi dijamin kurang!

img_7592_rWS.JPG
Masjid Cheng Ho Pandaan saat malam (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selesai dari Bebek Sinjay, Teman Traveler bisa langsung meneruskan perjalanan menuju ke Malang untuk mengunjungi pilihan destinasi wisata di sana. Jarak tempuh Surabaya-Malang melalui tol sekitar 2 jam.

Nah, jika Teman Traveler tidak naik kendaraan umum, kamu bisa sekalian singgah ke Masjid Cheng Ho di Pandaan, Pasuruan, yang kental dengan arsitektur China, Jawa, dan Arab.

Check-in Penginapan di UB Guest House

img_7615_uUu.JPG
Superior room UB Guest House (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Setibanya di Malang saat sore menjelang malam, Teman Traveler bisa langsung check in di penginapan yang sudah kamu booked sebelumnya. Soal penginapan ini, UB Guest House yang berada di lingkungan Universitas Brawijaya adalah salah satu rekomendasi terbaik.

Tarif menginap yang terjangkau dengan fasilitas yang memadai dan berada tak jauh dari pusat kota menjadikan UB Guest House layak dijadikan tempat menginapmu selama di Malang.

Day 2: Kuliner di Pecel Kawi dan Wisata Kota Batu

Itinerari 3D2N Surabaya Malang
Seporsi pecel kawi via Instagram/tavipina

Memulai hari di Kota Malang, Teman Traveler harus menyempatkan sarapan di kuliner legendaris Pecel Kawi Asli 1975 yang berada di Jalan Kawi Atas No.46 Malang.

Pecel di sini terkenal enak dengan bumbunya yang tidak terlalu manis, lengkap disajikan bersama keripik tempe dan peyek kacang. Supaya lebih kenyang, jangan lupa tambahan lauknya berupa sate telur puyuh, sate usus, perkedel, telur mata sapi, dan masih banyak lagi.

Itinerari 3D2N Surabaya Malang
Wisata petik apel dan Batu Secret Zoo (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Usai sarapan di Pecel Kawi, segera arahkan tujuan Teman Traveler menuju Kota Batu. Karena hari ini kamu bakal menjelajah beberapa destinasi wisata di sana.

Dari banyaknya pilihan, kamu dapat menjatuhkan opsi ke wisata petik apel, ke Jawa Timur Park 2 untuk mengunjungi Museum Satwa dan Batu Secret Zoo, kemudian ditutup dengan berkeliling di dalam Batu Night Spectacular pada malam harinya.

Karena akan seharian menghabiskan waktu untuk berkeliling obyek wisata, pastikan kondisi tubuhmu benar-benar prima. Sedia payung juga karena akhir tahun diperkirakan bakal mulai sering hujan.

Day 3: Kebun Teh Wonosari dan Pasar Wisata Tanggulangin

Itinerari 3D2N Surabaya Malang
Main ATV di kebun teh Wonosari (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Pada itinerari 3D2N Surabaya dan Malang di hari terakhir, jika Teman Traveler memilih untuk pulang ke Jakarta dari Surabaya, maka setelah check out dari penginapan, kamu bisa memilih untuk mengunjungi obyek wisata Kebun Teh Wonosari, kemudian dilanjutkan wisata belanja ke Tanggulangin.

Di kebun teh seluas kurang lebih 1.100 hektar ini, banyak sekali aktivitas seru yang bisa Teman Traveler lakukan. Di antaranya adalah melihat proses pengolahan daun teh hingga siap dikonsumsi, tea walk di kebun teh, bermain ATV, flying fox, paint ball, dan tentu saja berswafoto dengan latar pemandangan yang sangat cantik. Tiket masuknya pun terjangkau, hanya Rp12.000 per orang saat akhir pekan.

20140717_154457_NNN.jpg
Pasar Tanggulangin (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Puas menjelajah Kebun Teh Wonosari, saatnya wisata belanja di Pasar Tanggulangin. Pasar wisata ini merupakan sentra kerajinan kulit yang menjual produk seperti tas, jaket, sepatu, ikat pinggang, dan dompet yang dibuat dari kulit asli berkualitas internasional.

Harganya bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Teman Traveler pasti dibikin mupeng pengin borong semua karena barang yang dijual memang keren-keren.

Itinerari 3D2N Surabaya Malang
Nyaman pulang dengan kereta api (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Terakhir, Teman Traveler tinggal bersiap-siap untuk kembali ke Jakarta. Saran saya, pilih menggunakan kereta api saat perjalanan pulang karena biasanya kamu akan membawa barang bawaan lebih banyak berupa oleh-oleh. Dengan pulang naik kereta api, Teman Traveler tak perlu khawatir membayar biaya kelebihan bagasi.

Nah, itulah tadi referensi itinerari 3D2N dengan rute Surabaya-Malang dari Jakarta. Semoga cukup membantu Teman Traveler merencanakan liburan akhir tahun bersama keluarga maupun sahabat. Selamat berlibur! Next

ramadan
hutan terangker indonesia

5 Hutan Terangker di Indonesia, Banyak Legenda Misterius di Dalamnya

Kreatif! Pemuda Pademangan Ciptakan Mural Edukatif Gantikan Coretan Vandalisme