in , ,

Itinerari 2D1N Jelajahi Kerinci, Dari Mendaki Gunung hingga Berburu Kuliner

Serukan liburan di Tanah Sumatera

Kabupaten Kerinci memang memiliki panorama alam yang menakjubkan. Pesona alam Kerinci yang sangat elok dan eksotis mampu membius pasang mata yang berkunjung ke daerah berjulukan ‘Sekepal Tanah dari Surga’ ini. Berikut saya jabarkan itinerari 2D1N jelajahi Kerinci yang bisa jadi inspirasi buat Teman Traveler semua.

Baca juga : Destinasi Wisata Hallyu Ini Bikin Para Pecinta Serba Korea Serasa di Surga, Jika Beruntung Bisa Ketemu Oppa!

Jajal Air Terjun Telun Berasap 

dscn6712_01_uiX.jpeg
Kemolekan Air Terjun Telun Berasap (c) Nella Mr/Travelingyuk

Air Terjun yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) ini sudah menjadi destinasi wisata favorit di Kerinci. Bukan tanpa alasan kata ‘Berasap’ disematkan pada nama air terjun ini. Tahukah Teman Traveler, akibat derasnya debit air yang menghempas ke batu dan menguap menimbulkan efek kabut dan asap putih?

Saat memandangnya dari atas tangga jalan, tentu ini jadi keunikan tersendiri bagi air terjun yang memiliki ketinggian 50 meter ini. Untuk menyambangi Air Terjun Telun Berasap, Teman Traveler harus kuat menuruni ratusan anak tangga. 

Jajanan Jagung Goreng 

dscn6681_Zla.JPG
Jagung Goreng Nan Gurih (c) Nella Mr/Travelingyuk

Selama ini kita terbiasa makan jagung rebus dan bakar. Nah, di Kerinci Teman Traveler bisa mencicipi jagung goreng. Kalian bisa menemuinya sebelum pintu masuk Air Terjun Berasap.

Jangan bayangkan jagung goreng disini berbentuk perkedel, melainkan satu buah jagung utuh. Eati-hati yaa rasa manis dan gurihnya bisa bikin Teman Traveler ketagihan, lho! Soal harga tentu tidaklah mahal, satu jagung bakar hanya Rp10.000 saja.

Bermalam di Homestay Rp100.000

img_20191109_wa0010_01_jyL.jpeg
Homestay Super Murah Hanya Rp100.000/malam (c) Nella Mr/Travelingyuk

Teman Traveler tidak perlu risau soal biaya penginapan saat berlibur di sini. Untuk menghemat budget, kalian bisa memilih menginap di Homestay yang super murah dengan harga hanya Rp100.000 saja per malam. Homestay murah ini bisa Teman Traveler jumpai di Kersik Tuo. Bahkan bisa menginap untuk dua orang lho!

Pesona Kebun Teh dan Atap Sumatera 

dscn6852_Ogj.JPG
Panorama Alam yang Memukau (c) Nella Mr/Travelingyuk

Hamparan kebuh tertua dan terbesar di Asia itu semakin menawan dengan pesona atap Sumatera, yaitu Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 mdpl. Keduanya menjadi suguhan dan panorama alam yang siap memanjakan mata Teman Traveler.

dscn6658_01_fWI.jpeg
Indahnya pemandangan kebun teh saat jelajahi Kerinci (c) Nella Mr/Travelingyuk

Bangun pagi sudah disuguhkan dengan panorama alam yang memukau. Teman Traveler bisa berfoto sepuasnya di kebun teh dengan gunung Kerinci yang menjulang indah sebagai banground tambahan. Tidak dikenakan biaya masuk alias gratis!

Menikmati Senja di Danau Kerinci 

save_20200107_232201_Dgj.jpeg
Menikmati Senja di Danau Kerinci (c) Nella Mr/Travelingyuk

Danau yang terletak di ketinggian 783 meter di kaki Gunung Rayo ini menyuguhkan panorama yang elok dan eksotis. Pemandangan kian menakjubkan dengan Gunung Raja yang menjulang dan menambah indahnya kilauan jernihnya danau. Semakin sore pemandangan semakin eksotis, sangat pas buat penikmat senja.

Mencicipi Lemang Kantong Semar

dscn6802_ZFO.JPG
Lemang Kantong Semar (c) Nella Mr/Travelingyuk

Saat Teman Traveler beruntung, ada kegiatan adat atau acara tertentu, saat itu kalian bisa mencicipi lemang kantong semar. Sejak desa wisata Kerinci mulai mendunia, lemang kantong semar Kerinci semakin terkenal.

Bahkan, kuliner ini juga disuguhkan saat Tour de Singkarak 2019 menghampiri Kabupaten Kerinci untuk pertama kalinya. Lemang kantong semar yang dibungkus dengan tanaman pemakan serangga ini sudah menjadi kuliner andalan yang ditawarkan ke wisatawan.

Oleh-oleh Dodol Kentang 

dscn6807_wa1.JPG
Dodol Kentang Jadi Khas oleh-oleh waktu jelajahi Kerinci (c) Nella Mr/Travelingyuk

Usai jalan-jalan, jangan lupa membawa oleh-oleh dodol kentang khas Kerinci buat orang kesayangan. Rasanya yang lembut, manis, gurih dan tidak kenyal ini benar-benar terbuat dari kentang. Tidaklah sulit untuk mendapatkan Dodol Kentang, karena sudah tersedia di minimarket. Teman Traveler akan banyak menjumpainya di Jalan Raya Lubuk Nagodang, sekitar 25 kilometer dari perkebunan teh Kayu Aro. Next

ramadan

4 Gaya Traveling yang Akan Populer Tahun 2020. Mana yang Cocok Untukmu?

Sederet Tradisi Suku Minahasa di Manado, Salah Satunya ‘Hambur-Hamburkan’ Uang