in , ,

Itinerari Seharian di Surabaya, Berburu Spot Historis Sampai Kuliner Paling Legendaris

Panduan short escape terbaik

Surabaya menawarkan ragam potensi wisata dan kuliner yang seru dan menggiurkan. Itu sebabnya banyak warga Jawa Timur sering melakukan short escape ke kota metropolitan ini. Buat Teman Traveler yang ingin merasakannya juga, berikut itinerari seharian di Surabaya terbaik buat kalian!

Baca juga : Liburan Kilat Karimun Jawa, Puas Meski Sebentar

Telusuri Sejarah Kejayaan Rokok di House of Sampoerna Gratis

Lantai pertama museum (c) Rosita/Travelingyuk

Sesampai di Surabaya, hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah mengunjungi House of Sampoerna. Beralamat di Jalan Taman Sampoerna No 6, Krembangan Utara, museum ini berjarak sekitar 7 kilometer dari Stasiun Surabaya Gubeng atau 14 kilometer dari Terminal Purabaya.

Di sini, kalian bisa mempelajari sejarah menarik perjalanan industri rokok kretek di Indonesia. Aroma cengkeh dan tembakau yang khas bakal menyambut kedatangan Teman Traveler. Oh iya, museum ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis loh!

Ikuti Surabaya Heritage Track dan Temukan Rahasia Tersembunyi Kota Pahlawan Gratis

Image may contain: tree, sky and outdoor
Bus yang dipakai sebagai kendaraan tur via Instagram/sahat_simarmata

Nah, di House of Sampoerna, Teman Traveler bisa ikut tur keliling Surabaya secara gratis. Tur yang dinamakan ‘Surabaya Heritage Track‘ ini terselenggara berkat kerja sama pihak Sampoerna dengan pemerintah kota.

Nantinya, kalian bakal naik bus bermodel trem yang didesain lucu nan klasik. Jendela yang besar dan lebar membuat Teman Traveler bisa melihat jalanan Surabaya dari dalam. Benar-benar cocok buat jadi bus wisata!

Image may contain: one or more people, people walking and outdoor
Kampung Barbie, salah satu titik pemberhentian Surabaya Heritage Track via Instagram/ditaariski

Surabaya Heritage Track sendiri memiliki rangkaian titik pemberhentian yang berbeda sesuai dengan hari dan jam. Tidak perlu khawatir, nantinya akan ada guide yang akan memandu Teman Traveler selama perjalanan. Kalian pasti juga bakal dikasih kesempatan untuk turun dan mengabadikan momen terbaik dengan berfoto kok!

Sayangnya, kalian harus booking dulu via telepon ke House of Sampoerna maksimal H-1 sebelum mengikuti tur. Di sana nanti kalian juga bisa menanyakan jadwal keberangkatan dan jalur mana saja yang akan dijadikan titik pemberhentian. Biasanya tur berlangsung selama 1-2 jam. Setelah tur selesai, kalian bakal kembali lagi ke House of Sampoerna.

Perkaya Konten Instagenik di Kenjeran Park Rp5.000

Image may contain: one or more people
Patung Dewi Kwan Im via Instagram/world.of.yuz

Bagi pecinta konten hits, Kenjeran Park adalah destinasi yang wajib buat dikunjungi. Letaknya sekitar 8 kilometer dari House of Sampoerna dan 7,5 kilometer dari Stasiun Surabaya Gubeng. Untuk masuk ke dalamnya, Teman Traveler harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000. Jika Teman Traveler membawa kendaraan, kalian harus membayar lebih, yaitu Rp8.000 untuk roda dua dan Rp10.000 untuk roda empat.

Image may contain: sky, plant, tree and outdoor
Pagoda Tian Ti via Instagram/farhan.ferjian

Kenjeran Park sendiri mengambil konsep destinasi wisata ala Tiongkok. Pantas saja, sepanjang mata memandang, kalian bakal familiar dengan arsitektur Oriental yang kental. Sebut saja Patung Dewi Kwan Im, Pagoda Tian Ti, Patung Buddha 4 Wajah, dan sebagainya. Semuanya memiliki angle foto yang instagenik. Bisa puas-puasin di sini, deh!

Belum ke Surabaya Kalau Belum Mencicip Sambal Legendaris Bu Rudy Mulai Rp24.000

sambal_2_Q71.JPG
Aneka sambal yang dijual (c) Mariske Regina/Travelingyuk

Buat pecinta sambal wajib hukumnya buat mengunjungi Depot Bu Rudy. Di sini dijual sambal legendaris yang sudah terkenal turun temurun. Dimulai dari harga Rp24.000, varian sambalnya beragam dan enak-enak. Kalian juga bisa makan di sini loh! Menu yang disajikan bervariasi, dan pastinya menggunakan sambal Bu Rudy sebagai penambah selera.

Mau Wisata Belanja? Puaskan Diri dengan Jelajah Tunjungan Plaza

Image may contain: skyscraper, sky, night and outdoor
Tunjungan Plaza via Instagram/pilotlieur

Bagi Teman Traveler yang ingin berbelanja atau hanya sekedar ngadem, kalian bisa jalan-jalan di Tunjungan Plaza. Menyandang predikat sebagai salah satu mal terbesar di Asia Tenggara, mal ini memiliki 6 sektor dengan ragam brand dan jenis yang disediakan. Dijamin jalan-jalan di sini bakal lengkap abis, bahkan waktu sehari tidak bakal cukup untuk mengeksplorasi Tunjungan Plaza.

Demikianlah itinerari seharian di Surabaya yang bisa Teman Traveler ikuti. Sudah siap ‘short escape’ di kota metropolitan populer di Indonesia ini? Next

ramadan

Menambah Wawasan di Museum Geologi Bandung yang Eksotik

Pecinta Dimsum Wajib Coba Restaurant yang Satu Ini!