in ,

Itinerary 3D2N Makassar Jogja, Mahasiswa UNHAS Bisa Cobain Nih

Wisata Jogja mempunyai ciri khas budaya, keindahan alam dan situs-situs bersejarahnya yang selalu menarik untuk dijelajah. Teman Traveler, bisa mengikuti Itinerary 3D2N Makassar Jogja, mahasiswa UNHAS Bisa Cobain nih untuk mengisi liburan kuliah nanti. Yuk simak itinerary berikut ini.

Baca juga : From North to South, Belitung is a Majestic Island

Persiapan Awal : Pemesanan Tiket Pulang Pergi

Keberangkatan pesawat via Shutterstock

Pertama-tama sebelum memulai itinerary Makassar Jogja, perlu dilakukan persiapan. Carilah promo di beberapa aplikasi pemesanan tiket pesawat. Biasanya banyak sekali promo yang ditawarkan.

Kira-kira Tiket pesawat Makassar Jogja untuk pergi Upg-Jog : Rp 1,140 juta. Dan jangan lupa untuk memesan tiket pulang kembali, harga Tiket pesawat pulang Jog-Upg : Rp 690 ribu untuk 1 orang.

Hari 1 : Penginapan Yez Yez Yez – All Good Hostel

Yez Yez Yez – All Good Hostel via Instagram cristianhns

Sebelum berangkat ke Jogja, jangan lupa untuk memesan tempat untuk beristirahat. Penginapan murah di Jogja sangat banyak sekali pilihannya. Atau bisa mencari promo di aplikasi-aplikasi pemesanan hotel, biasanya terdapat promo di berbagai aplikasi.

Coba menginap di Yez Yez Yez – All Good Hostel, berjarak 15 kilometer dari Bandara Adi Sucipto. Mematok harga mulai dari Rp 40 ribu per malamnya. Ada fasilitas kolam renangnya lho!

Sarapan : Pecel Senggol di Beringharjo

Pecel Senggol via Instagram inztagrania

Berkeliling Jogja tentunya perlu tenaga, untuk itu sebelum memulai perjalanan Teman Traveler bisa sarapan terlebih dahulu di Pasar Beringharjo. Ada pecel senggol yang segar dengan pilihan lauk yang beragam, harga mulai dari Rp 8 ribu sudah bisa menikmati sarapan lezat. Lokasinya pas di depan pintu masuk Pasar Beringharjo.

Wisata Keraton

Keraton Jogja via Shutterstock

Wisata Jogja pertama yang akan Teman Traveler datangi adalah Keraton Jogja. Dari Pasar Beringharjo menuju Keraton cukup dekat dengan naik becak seharga Rp 20 ribu atau berjalan saja, santai sambil melihat perkampungan sekitar. Di dalam Keraton bisa mengikuti pagelaran setiap harinya yang berbeda-beda, berikut jadwal pertunjukkannya :

  • Senin dan Selasa: Musik gamelan (mulai jam 10.00 wib)
  • Rabu: Wayang golek menak (mulai jam 10.00 wib)
  • Kamis: Pertunjukan tari (mulai jam 10.00 wib)
  • Jumat: Macapat (mulai jam 09.00 wib)
  • Sabtu: Wayang kulit (mulai jam 09.30 wib)
  • Minggu: Wayang orang & pertunjukan tari (mulai jam 09.30 wib)

Jangan lupa mengabadikan setiap momen di dalam Keraton, tetapi bagi Teman Traveler membawa kamera akan dikenakan biaya Rp 1 ribu. Biaya masuknya sendiri Rp 10 ribu sudah termasuk tiket, tepas pariwisata, ijin kamera.

Makan Siang : Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum via Instagram gudegyudjum

Setelah puas berjalan-jalan di Keraton, saatnya mengisi perut yang kosong dengan makanan khas dari Jogja yaitu Gudeg. Teman Traveler bisa pergi ke Gudeg Yu Djum cabang Malioboro di Jl. Dagen no.2C. Ada berbagai macam pilihan lauk, harga per porsi mulai dari Rp 15 ribu. Gudeg Yu Djum juga memiliki cabang lain di sekitaran Jogja.

Keliling Malioboro

Kawasan Malioboro via Shutterstock

Tujuan wisata Jogja selanjutnya, berkeliling santai di Malioboro, cukup berjalan selama kurang lebih 8 menit ke arah timur dari Gudeg Yu Djum. Di sana Teman Traveler bisa berkeliling mencari barang-barang murah, beranikan diri untuk menawar dulu sebelum membelinya.

Di sini Juga bisa duduk-duduk melihat pemandangan kota. Apabila Teman Traveler lelah, bisa kembali ke penginapan bersantai dan istirahat sejenak. Untuk menghemat lebih baik Teman Traveler naik kendaraan umum.

Seperti Trans Jogja Rp 3,5 ribu saja, langsung saja membeli tiket berlangganan agar mempermudah dalam perjalanan nanti. Dari Malioboro cukup berjalan ke Halte Ahmad Yani untuk naik Trans Jogja koridor 2A tujuan terminal condongcatur lalu turun di halte Sugiono 1.

Makan Malam, Just Playon

Just Playon via Instagram justplayon

Teman Traveler ingin bercengkrama dengan teman-teman sembari makan malam. Di sekitar Prawirotaman terdapat kafe yang bisa dikunjungi salah satunya Just Playon, 300 meter dari penginapan.

Kafe instagenic ini menyediakan berbagai macam menu makanan hingga nasi campur pun ada, mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 50 ribu. Lokasi di Jl Prawirotaman no.3, buka mulai pukul 09.00-01.00 WIB.

Hari 2 : Sarapan Soto Ayam Pak Dalbe

Soto Ayam Pak Dalbe via Instagram amazingindonesiafood

Memulai hari dengan sarapan Soto Ayam Pak Dalbe yang berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman buka pukul 05.00-14.00 WIB. Satu mangkuk soto di hargai Rp 10 ribu, ingin menambah sate hanya Rp 3 ribu saja.

Soto khas Jawa Tengah ini memang sederhana tetapi sangat melimpah suwiran ayamnya. Setelah sarapan Teman Traveler dapat melanjutkan wisata ke Museum Benteng Vredeburg.

Wisata Museum Benteng Vredeburg 

Benteng Vredeburg via Instagram rifaarhas

Karena jarak yang lumayan jauh dari tempat sarapan, Teman Traveler bisa naik Trans Jogja dari Halte TJ Sudirman 2, koridor 1A tujuan halte Ahmad Yani. Apa saja yang bisa dilakukan di Wisata Museum Benteng Vredeburg?

Teman Traveler bisa berfoto di bangunan ini, bisa juga melihat diorama jaman penjajahan dan melihat beberapa film yang disediakan. Tiket masuk seharga Rp 2 ribu untuk anak-anak dan Rp 3 ribu dewasa.

Makan Siang Nasi Langi Pak Man

Nasi Langi Pak Man via instagram jogjaculinary

Untuk makan siang wajib menyambangi Nasi Langi Pak Man yang murah meriah. Karena cukup jauh dari Museum Benteng Vredeburg Teman Traveler naik saja Trans Jogja untuk ke lokasi. Nasi dengan lauk dan sayur yang beragam ini sekitar Rp 5 ribu saja, sangat murah kan?

Wisata Tebing Breksi

Tebing Breksi via Instagram itibon

Teman Traveler bisa menikmati senja di Tebing Breksi, sambil berfoto dengan spot-spot foto yang indah. Untuk ke lokasi bisa naik bus pariwisata jurusan JOGJA-PARANGTRITIS kurang lebih perjalanan memakan waktu 45 menit sampai 1 jam. Biaya masuknya sendiri gratis hanya perlu membayar parkir jika membawa kendaraan sendiri.

Makan Malam Sambil Nongkrong di Move On Cafe

Move on Cafe via Instagram moveon.yogya

Kembali dari perjalanan jauh wisata Tebing Breksi, Teman Traveler bisa bersantai dan nongkrong di Kafe Move On. Masih di sekitaran Prawirotaman 450 meter dari penginapan, Teman Traveler bisa menikmati makanan western dan lokal dengan interior vintage cocok untuk spot foto yang unik. Di sini juga ada gelato lho! Harga mulai dari Rp 20 ribu saja.

Hari 3, Check Out : Sarapan di Soto Lamongan Cak Eko

Soto Lamongan Cak Eko via Instagram javafoodie

Sebelum meninggalkan Jogja jangan lewatkan mencoba Soto Lamongan Cak Eko yang cukup kondang. Dengan harga Rp 7 ribu saja, sudah bisa menikmati semangkuk soto. Setelah makan siang Teman Traveler bisa melanjutkan perjalanan menuju bandara menaiki Trans Jogja jurusan TPB Kledokan Babarsari menuju Halte TJ Bandara Adi Sucipto.

Demikian itinerary 3D2N Makassar Jogja untuk Teman Traveler yang merencanakan liburan kuliah ke pulau Jawa. Semoga bisa membantu menyusun perjalanan wisata di Jogja. Yuk agendakan liburanmu! Next

ramadan
Curug Tomo

5 Air Terjun Pandeglang, Keindahannya Bikin Terpana!

Coffee at The Barn, Tongkrongan Asyik ala Desa Eropa Klasik