in ,

Itinerary 3D2N Keliling Malang, Demi Liburan Maksimal Bareng Keluarga

Puas Menjelajahi Malam Selama 3 Hari 2 Malam

Itinerary 3D2N Malang
FI Itinerary 3D2N Malang via Instagram @irmamercy @onceuponajrny

Malang seolah tak pernah lelah menyajikan atraksi menarik bagi para pelancong. Destinasi wisata yang tersebar di seluruh penjuru Malang Raya seakan tak cukup dijelajahi hanya sehari. Tak pelak lagi Teman Traveler harus menyiapkan rencana perjalanan setidaknya 3 hari 2 malam demi menikmati kota ini secara maksimal. Berikut alternatif itinerary 3D2N keliling Malang bareng keluarga.

Baca juga : Tips Cara Makan Kepiting yang Jarang Orang Tahu

Hari 1

Check-in di Kost Malang Jaksa Agung Rp50.000an

Kost Malang Jaksa Agung via Instagram @fillaleee

Kota Malang menawarkan beragam tempat menginap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Salah sarunya adalah Kost Malang Jaksa Agung yang berlokasi tak jauh dari pusat kota, tepatnya Jl. Jaksa Agung Suprapto 1 C Nomor 241, Klojen.  Teman Traveler pun hanya perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp50.000an per orang. Usai check-in, istirahatlah sejenak sebelum memulai petualangan di sore hari.

OOTD-an di Kampung Warna-warni Jodipan Rp3.000an

Itinerary 3D2N Malang
Kampung Warna-warni Jodipan via Instagram @anneliekeelise

Destinasi wisata di Kota Malang yang tak boleh terlewat adalah Kampung Warna-warni Jodipan dengan ongkos Rp3.000an sekali masuk. Lokasinya sekitar 15 menit berkendara dari Kost Malang Jaksa Agung. Di sinilah Teman Traveler dapat mengeluarkan ‘inner selebgram’ dengan berfoto di beragam latar warna-warni.

Sempatkan juga untuk mencoba naik ke atas jembatan kaca, namun tetap perhatikan aturan yang ada, ya. Bila sudah puas berkeliling, pelancong bisa icip jajanan yang dijual oleh warga setempat, masih di lokasi yang sama.

Berfoto Kreatif di Kampung 3D Rp3.000an

Kampung 3D Malang via Instagram @ninasandra25

Ada lagi atraksi menarik yang tepat untuk lokasi berfoto yaitu Kampung 3D, tak jauh dari lokasi Kampung Warna-warni Jodipan. Teman Traveler akan menemukan beragam tema lukisan yang seolah-olah nyata, mulai dari aliran sungai, lava, sampai jembatan gantung. Tersebar tak hanya di dinding namun juga jalanannya. Silahkan kreasikan gayamu agar hasil foto terlihat hidup. Tiket masuknya? Hanya Rp3.000an per orang.

Berkunjung ke Chefchaouen ala Kampung Biru Arema

Itinerary 3D2N Malang
Kampung Biru Arema via Instagram @onceuponajrny

Chefchaouen di Maroko atau Jodhpur di India? Rupanya bukan keduanya. Inilah Kampung Biru Arema, masih di kawasan yang sama dengan dua kampung sebelumnya. Cat biru yang mendominasi rumah-rumah warga membuat kita seolah sedang berada di luar negeri. Carilah posisi yang tepat agar mendapatkan keseluruhan lanskap Kampung Biru yang nampak indah.

Makan Malam di Warung Bug Matira Rp35.000an

Itinerary 3D2N Malang
Warung Bug Matira via Instagram @whatforeating

Usai menjelajahi kampung tematik di Kota Malang, perut seolah protes. Minta gantian untuk diberi asupan energi. Teman Traveler tinggal berjalan kaki sekitar 10 menit ke Warung Bug Matira. Tempat makan populer ini berada tepat di sebelah Stasiun Kota Malang.

Nasi khas Madura disediakan di sini yang disebut nasi bug. Satu porsi berisi nasi hangat dengan siraman kuah lodeh tewel, ditambah dengan dendeng & serundeng kelapa, kecambah segar, dan sambal terasi. Untuk lauknya, Teman Traveler bebas memilih mulai dari jeroan, mendol, ayam, maupun sate komoh. Satu porsi seharga Rp35.000an.

Hari 2

Makan Siang di Soto Lombok Rp25.000an

Itinerary 3D2N Malang
Soto Lombok Malang via Instagram @irmamercy

Hari kedua dapat Teman Traveler mulai dengan sarapan di Soto Lombok, Jalan Lombok Nomor 1, Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Dapat ditempuh dengan naik transportasi online selama kurang lebih 10-15 menit. Tempat makan legendaris ini menyajikan semangkuk soto ayam plus irisan tomat, kentang, sayur kol, telur, tauge, soun, lalu disiram kuah bening nan lezat.

Perbedaan yang cukup mencolok adalah taburan koya yang cukup banyak, menambah kenikmatan cita rasa Soto Lombok. Cukup merogoh kocek kurang lebih Rp25.000an untuk seporsi soto.

Jelajah Spot Instagenic di Jatim Park 3 Rp120.000an

Milenial Glow Garden di Jatim Park 3 via Instagram @henyhenoy22

Itinerary 3D2N keliling Malang Raya bersama keluarga lebih terasa lengkap bila berkunjung ke Kota Batu. Destinasi wisata yang tergolong baru dan terdapat beragam atraksi menarik adalah Jatim Park 3 di Jalan Ir. Soekarno No. 144, Beji, Kecamatan Junrejo.

Wahana yang ada di antaranya Ice Cream World, Museum Musik, Legend Star (museum patung lilin), dan banyak lainnya. Teman Traveler juga bisa keliling dunia dengan datang ke Zona Korea dan Jepang yang dihiasi pernak-pernik khas kedua negara tersebut. Tiket masuk di kisaran Rp120.000an per orang.

Bergaya ala Kolektor Mobil di Museum Angkut Rp100.000an

Museum Angkut via shutterstock

Masih berada di Kota Batu, lanjutkan perjalanan ke Museum Angkut di Jalan Terusan Sultan Agung Nomor 2, Ngaglik. Cukup berkendara selama sekitar 15 menit. Jangan lupa siapkan uang tiket Rp100.000an per orang.

Begitu masuk, pelancong akan disambut jejeran mobil lawas dan juga jenis kendaraan lain. Atraksi yang tak boleh dilewatkan adalah Runway 27, merasakan langsung sensasi ‘terbang’ di kabin VVIP. Kunjungi juga Buckingham Palace, Gangster Town, dan Pasar Apung Nusantara.

Makan Malam Sate Kalkun Batu Rp30.000an

Sate Kalkun via Instagram @avidafauzia

Hati senang tapi perut lapar? Tak usah berkeluh kesah, langsung saja arahkan kendaraan menuju Warung Sate Kelinci di Jalan Patimura Nomor 126, Batu. Selain sate kelinci, tersedia juga sate kalkun. Nah, demi sensasi rasa tak biasa cobalah menjajal sate kalkun. Satu porsi berisi 10 tusuk sate plus nasi hangat. Cukup keluarkan biaya Rp30.000an.

Borong Oleh-oleh di Sanan Mulai Rp5.000an

Keripik Apel Malang via Instagram @yudhanandra

Sebelum kembali ke tempat menginap, sempatkan dulu ke pusat oleh-oleh di sepanjang kawasan Sanan. Sepanjang jalan, terdapat banyak toko yang menyediakan penganan khas Malang. Seperti keripik tempe, segala olahan apel, aneka keripik buah dan jamur, dan masih banyak lagi. Salah satu toko yang populer dan sering dikunjungi pelancong adalah Lancar Jaya. Harga yang dibanderol di sini cukup terjangkau, mulai dari Rp5.000an.

Hari 3

Menjelajahi Bromo Rp1.500.000an

Itinerary 3D2N Malang
Bromo via shutterstock

Menjelajahi Bromo akan menjadi akhir dari itinerary 3D2N jelajah Malang bersama keluarga. Berhubung biasanya petualangan berakhir pada siang hari, sebaiknya sekalian check-out. Tapi bisa titipkan dulu barang bawaan ke resepionis, untuk diambil lagi usai dari Bromo.

Demi menyaksikan magisnya matahari terbit, berangkatlah pada pukul 01.30. Tak lupa memakai pakaian winter, seperti jaket tebal, kaus tangan, syal, dan juga beanie. Mencapai Bromo, membutuhkan waktu sekitar 2 jam namun hanya sampai kawasan Ngadas.

Setelah itu harus ganti dengan mobil jeep, perjalanan lanjut selama 30 menitan menuju Penanjakan. Di sinilah, pelancong akan menyaksikan langsung betapa magisnya sunrise. Kemudian penjelajahan berlanjut ke Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies, maupun Kawah Bromo.

Berkunjung ke Bromo sebenarnya lebih mudah dan praktis bila menggunakan jasa agen, sebab semua transportasi sudah tersedia lengkap dengan hasil foto. Namun bila tidak, Teman Traveler bisa menyewa mobil maupun jeep saja. Biayanya mulai dari Rp1.500.000an per jeep untuk 2 lokasi.

Bila berencana keliling Malang bersama keluarga, Teman Traveler dapat mengaplikasikan itinerary 3D2N di atas. Tak lupa untuk selalu menikmati setiap destinasi sekaligus mengabadikan momen ke dalam jepretan kamera. Next

ramadan
Suasana di Cendhono Wangi

Wedangan Cendhono Wangi, Nongkrong Ditemani Nuansa Klasik Pasar Gede

4 Restoran Rooftop ala Hotel di Bandung, Santap Nikmat Berlatar Lanskap Indah