in , ,

Itinerary Weekend-an di Kota Lama Surabaya, Rencanakan dari Sekarang

Kota lama Surabaya
Kota lama Surabaya

Sudah punya rencana akhir pekan ke mana nih? Teman Traveler bisa mengikuti perjalanan saya saat weekend-an di Kota Lama Surabaya. Kalau tabungan sudah mepet, tapi sudah ingin liburan, ini bisa ditiru. Sebagai kota terbesar di Jawa Timur, tentu banyak hal yang bisa ditawarkan Surabaya. Nah, saya memilih Kota Lama karena ingin menjelajah sejarah Kota Buaya yang keindahannya tak lekang dimakan waktu. Yuk, ikuti itineary berakhir pekan di Surabaya.

Baca juga : 4 Jajanan Sempol di Surabaya dengan Kemasan Unik, Ada yang Berbumbu Rujak

1. Menginap di Citihub Pecindilan

dsc04569_u6l.JPGCitihub Hotel Pecindilan (C) Natalia/Travelingyuk

Salah satu faktor penting adalah memilih tempat menginap yang tepat. Sudah tahu kan kalau lalu lintas di Surabaya cukup menyeramkan. Tidak ada waktu di mana jalanan nggak macet. Karenanya pilihan hotel untuk beristirahat sangat menentukan nyaman atau tidaknya perjalanan saya.

img_20190727_110535_926_1C2.jpgKamar Citihub Hotel (C) Natalia/Travelingyuk

Saya memilih Citihub Hotel Pecindilan yang berada di Jalan Pecindilan No 66, Kapasari, Surabaya. Selain harganya murah, lokasinya juga sangat pas. Dekat dengan wisata-wisata yang akan saya kunjungi. Dari Terminal Purabaya, Teman Traveler bisa naik ojek online dan kena biaya sekitar 30 ribuan. Lebih nyaman lagi kalau naik kereta, karena hotel ini berada di seberang Stasiun Surabaya Kota. 

2. Jalan Panggung Kota Lama

dsc04506_ufp.JPGKota Lama Surabaya (C) Natalia/Travelingyuk

Daftar wisata pertama yang ingin saya datangi saat weekend-an di Kota Lama Surabaya adalah Jalan Panggung. Merupakan salah satu kawasan tertua, terlihat dari bangunan-bangunannya yang masih berbentuk klasik. Saya sangat terpukau dengan warna-warni baru yang membalut toko-toko lawas. Revitalisasi Jalan Panggung sempat menuai protes, namun tak bisa dipungkiri kalau kawasan ini pun berhasil mengundang wisatawan baru, seperti saya.

dsc04511_aN9.JPGCantiknya rumah di Jalan Panggung (C) Natalia/Travelingyuk

Dari Citihub Hotel, kawasan Jalan Panggung hanya berjarak sekitar 5 menitan dengan ojek online. Harganya pun tak sampai 10 ribu rupiah. Datanglah pagi-pagi sebelum toko buka. Saya merasa sedikit kesiangan, karena jalanan pun sudah agak ramai. 

3. Taman Prestasi

dsc04546_3Ty.JPGTaman Prestasi (C) Natalia/Travelingyuk

Wisata selanjutnya yang menarik perhatian saya saat weekend-an di Kota Lama Surabaya adalah Taman Prestasi. Letaknya hanya 2 menitan dari Jalan Panggung. Saya penasaran dengan fasilitas wisata gratis di kota asuhan Bu Risma ini. Ada banyak taman, salah satunya adalah yang saya tuju ini.

dsc04542_Ms7.JPGBunga-bunga di Taman Prestasi (C) Natalia/Travelingyuk

Nama Prestasi ternyata di ambil karena di sini dipajang beberapa penghargaan Kota Surabaya. Ada banyak wahana permainan untuk anak-anak. Tamannya cukup luas, jangan khawatir akan tak kebagian. Paling menarik perhatian saya adalah Taman Prestasi sangat bersih. Pastikan Teman Traveler juga menjaga kebersihan saat mampir ke sini ya. Jangan lupa untuk coba keliling Kalimas dengan naik kapal. Seru banget dan hanya 4 ribu rupiah.

4. Kulineran di Pasar Atom

dsc04564_EB8.JPGNasi Cumi Pasar Atom (C) Natalia/Travelingyuk

Destinasi selanjutnya yang tak boleh Teman Traveler lewatkan adalah Pasar Atom. Dari Taman Prestasi, bisa ditempuh dengan ojek online selama 3 menitan. Pasar lawas ini kini sudah dipercantik, hingga seperti mall. Namun tenang saja, karena jajanan lawas seperti bubur madura masih bisa ditemukan. Lengkap dengan ibu-ibunya yang masih menggunakan baju tradisional. Di lantai 4 foodcourt, Teman Traveler bisa juga mencicipi Lontong Mie yang fenomenal itu. 

dsc04556_enw.JPGNasi Biasa di Nasi Cumi Pasar Atom (C) Natalia/Travelingyuk

Setelah puas keliling pasar, saya tak lupa mengisi perut dengan Nasi Cumi Pasar Atom. Warung tenda sederhana ini berada di seberang parkiran pasar. Nasi cumi ini sangat terkenal, hingga beberapa artis yang mencobanya, seperti Baim Wong. Seporsi nasi biasa dengan cumi dibanderol 18 ribu rupiah. 

Itu tadi itinerary weekend-an di Kota Lama Surabaya. Bisa lanjut istirahat di hotel atau pilih hangout di kafe sekitar. Bagaimana, mau coba juga? Next

ramadan

Written by Natalia

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Curug

Bermain Air di Wisata Alam Capolaga Subang

Cari Suasana Tenang Bali? Nginep di Lilis Cempaka Mas Guesthouse Aja