in ,

Jajan Jadul yang Masih Eksis, Nggak Kalah dengan Takjil Masa Kini

Tujuh Jajan Jadul yang Masih Eksis untuk Takjil Buka Puasa

Jajan Jadul yang masih eksis

Di bulan Ramadan ini banyak bazar dan kampung takjil yang mendadak buka. Ada banyak kuliner kekinian seperti es kepal milo yang sedang hits itu. Namun, di antara banyak kue modern, masih ada deretan jajan jadul yang masih eksis. Boleh nih berburu banyak jajan tradisional untuk takjil. Ada apa saja, ya?

Baca juga : Selain Opor, Ini 9 Hidangan yang Bisa Jadi Inspirasi Saat Lebaran

1. Lumpur

Kue lumpur
Kue lumpur via Instagram/@cakedankue

Jajan jadul yang masih eksis pertama yang cocok untuk takjil adalah kue lumpur. Kue ini terbuat dari santan, kentang, terigu, dan telur. Biasanya diberi hiasan kismis atau kelapa. Ada juga yang memberi taburan keju di atas kue lumpur. Mantap nih disantap hangat-hangat.

2. Martabak

Martabak
Martabak via Instagram/@martabaksf_sby

Ada juga martabak yang juga termasuk jajan jadul yang masih eksis. Kue yang satu ini ada juga di beberapa negara lain seperti Arab Saudi dan Malaysia. Martabak telur berisi daging cincang dan sayur ini juga laris manis diburu untuk santapan takjil. Apalagi ditemani dengan secangkir teh hangat.

3. Pukis

Kue Pukis
Kue Pukis via Instagram/@miss_ng_foodies

Jajan jadul yang masih eksis hingga kini adalah pukis. Kue khas Indonesia ini terbuat dari terigu, telur, santan, ragi, dan gula. Dicetak di adonan setengah bulan, lalu diberi taburan mesis, kacang, atau keju. Meski jadul, camilan yang satu ini tetap memiliki banyak penggemar. Enaknya pukis disantap pas sedang hangat-hangatnya. Empuk dan langsung lumer di mulut.

4. Rangin

Kue Rangin
Kue Rangin via Instagram/@voilajogja

Kue jadul lainnya adalah rangin. Jajan yang satu ini memiliki sebutan lain di masing-masing daerah. Di Bali, orang menyebutnya ke daluman, sedang warga Jakarta mengenak kue ini dengan sebutan pancong. Kue ini dibuat dari adonan kelapa. Rasanya makin yahud dengan taburan gula di atasnya. Nikmat disantap hangat-hangat.

5. Gorengan

Gorengan
Gorengan via Instagram/@ramadhani.valencia

Takjil yang masih wajib dicari adalag gorengan. Ada beragam jenis gorengan, dari pisang goreng, weci, tahu isi, dan lain-lain. Camilan tradisional yang satu ini tetap memiliki banyak penggemar meski jajanan kekinian semakin menjamur. Kamu salah satu yang doyan gorengan bukan?

6. Lupis

Kue lupis
Kue lupis via Instagram/@lingkarmalang

Pernah mendengar kue lupis? Ini salah satu jajan jadul yang masih eksis meski banyak camilan mall yang enak-enak. Kue ini terbuat dari beras ketan yang dibungkus dengan daun. Lalu dipotong tipis dan dinikmati dengan taburan kelapa dan siraman gula merah. Kue tradisional ini banyak ditemukan di Pulau Jawa, biasanya ditemani sajian kuno lainnya seperti cenil dan gatot.

7. Roti Maryam

Roti Maryam
Roti Maryam via Instagram/@doyanbaking2

Roti Maryam adalah kue pipih dari India yang banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia. Biasanya digoreng sebentar lalu diberi topping seperti mesis, keju, dan lain-lain. Daerah lain mengenal jajanan ini dengan nama roti canai.

Masih banyak lagi jajan jadul yang masih eksis dan memiliki banyak penggemar setia meski kue kekinian bermunculan. Bagaimana, kamu doyan yang mana nih? Next

ramadan
Via Instagram sodik_ondol_ggmu

Sumur Raksasa Jalatunda Dieng, Keeksotisan Berbalut Mitos yang Lekat

Selain Wisata, 4 Kedai Kopi di Bali ini Juga Patut Dicoba