in , ,

Jakarta-Malang Naik Bus, Cuma 12 Jam Berkat Tol Trans Jawa

Menjelajah Malang-Jakarta dengan Bus Kini Lebih Singkat dan Mudah

Bus Gunung Harta
Bus Gunung Harta (c) Rosita/Travelingyuk

Perjalanan Jakarta-Malang naik bus atau sebaliknya kini jadi makin cepat lho Teman Traveler. Seiring dibukanya akses Tol Trans Jawa secara penuh, rute ini bisa diselesaikan hanya dalam waktu 12 jam. Seperti apa persisnya? Yuk, simak ulasan berikut.

Baca juga : Hotel Terbaik Kota Pontianak, Cuma 500 Ribuan!

Tol Trans Jawa

img_131338_mod.jpg
Ilustrasi tiket yang didapat (c) Rosita/Travelingyuk

Adakah di antara Teman Traveler yang sudah menjajal Tol Trans Jawa? Jalur ini menghubungkan sisi barat hingga timur Pulau Jawa, usai diresmikan Presiden Jokowi pada akhir 2018 silam. Keberadaannya menjadi alternatif buat wisatawan yang hendak bepergian dari arah barat ke timur, maupun sebaliknya.

Memasuki musim liburan dan mudik, jalur ini kerap jadi andalan masyarakat. Waktu tempuhnya jauh lebih efisien dibanding melewati jalur non-tol.

img_134111_U9k.jpg
Pool PO. Gunung Harta Pasar Rebo Jakarta Timur (c) Rosita/Travelingyuk

Jarak tempuh dari Jakarta ke kota-kota lain di Jawa pun jadi makin singkat sejak dibukanya Tol Trans Jawa. Jalur ini membentang sepanjang 901,03 km dari Merak hingga Grati, Pasuruan, Jawa Timur. Hal ini menguntungkan banyak pihak, terutama para pelancong.

Tarif Murah

img_173745_J2I.jpg
Rumah makan  di Jalan Raya Subang – Cikamurang Kabupaten Indramayu (c) Rosita/Travelingyuk

Sejak Tol Trans Jawa diresmikan, bus perlahan menjadi transportasi antar kota yang makin digemari. Dari segi tarif, biayanya jauh lebih murah jika dibandingkan pesawat. Selain itu waktu tempuhnya juga masih jadi makin singkat.

Saya sendiri sempat menjajal bepergian Malang-Jakarta naik bus dengan memanfaatkan jasa P.O Gunung Harta, yang mematok tarif Rp330.000 per orang. Cukup terjangkau bukan?

Bus Jakarta – Malang

img_173838_UR1.jpg
Armada P.O. Gunung Harta (c) Rosita/Travelingyuk

Ada beberapa Perusahaan Otobus yang sediakan rute Jakarta-Malang maupun sebaliknya. Beberapa bahkan menyediakan jasa pembelian secara online di OTA alias Online Travel Agent.

Khusus untuk P.O. Gunung Harta, pemberangkatan tak hanya dilakukan dari Terminal Pulo Gebang dan Kampung Ranbutan, namun juga bisa dari pool mereka di Pasar Rebo. Bagaimana, cukup praktis bukan?

Hanya 12 jam

img_1320119_TGI.jpg
Pool Pasar Rebo (c) Rosita/Travelingyuk

Sejak Tol Trans Jawa beroperasi penuh, bepergian menggunakan bus jadi lebih cepat dibanding kereta api. Tentu ini kabar baik bagi Teman Traveler yang berencana menjajal perjalanan Malang-Jakarta naik bus maupun sebaliknya. Rute ini sekarang bisa dilahap hanya dalam waktu 12 jam saja.

img_171927_iIx.jpg
Rumah makan  di Jalan Raya Subang – Cikamurang Kabupaten Indramayu (c) Rosita/Travelingyuk

Bila ditotal, waktu tempuh non stop untuk rute Jakarta-Surabaya dalam kondisi normal adalah sembilan jam. Menggunakan jasa P.O. Gunung Harta, saya mengawali perjalanan Jakarta-Malang pada pukul 13.50 dari Pasar Rebo. Bus lantas mampir sejenak ke salah satu rumah makan di Jalan Raya Subang-Cikamurang, Kabupaten Indramayu. Perjalanan kemudian dilanjutkan hingga sampai di Malang pukul 01.50.

img_134124_Shg.jpg
Bus Gunung Harta (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan tentang Jakarta-Malang naik bus atau sebaliknya. Kini waktu maupun sebaliknya menggunakan bus. Kini waktu bukan alasan untuk tidak menjelajah deretan wisata di Jakarta dan kota lain di sekitar Jawa via perjalanan darat. Yuk, segera wujudkan rencana liburan kalian Teman Traveler. Next

ramadan

5 Tempat Wisata Saat Musim Hujan di Bali, Ada Promo lho!

Candi Jawi di Pasuruan

Candi Jawi, Bukti Kejayaan Singhasari di Kaki Arjuna