in , ,

Spot Foto di Sekitar Balai Kota Surabaya, Semua Instagenic

Surabaya
Surabaya

Di kota besar seperti Surabaya kita pasti akan kesulitan untuk mencari destinasi wisata alam seperti pegunungan atau air terjun. Tapi bukan berarti berada di tengah Kota Surabaya tidak menarik, kita bisa menemukan spot-spot perkotaan yang sangat menarik dan instagramable. Seperti halnya kalau kita jalan-jalan di sepanjang Jl. Gubernur Suryo dan Jl. Pemuda Kota Surabaya, kita akan menemukan beberapa spot yang tanpa kita sadari akan menjadi sangat menarik. Apa saja itu?, ini dia tempat-tempat tersebut.

Baca juga : Merasa Penat? Cobalah Wisata Sambat di Jogja dan Sekitarnya

Baca Juga : Download Aplikasi Penjualan Terbaru, Manfaat dan Fitur-fiturnya

1. Memotret Suasana Dari Atas Jembatan Penyeberangan

Sudah bukan hal asing lagi kalau Surabaya dikenal punya jalan raya yang sangat lebar, dan ini sangat menyulitkan pejalan kaki untuk menyeberang jalan. Eits tapi jangan sedih, banyak sekali jembatan penyeberangan di Kota Surabaya. Contohnya adalah jembatan penyeberangan di Jl. Pemuda yang lokasinya persis di depan Plaza Surabaya. Dari atas jembatan penyeberan ini kita bisa melihat-lihat suasana jalanan yang ramai. Buat yang suka motret jalanan, spot ini sangat menarik apa lagi ditambah suasana kanan kiri Jl. Pemuda yang sangat rimbun dan rapi dengan trotoar yang sangat bersih.

Beranjak jalan kaki ke arah Jl. Gubernur Suryo atau biasa disebut Jalan Gubernuran oleh warga setempat, kita bisa menemukan satu lagi jembatan penyeberangan yang lokasinya persis di depan SMA Negeri 6 Surabaya. Sama dengan jembatan penyeberangan di Jl. Pemuda, dari atas sini kita bisa mengamati suasana jalanan kota besar yang sangat ramai tapi tetap asri, ditambah pemandangan gedung-gedung megah.

Masih dari atas jembatan penyeberangan Jl. Gubernur Suryo, kalau kita ke tempat ini saat sore hari suasananya sangat indah sekali. Itu karena kalau kita menghadap ke arah barat dari atas jembatan penyeberangan, kita akan bisa menyaksikan matahari terbenam di antara gedung-gedung pencakar langit yang menghiasi Kota Surabaya. Semakin indah dengan gantungan awan-awan yang menghiasi langit.

2. Ornamen Jembatan Penyeberangan Yang Artistik

Selain menikmati suasana dan pemandangan di sekitar jembatan penyeberangan Jl. Gubernur Suryo, satu hal lagi yang bisa kita explore adalah suasana bangunan di atas jembatan penyeberangannya yang sangat artistik. Naik penyeberangi jembatan penyeberangan ini kita tidak akan dibuat bosan, karena suasananya sangat menarik dengan bergelantungan lampu-lampu bulat berwarna putih yang menghiasi. Sore menjelang malam lampu-lampu ini akan mulai hidup dan menambah suasana syahdu di atas jalanan perkotaan. Buat kita yang ingin foto di atas jembatan penyeberangan ini dipastikan akan dapat spot yang sangat menarik.

3. Spot Jalanan Di Trotoar Sekitar Jalan Gubernur Suryo Dan Jalan Pemuda

Berpindah ke Jl. Pemuda, di salah satu sisi jalan mendekati perempatan antara Jl. Pemuda dengan Jl. Gubernur Suryo kita akan menemukan sebuah pagar yang berhiaskan gambar-gambat lukisan yang sangat unik dan menarik. Lukisan warna-warni itu bertemakan kebangsaan dan pesan-pesan moral untuk masyarakat. Lokasinya yang tepat di tepi jalan dengan trotoar yang luas membuat tempat ini cocok untuk jadi pilihan kita berfoto.

Menyeberang ke Jl. Gubernur Suryo kita akan melewati sebuah trotoar yang sangat sejuk dengan pepohonan besar yang menutupi. Di sini kita akan bisa duduk-duduk santai di tempat duduk yang banyak disediakan di sepanjang trotoar. Duduk santai bersama kawan menikmati ramainya jalanan kota atau berfoto di tempat ini bisa kita lakukan dengan nyaman. Ini karena trotoar ini sangat bersih, rapi, dan bebas dari PKL yang semrawut.

Berjalan menyusuri Jl. Gubernur Suryo semakin ke arah barat kita akan menemukan trotoar yang semakin luas dan indah dengan hiasan bola-bola berwarna merah cantik dengan totol-totol. Area trotoar cantik ini tepat berlokasi di seberang Gedung Negara Grahadi yang merupakan Gedung Gubernur Jawa Timur.

4. Mampir Di Taman Apsari

Melintasi Jl. Gubernur Suryo, tepat di seberang Gedung Negara Grahadi kita akan menemukan sebuah taman indah di pusat Kota Surabaya. Nama taman ini adalah Taman Apsari. Di pintu masuk taman ini ada sebuah patung Monumen Gubernur Suryo yang menghadap langsung ke Gedung Negara Grahadi atau Gedung Gubernuran Jawa Timur. Gubernur Suryo adalah seorang pahlawan dan merupakan Gubernur Jawa tomur pertama yang sangat dikagumi, bahkan sampai sekarang.

Semakin masuk ke Taman Apsari kita tidak hanya akan menemukan taman dengan bunga-bunga indah dan juga suasana yang sagat teduh dan santai. Di bagian dalam Taman Apsari ada sebuah lapangan futsal outdoor yang lumayan luas dengan berpagar kawat besi tinggi. Kalau datang ke Taman Apsari di sore hari kita bisa melihat anak-anak bermain bola dengan riang di tempat ini.

5. Berfoto Di Depan Gedung Negara Grahadi

Selepas membuang lelah di Taman Apsari, jangan lewatkan untuk berfoto di depan Gedung Negara Grahadi yang tepat berada di seberang taman. Gedung ini sangat ikonik sekali di Kota Surabaya, gedung yang sekarang menjadi tempat Gubernur Jawa Timur berkantor ini dulunya adalah tempat para petinggi Belanda tinggal saat jaman penjajahan kolonial Belanda. Saat itu gedung ini menghadap ke arah Kali Mas yang ada di belakangnya.

6. Balai Pemuda Surabaya Yang Tampil Baru

Berada tidak jauh dari Gedung Negara Grahadi, tepat di perempatan antara Jl. Gubernur Suryo ke arah Jl. Pahlawan kita akan menemukan Gedung Balai Pemuda. Komplek gedung ini merupakan salah satu bangunan peninggalan masa kolonial Belanda. Walaupun sekarang tampil semakin megah karena renovasi di sana-sini, tapi bangunannya tetap dipertahankan sesuai kondisi asli. Di gedung ini juga biasanya berlangsung pertunjukan kesenian.

7. Pojok Plaza Surabaya Yang Artistik

Buat yang ingin memuaskan hasrat berbelanja, di Jl. Pemuda kita bisa singgah di Plaza Surabaya. Tapi jangan masuk dulu, tepat di pojokan Plaza Surabaya kita akan menemukan suasana yang sangat artistik. Di pojok halaman depan Plaza Surabaya ini kita bisa melihat suasana meja kursi dengan payung ala cafe outdoor, tidak ketinggalan ada sebuah taman kecil melingkar dengan beberapa tanaman dan juga patung Reog Ponorogo yang merupakan salah satu kesenian asli Jawa Timur.

8. Mampir Ke Coffee Toffee Gubernur Suryo

Tidak hanya ada sebuah Mall yang bisa kita temukan di Jl. Pemuda, beranjak sedikit ke Jl. Gubernur Suryo tepatnya di samping Taman Apsari kita bisa singgah untuk ngopi dan ngobrol seru di Coffee Toffee. Coffee Toffee ini lokasinya berada di Post Shop PT. Post Indonesia. Lokasinya yang bernuansa outdoor membuat ngopi dan bersantai di Coffee Toffee Gubernur Suryo ini akan sangat menyenangkan. Mau ngopi siang, sore, ataupun malam semuanya tetap menyenangkan, karena kalau siang pun kita tidak akan kepanasan ngopi outdoor di sini. Karena pepohonan yang rimbun akan membuat kita betah berlama-lama di sini.

*foto diambil sebelum pandemi covid-19 Next

ramadan
fi wisata bali aman

Semakin Diperketat, Ini Syarat Perjalanan ke Bali Saat ini

Dapur Kayu Manis

Dapur Kayu Manis Condet, Sarana Kongkow enak dengan harga yang bersahabat