in ,

Mobil Dilarang Lewat Puncak, Catat Jalur Alternatif Bogor Tahun Baru Ini

Jalur Alternatif Bogor Tahun Baru Agar Tak Terjebak Kemacetan

Kepadatan di Jalur Puncak
Kepadatan di Jalur Puncak via Instagram.com/bogor.indah

Hanya dalam hitungan hari 2018 akan segera berakhir. Teman Traveler yang berencana menghabiskan malam pergantian tahun di Puncak mungkin ingin melakukan sedikit perubahan rencana. Pihak berwenang berniat menutup jalur puncak dan sudah menyiapkan jalur alternatif Bogor tahun baru.

Baca juga : Wisata Sembalun, Keindahan Trio Air Terjun Lombok yang Memesona

Teman Traveler sebaiknya menyesuaikan waktu kunjungan ke Puncak jika tak ingin kecewa. Sebab jalur menuju sana sengaja ditutup untuk menghindari terjadinya kemacetan panjang. Lantas jalur alternatif Bogor Tahun Baru mana saja yang bisa digunakan? Berikut Travelingyuk berikan penjelasannya.

Tutup Hingga Awal 2019

Jalur Alternatif Bogor Tahun Baru
Jalur Alternatif Bogor Tahun Baru via Instagram.com/tmcpolresbogor

Informasi mengenai penutupan jalur puncak sejatinya sudah dikeluarkan Polisi Resort Bogor sejak seminggu silam, tepatnya pada Rabu (19/12). Kasatlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, mengatakan bahwa jalan menuju kawasan wisata populer tersebut tak boleh dilewati kendaraan mulai pukul 18.00 pada 31 Desember 2018 hinggga pukul 06.00 pada 1 Januari 2019 – sebagaimana dilansir Detik.

Informasi mengenai hal tersebut juga dicantumkan dalam unggahan di akun Instagram resmi TMC Polres Bogor. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, langkah ini diambil pihak berwajib untuk mengurangi resiko kemacetan. Fenomena tersebut biasanya memang terjadi menjelang dan selama libur panjang Natal serta Tahun Baru.

Jalur Alternatif

Penutupan Jalur Puncak
Penutupan Jalur Puncak via Instagram.com/tmcpolresbogor

Namun Teman Traveler tak perlu khawatir. Kepolisian sudah menyiapkan jalur alternatif bagi kalian yang ingin menuju daerah di sekitar puncak, menjelang maupun selama masa liburan Natal dan Tahun Baru. Catat baik-baik karena informasi ini mungkin akan membuat perjalanan kalian kian mulus.

Kendaraan yang ingin menuju Cianjur dari Cibubur akan dialihkan ke Jonggol. Sementara perjalanan dari Cibubur ke Cianjur akan diarahkan ke Sukabumi. Dengan jalur baru ini, waktu tempuh akan berkisar antara 2 hingga 3 jam perjalanan.

Berikut adalah jalur alternatif Bogor Tahun Baru selengkapnya:

  • Cibubur ke Cianjur (lewat Jonggol)
    Rute lengkap: Cibubur-Cileungsi-Jonggol Cariu-Cikalong-Cianjur (86,1 kilometer)
    Waktu tempuh: 2 jam 45 menit
  • Ciawi ke Cianjur (lewat Sukabumi)
    Rute lengkap: Ciawi-Cicurug-Cibadak-Sukabumi-Cianjur (80,1 kilometer)
    Waktu tempuh: 3 jam

Sistem Satu Arah dan Penambahan Rambu

Ilustrasi kepadatan di Jalur Puncak
Ilustrasi kepadatan di Jalur Puncak via Instagram.com/bogor.indah

Sebagai langkah tambahan Polres Bogor juga bisa menerapkan jalur satu arah dari Jakarta ke arah puncak. Kebijakan ini akan diambil dengan mempertimbangkan kondisi di lapangan alias situasional. Artinya Teman Traveler harus tetap mempertimbangkan semua kemungkinan.

Selain itu Polres Bogor juga bakal menambah sejumlah rambu lalu lintas di beberapa ruas jalan menuju Puncak. Hal ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan yang mungkin terjadi menjelang malam tahun baru dan awal tahun.

Itulah sedikit penjelasan mengenai jalur alternatif Bogor Tahun Baru yang bisa Teman Traveler catat. Semoga informasi ini bisa membuat perjalanan liburan akhir tahun kalian kian mulus dan tentunya menghasilkan momen berkesan di penghujung 2018. Selamat jalan-jalan! Next

ramadan

Gunung Prau Ditutup Sampai April 2019, Tunda Rencana Muncakmu Hingga Tahun Depan!

via Instagram/go.kopi

10 Es Kopi Susu di Malang dengan Harga Mulai Rp10.000, Bisa Hemat Meski Nongkrong Setiap Hari!