in ,

4 Jamu Andalan di Indonesia, Usir Penyakit Tanpa Rasa Sakit

Banyak banget manfaat yang terkandung dalam jamu

Jamu dari dulu menjadi minuman yang bisa memberikan banyak manfaat. Jenis jamu yang biasa kita kenal adalah beras kencur, kunyit asam, brotowali dan masih banyak lagi. Namun, di luar itu, ada beberapa jamu jenis lain yang menjadi andalan di kota-kota tertentu. Penasaran apa saja? Simak ulasan di bawah ini. 

Baca juga : Banyuwangi Gratiskan Angkutan Online Untuk Wisatawan, Kapan ke Sana?

1. Jamu Jun, Semarang 

jamu andalan kota tertentu
Jamu Jun via instagram/ny.rempong

Di Semarang ada sebuah kuliner yang menggunakan nama jamu tapi tidak terasa pahit, yakni Jamu Jun. Minuman ini terbuat dari tepung beras, jahe, kayu manis, kapulaga, gula aren, santan, dan daun pandan. Ketika disajikan diberi sedikit taburan bubuk merica, sehingga membuat rasanya gurih dan manis, serta pedas di tenggorokan.

Ketika ditelan, ada sensasi hangat di dalam perut sehingga cocok dinikmati ketika musim hujan atau cuaca dingin. Minuman yang kaya rempah-rempah ini dipercaya ampuh mengusir masuk angin dan perut kembung. 

2. Jamu Loloh Cem-cem, Bali 

jamu andalan kota tertentu
Jamu Loloh Cem-cem via instagram/bebektimbungan

Selanjutnya, ada Loloh Cem-cem yang merupakan jamu khas Bali dengan tampilan berwarna hijau. Minuman tradisional ini berasal dari daerah Penglipuran, Bangli dan saat ini sudah terkenal di seluruh wilayah di luar Bangli.

Loloh Cem-cem ini memiliki rasa yang khas karena terbuat dari bahan-bahan herbal seperti daun cemcem (daun kedondong hutan), serutan kelapa, lunak, garam, dan gula. Minuman satu ini memiliki banyak manfaat bagi yang mengonsumsinya. Seperti menghilangkan panas dalam, meredakan sariawan dan dapat mengatasi gangguan pencernaan.  

3. Markani Maniki, Dompu 

Markani Maniki via twitter/rusnanjamu

Dompu, Nusa Tenggara Barat juga punya jamu yang dinamakan Markani Maniki. Jamu ini berasal dari rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, temulawak, daun serai, daun salam, daun pandan, daun kelor, kayu manis dan kayu secang. 

Bahan-bahan ini diklaim mampu mengobati diabetes, darah tinggi, kolesterol, menambah stamina, maag, kembung, melancarkan peredaran darah, masuk angin, meriang, batuk pilek, kesemutan dan pegal linu.

4. Jamu Bawang Dayak, Palangkaraya 

Jamu Bawang Dayak via facebook/JAMU DW

Terakhir, ada Palangkaraya yang mempunyai minuman tradisional bernama Jamu Bawang Dayak. Ramuan dari Bawang Dayak ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Misalnya mencegah diabetes, membantu menurunkan tekanan darah, mengatasi sakit perut, mencegah flu dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, banyak orang yang tertarik untuk membeli jamu ini, bahkan dari luar negeri. 

Itulah beberapa jamu andalan di kota tertentu. Semuanya mempunyai khasiat yang luar biasa untuk para pengonsumsinya. Jadi, setelah melihat ulasan di atas, apakah kalian ingin mencoba salah satunya? Next

ramadan

Pecah Kopi, Nongkrong Cantik Sambil Belajar Membatik

Kepoin Fashion Liburan Naomi Zaskia, Pacar Sule yang Kece