in ,

Sajian Jenang di Jogja, Cita Rasa Legit Menggigit dan Gampang Dicerna

Inilah Daftar Jenang di Jogja, Pengganjal Perut Kala Lapar Tiba

jenang di Jogja
jenang di Jogja

Jenang sebenarnya banyak sekali jenisnya di Indonesia. Beberapa daerah di Solo atau Jogja menyebut bubur dan sejenisnya juga dengan nama jenang. Apapun namanya itu, kuliner ini sangat mudah untuk dicerna. Di Jogja ada beberapa tempat yang menjajakan bubur sebagai sajiannya. Mulai dari sumsum sampai dengan grendul, inilah tempat menikmati kuliner Jogja berupa jenang yang nikmat.

Baca juga : Kesegaran Sumber Mata Air Pemandian Cirahab

Jenang Mbah Ngajinem

Jenang Mbah Ngajinem, via Instagram/jogjafoodhunter
Jenang Mbah Ngajinem, via Instagram/jogjafoodhunter

Jenang Mbah Ngajinem merupakan salah satu yang banyak dipilih. Jenangnya memiliki tekstur lembut yang pas dengan rasa yang tidak terlalu manis. Berada di Jl. Demangan Baru, Jogja. Tepatnya di depan Hakkata Ikousha, namun sedikit ke arah utara.

Bukanya mulai dari jam 16:00 hingga habis. Biasanya, sudah habis pada jam 19:00 WIB. Harganya sangat terjangkau, kamu bisa membeli dengan uang Rp5.000 saja.

Jenang 8 Rasa

Jenang 8 Rasa, via Instagram/gembulfoodie
Jenang 8 Rasa, via Instagram/gembulfoodie

Jenang 8 Rasa merupakan tempat yang hits beberapa waktu yang lalu. Di sini memang seperti namanya, menawarkan 8 rasa yang berbeda. Mulai dari mutiara merah, pati garut, kacang hijau, sumsum, grendul, angkrang, ketan hitam, dan ibu rambat jahe.

Datang saja ke Pasar Kranggan di Jl. Poncowinatan, Gowongan, Jetis, Jogja. Jam bukanya mulai dari pukul 08:00 hingga 14:00 WIB. Harganya sangat murah, dipatok Rp4.000 saja.

Jenang Bu Gesti

Jenang Bu Gesti, via Instagram/jajanyogya
Jenang Bu Gesti, via Instagram/jajanyogya

Jenang Bu Gesti merupakan salah satu yang legendaris di Jogja. Keberadaanya telah ada sejak tahun 1960. Variannya cukup beragam, ada jenang candil, mutiara, bumbur sumsum. Rasanya mantap dan pas.

Bisa dicicipi di Pasar Lempuyangan, Jogja. Jam bukanya mulai dari jam 08:00 sampai habis. Harganya juga murah, hanya Rp5.000 saja. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Jenang Bu Wiganti

Jenang Bu Wiganti, via Instagram/voilajogja
Jenang Bu Wiganti, via Instagram/voilajogja

Ada pula jenang dengan harga yang sangat murah meriah, yakni Bu Wiganti yang membanderol dagangannya Rp3.000 saja per porsi. Dengan harga segitu, kamu sudah mendapatkan 5 varian jenang, ada monte, candil, sumsum, ketan hitam, dan juga kacang hijau. Bu Wigati biasanya beroperasi dengan sepedanya di sekitaran Jl. Magelang, Kricak, Jati Mulyo.

Jenang Bu Yamini

Jenang Bu Yamini, via Instagram/jogjafoodhunter
Jenang Bu Yamini, via Instagram/jogjafoodhunter

Jenang Bu Yamini juga berkeliling dengan memanfaatkan sepeda pancal. Ia biasanya berjualan di area Klebengan, Jogja. Di sini ada jenang mutiara dan sumsumnya yang rekomended. Rasanya pas, dan teksturnya juga bikin nambah porsi. Satu porsinya dipatok dengan harga Rp5.000 saja. Jogja memang terkenal menyajikan ragam kuliner murmer ya.

Jenang Bu Santo

Jenang Gempol Pasar Pathuk, via Instagram/javafoodie
Jenang Gempol Pasar Pathuk, via Instagram/javafoodie

Ada pula namanya jenang gempol dengan bola-bola yang terbuat dari nasi. Ada di Pasar Pathuk, di dekat pintu masuk utama barat, namana Jenang Bu Santo. Kamu bisa mencicipi jenang gempol dengan cita rasa nampol di tempat ini. Bukanya mulai jam 06:00 hingga 11:00 WIB. Harganya, satu porsi dipatok Rp5.000 saja.

Itulah tempat-tempat yang bisa kamu tuju untuk mencicipi jenang di Jogja. Enak buat sarapan dan rasanya begitu menggiurkan lho. Next

ramadan

Kebun Teh di Bandung Raya yang Pas untuk Menyendiri, Suasananya Cocok bagi Si Introvert

Sup Iga Khas Lombok

Nikmatnya Bersantap di Warung Lombok Sederhana, Nikmat dan Murah Meriah