in , , , , , , , ,

Jiwa Jawi Resto Bantul, Wisata Kuliner Arsitekur Bernuansa Jawa Kuno

Cafe bernuansa jawa kuno. Foto via jogja.tribunnews.com

Kata orang, Jogja terbuat dari rindu. Banyak orang yang pernah bertandang ke kota ini, akan merasakan kangen ingin kembali ke sana. Selain kaya akan tempat wisata yang kental dengan budaya Jawa, Jogja juga dapat menjadi destinasi untuk wisata kuliner. Namun uniknya sejak dulu Jogja masih kental dengan rasa jawanya. Begitu pun juga dengan cafe atau resto yang terletak di Bantul ini. Bantul tak hentinya menghadirkan tempat makan yang eksotis dan menarik, salah satunya Restoran Jiwa Jawi.

Baca juga : Jatiluwih, More than Just Rice Terraces at the Center of Bali

Berada di Bangunjiwo, Kasihan, kabupaten Bantul, restoran ini menghadirkan sensasi makan seperti di tengah hutan. Tempat ini biasa jadi destinasi bagi keluarga maupun kaum milenial untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan. Restoran yang bernama Jiwa Jawi ini memiliki konsep tradisional dan budaya yang kental pada bangunannya yang dipadukan dengan suasana alam yang asri. Ditambah dengan sajian yang menarik, membawa kamu dapat merasakan berbagai macam makanan dari beberapa daerah di Indonesia.

Kolam yang asri di Jiwa Jawi Resto Jogja. Foto via gudeg.net

Dengan suasana yang nyaman, tempat ini membuat sensasi makan tidak terlupakan. Tempat makan ini pun jadi langganan para artis ibu kota jika berkunjung Yogyakarta. Untuk menuju ke resto ini para penikmat kuliner harus menempuh perjalanan sekitar 45 menit dari pusat kota Yogyakarta. Memang sedikit jauh, namun saat sampai akan terbayar dengan arsitektur, rasa makanan yang khas dan suasanan asri yang disuguhkan.

Menu khas Jawa andalan Jiwa Jawi Resto Jogja. Foto via makanjogja.com

Apalagi kafe ini terletak di Jalan Bangunjiwo Podo Asih, Salakan, Bangunjiwo, Kabupateb Bantul, termasuk daerah yang masih sangat asri khas pegunungan. Di sepanjang perjalanan menuju kafe ini, para pengunjung akan melihat perkampungan yang menjual berbagai patung ukiran dari batu. Bisa saja kamu ingin membeli oleh-oleh sepulang dari kafe ini. Dipintu masuk cafe ini akan melewati pintu sejenis benteng yang unik. Dan untuk menuju gerbang harus melewati jembatan dengan kanan kiri kolam ikan yang asri.

Setelah ketemu area luas dengan pepohonan yang besar, terdapat bangunan utama dengan pola joglo yang artistik. Bangunan yang semua terbuat dari kayu ini memberi kesan tradisional yang kental akan Jawa Kuno nya. Luasnya area utama cafe sangat cocok untuk dijadikan perkumpulan atau gathering. Selain itu ukiran ukiran yang menjuntai dari atas kebawah membuat suasana semakin menawan.

Hutan yang rindang ditengah area resto. Foto via eksotisjogja.blogspot.com

Kafe ini menyediakan beragam menu nusantara baik camilan atau makanan utama. Camilan yang tersedia seperti bakwan jagung, pempek, tahu gejrot, pisang goreng, dan lainnya. Untuk makanan utama terdapat aneka ayam, nasi sayur asem, rawon, iga bumbu rujak, pepes ikan kemangi dan sebagainya. Minumannya ada wedang uwuh khas jogja, kelapa muda, teh, dan banyak lagi. Bagi pecinta kopi juga ada banyak macam kekopian, seperti espresso, cappucino, black coffe. Untuk harganya berkisar antara Rp. 10.000 ke atas. Next

ramadan
fi wana griya

Taman Wisata Wana Griya di Bogor Tempat Liburan Dengan Buah Hati

fi sate khas nusantara

Sate Khas Nusantara, Berbumbu Rempah Pilihan yang Lezat dan Nikmat