in ,

Sate Khas Nusantara, Berbumbu Rempah Pilihan yang Lezat dan Nikmat

fi sate khas nusantara

Teman Traveler pasti menyukai olahan daging kambing, ayam atau sapi yang dibakar menimbulkan bau asap menggugah selera ini. Berikut aneka sate khas Nusantara diolah bersama bumbu rempah pilihan yang lezat dan nikmat. Yuk simak daftar di bawah ini.

Baca juga : Radesa, Wisata Baru Semarang yang Langsung Pecahkan Rekor

1. Sate Lalat

sate lalat
Ilustrasi via instagram jhonatan_zhang

Pertama ada Sate Lalat atau Sate Laler khas Pamekasan Madura. Bukan terbuat dari lalat sungguhan, melainkan daging ayam atau kambing yang dipotong-potong kecil. Potongan kecil ini agar bumbu rempah-rempah lebih cepat meresap ke dalam, selain itu proses pembakarannya juga cukup sebentar. Sate Lalat disajikan bersama bumbu kacang khas Madura dan lontong yang sangat lezat dan nikmat.

Teman Traveler bisa mencoba Sate Laler ini dengan satu porsinya dibanderol Rp 15.000 (30 tusuk), di Kawasan Sae Salera pada kedai Sate Lalat Pak Ento berlokasi di Jalan Niaga RW.03, Barurambat Kota, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Jam operasional pukul 16.00-02.00 WIB, buka setiap hari.

2. Sate Ponorogo

sate ponorogo
Ilustrasi via instagram photoexplorerid

Sesuai dengan namanya Sate Ponorogo, sate ini khas daerah Ponorogo Jawa Timur. Berbeda dengan sate lainnya, potongan daging ayam dibuat tipis hampir seperti fillet memanjang tanpa lemak, sebelum dibakar daging dibacem dengan bumbu rempah agar lebih meresap. Alat bakarnya pun berbeda, panggangan terbuat dari tungku tanah liat, lalu ada lubang di satu sisi untuk mengipas bara arang di dalamnya.

Teman Traveler dapat mencoba Sate Ponorogo dengan satu porsinya dibanderol Rp 32.000 (20 tusuk) di kedai Sate Ayam Ponorogo H. Tukri Sobikun berlokasi di Jalan Lawu Gg,. Sate No.43 K, Hasanudin, Nologaten, Kecamatan Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Jam operasional kedai pukul 05.00-20.00 WIB, buka setiap hari.

3. Sate Maranggi

sate maranggi
Ilustrasi via instagram anakristianaa

Berikutnya ada Sate Maranggi khas Purwakarta Jawa Barat, menggunakan daging sapi dan kambing dimarinasi berbeda dari sate lainnya yaitu potongan daging direndam di dalam bumbu rempah seperti ketumbar, jahe, kunyit, lengkuas dan sedikit cuka. Sehingga tidak memerlukan saus pendamping lainnya sebab bumbu meresap sempurna, menjadikan cita rasa gurih nan nikmat.

Teman Traveler dapat mencobanya di Sate Maranggi Haji Yetty Cibungur Purwakarta dengan harga per tusuk Rp 4.000 untuk daging sapi, kambing dan ayam. Berlokasi di Jalan Raya Cibungur Purwakarta, Cibungur, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Jam operasional 08.00-20.30 WIB, buka setiap hari.

4. Sate Kere

sate kere
Ilustrasi via instagram thoryc.id

Selanjutnya ada Sate Kere khas Solo Jawa Tengah, terbuat dari ampas tempe atau ampas tahu disebut gembus ditemani dengan jeroan seperti kikil, paru, ginjal, koyor dan iso. Kemudian direbus dan dibumbui garam terlebih dahulu, bumbunya terdiri dari kecap, gilingan kacang tanah serta irisan bawah merah. Cita rasanya gurih, manis dan sedap dimakan bersama lontong.

Teman Traveler dapat mencoba Sate Kere legendaris di Sate Kere Yu Rebi dengan satu porsinya dibanderol Rp 10.000 – Rp 30.000 yang berlokasi Jalan Kebangkitan Nasional, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Jam operasional pukul 10.00-17.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian daftar ulasan sate khas Nusantara yang lezat dan nikmat, bisa dijadikan referensi kuliner Teman Traveler. Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan. Next

ramadan

Jiwa Jawi Resto Bantul, Wisata Kuliner Arsitekur Bernuansa Jawa Kuno

Tempat Menginap Tepi Pantai di Gunung Kidul

Bersantai di Bukit Tepi Pantai Gunung Kidul, Acala Ayu Resort