in ,

Destinasi Wisata dengan Julukan Van Java yang Harus Kamu Tahu

Swiss van Java
Swiss van Java

Memberikan julukan adalah hal yang lumrah dan banyak ditemui, bukan hanya anak-anak saja yang kerap dapat julukan, tapi tempat atau destinasi wisata juga. Biasanya suasana atau keindahan pemandangan yang mirip dengan daerah di luar negeri, membuat beberapa tempat didaulat menjadi versi mininya.

Baca juga : Equinox Pertama 2018 Terjadi Pada Tanggal Ini, Indonesia Rayakan Hari Tanpa Bayangan

Hal yang sama juga terjadi pada beberapa daerah atau destinasi wisata di Jawa berikut ini. Teman Traveler pasti tidak asing dengan kata Van Java yang memiliki arti berasal dari Jawa. Yang baru-baru ini populer adalah Nepal van Java. Bagaimana dengan tempat lainnya? Simak ulasan berikut ini ya. 

Nepal Van Java 

Nepal van Java
Nepal van Java via IG desysarie_

Di Magelang Jawa Tengah ada banyak tempat yang begitu indah dan memesona. Salah satu yang baru-baru ini viral dan tengah naik daun adalah Dusun Butuh. Tempat ini dikelilingi oleh perbukitan. Sehingga bisa menikmat deretan rumah dengan latar lereng gunung dari kejauhan mirip dengan desa-desa di Nepal. Itulah mengapa Dusun Butuh mendapat julukan Nepal van Java.  

Paris Van Java 

Paris van Java
Paris van Java @budiandika74 

Kalau yang satu ini pasti Teman Traveler sering mendengarnya, Paris van Java adalah julukan untuk Kota Bandung. Nama yang disematkan pada Kota Kembang ini bukannya tanpa alasan. Sudah sejak zaman penjajahan dulu Bandung sudah mendapat julukan sebagai Paris van Java. Orang Belanda suka dengan suasana Bandung dan suhunya waktu itu dirasa mirip dengan Paris. Tidak terlalu panas, namun juga tidak terlalu dingin. 

Caribbean van Java

Karimun Jawa
Karimun Jawa via IG girangsihanda

Pulau Karibia adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di dunia. Pulau-pulau dengan laut yang indah menunggu untuk dijelajahi. Pemandangannya begitu mengagumkan. Perasan seru yang sama, juga akan kamu rasakan saat mengunjungi Karimun Jawa. Daerah kepulauan yang juga memiliki laut menawan. Tidak heran jika Karimun Jawa yang ada di Jepara Jawa Tengah ini dapat julukan sebagai Caribbean van Java 

Japan van Java 

Japan van Java
Japan van Java via IG @sukron_javanesse

Yang mendapat julukan sebagai Japan van Java adalah Tegal. Kenapa begitu? ternyata alasannya bukan lagi karena pemandangan alam, tapi karena di Tegal banyak terdapat industri logam. Termasuk yang memproduksi sparepart kendaraan bermotor. Bahkan ada yang memasok sampai ke Jepang lho. 

Swiss van Java 

Swiss van Java
Swiss van Java via IG @yogadn

Berikutnya ada Garut dengan julukan Swiss van Java. Pemandangan alam di tempat ini memang aduhai indah sekali. Hawanya sejuk pas bangaet didatangi sebagai tempat liburan. Selain karena alam, Garut mendapat julukan Swiss van java juga karena dodolnya. Dodol dianalogikan sebagai coklatnya indonesia lho. Nah, sama seperti Swiss yang juga terkenal sebagai penghasil olahan coklat. 

Itulah beberapa tempat yang mendapat julukan van Java. Selain itu masih ada beberapa tempat lainnya lho. Contohnya seperti Semarang yang dijuluki Venice van Java dan Situbondo sebagai Africa van Java.  Next

ramadan
Sate Damri di Bandung

Sate Damri, Kuliner Bandung yang Hits dan Jumbo

Kledung Park

Duet Sindoro dan Sumbing Dinikmati dari Kledung Park, Super Indah