in

Kain Nusantara Go International, Cantik Membalut Pramugari Maskapai dalam dan Luar Negeri

Wah kain nusantara sangat mendunia!

Setiap maskapai penerbangan pasti mempunyai ciri khas dalam desain seragam pramugari. Baik modelnya dan juga bahannya. Menariknya, ada beberapa maskapai yang gunakan kain nusantara untuk seragam pramugari. Hebatnya lagi, ini tak hanya dipakai maskapai Indonesia, tapi juga luar negeri. Penasaran maskapai mana saja? Kepoin yuk ulasannya. 

Baca juga : Candi Tara, Bukti Kecanggihan Arsitek Jaman Nenek Moyang

Garuda Indonesia 

kain nusantara pramugari
Seragam pramugari Garuda Indonesia via instagram/garuda.indonesia

Maskapai pertama yang gunakan kain nusantara adalah Garuda Indonesia. Maskapai ternama satu ini mempunyai seragam pramugari dengan model kebaya. Untuk atasannya memakai Kebaya khas Bali warna merah muda lembut dengan bordir kembang setaman. Kemudian untuk bagian bawahnya menggunakan kain bermotif buketan. Semua ini dirancang oleh desainer terkenal yakni Anne Avantie

Untuk pemilihan motif ternyata tidak sembarangan. Kain kebaya dengan motif kembang setaman memiliki arti Garuda selalu membawa keharuman bagi Bangsa Indonesia. Sementara untuk kain bermotif buketan memiliki makna kelembutan, mengharumkan nama bangsa dan berwibawa. 

Batik Air 

kain nusantara pramugari
Seragam pramugari Batik Air via instagram/batikair 

Selanjutnya, ada Batik Air yang juga menggunakan kain nusantara yaitu Kaeng Manado. Kain ini digunakan sebagai seragam pramugari agar kain khas Manado tersebut bisa dikenal di mana-mana. Sehingga bisa menjadi salah satu aset dari ibu kota Sulawesi Utara ini. Seragam yang dipakai berupa kebaya putih cantik dan dipadukan dengan Kaeng Manado berwarna ungu. 

Singapore Airlines 

Seragam pramugari Singapore Airlines via instagram/singaporeair

Selanjutnya, ada Singapore Airlines yang juga menggunakan kain asli Indonesia untuk seragam pramugarinya. Didesain oleh perancang asal Prancis, yaitu Pierre Balmain, seragam yang digunakan oleh pramugari sangatlah memukau. Dengan atasan kemeja tanpa kerah dan bawahan bermodel sarong. Untuk warnanya adalah biru yang dihiasi dengan motif batik.  

Malaysia Airlines 

Malaysia Airlines via twitter/MAS

Tak jauh berbeda dengan Singapore Airlines. Malaysia Airlines juga turut mengenakan batik untuk seragam para pramugarinya. Modelnya pun juga hampir sama, yakni kemeja dan juga bawahan bermodel sarong.

Namun bedanya terletak di bagian kemejanya yang berkerah V. Kemudian untuk warnanya adalah perpaduan dari hijau tosca, biru tua dan merah muda. Lalu dihiasi dengan motif batik dan bunga-bunga kecil di atasnya. Ini semua hasil dari rancangan Andy Chiew, yang kemudian pada 1986 didesain ulang oleh desainer dari Malaysia, yaitu dari MARA Institute of Technology, School of Fashion and Design.

Thai Airways   

kain nusantara seragam pramugari
Thai Airways via twitter/IOrchidea

Terakhir, ada Thai Airways yang tampilkan kain songket pada seragam pramugarinya. Dengan dominasi warna ungu dan pink, penampilan pramugari Thai Airways ini makin terlihat elegan. Itu semua menjadi lebih wah dengan ditambahnya aksen kain songket untuk selendang dan roknya. 

Jadi, itulah beberapa maskapai yang menggunakan kain nusantara untuk seragam pramugari. Hal ini semakin membuktikan kalau kain asli Indonesia tak hanya indah, tapi juga dicintai oleh seluruh dunia. Nah, kalau maskapai penerbangan saja bangga menggunakan kain nusantara, mengapa kita tidak?  Next

ramadan
Mimiti Coffee & Space

Mimiti Coffee & Space, Kafe Industrial Favorit Anak Muda Bandung

Afternine, Tawarkan Spot Menari untuk Habiskan Sore Hingga Malammu