in , ,

Menelusuri Sungai Secantik Permata di Kali Biru Warsambin, Oase Surgawi Raja Ampat

Menyibak destinasi surgawi di Raja Ampat

Kalau mendengar Raja Ampat, kita pasti akan langsung tertuju pada deretan pulau karangnya yang memesona dan aktivitas snorkeling yang seru. Ternyata, destinasi favorit ini juga punya tempat wisata yang tak kalah cantiknya, yakni Kali Biru Warsambin. Seperti apa tempatnya? Simak ulasan berikut ini!

Baca juga : Ketupat and Opor Ayam, Lebaran Dish in Indonesia

Terletak di Tengah Hutan

img_0636_wJz.JPG
Trek menuju Kali Biru Warsambim (c) Wawa Yasaruna/Travelingyuk

Letaknya di Kampung Warsambin, Waisai, Kabupaten Raja Ampat. Kalau dari Kota Sorong, Teman Traveler bisa menyebrang dulu pakai kapal cepat
menuju Waisai lalu mencari kendaraan di Pelabuhan Waisai menuju Kampung Warsambin.

Durasi perjalanan dari Waisai menuju Kampung Warsambin sekitar 45 menit sampai 1 jam. Kalau via transportasi umum, kalian bisa menaiki bus Damri yang hanya dua kali sehari beroperasi dari Wisai menuju Warsambin dengan harga Rp50.000.

Naik Perahu 15 Menit

img_0624_LUQ.JPG
Perjalanan menuju kali (c) Wawa Yasaruna/Travelingyuk

Setelah sampai di Kampung Warsambin kita akan disuguhkan megahnya Teluk Mayalibit. Dari sinilah kita bisa menyewa perahu untuk lanjut ke Kali Biru Warsambin. Kita akan diantarkan warga sekitar menuju ke Kali Biru
dengan menaiki kapal nelayan milik warga dengan durasi perjalanan 10 sampai 15 menit.

img_0693_Rzu.JPG
Tempat pemberhentian perahu (c) Wawa Yasaruna/Travelingyuk

Setelah sampai, kita akan melakukan trekking sekitar 15 sampai 20 menit menuju birunya Kali Biru Warsambin. Harga untuk menyewa perahu sekitar Rp250.000 sampai Rp500.000 per perahunya.

Fasilitas Memadai

img_0632_Ws3.JPG
Jalanan yang cukup menantang (c) Wawa Yasaruna/Travelingyuk

Sembari trekking, kita akan diantar oleh warga sekitar. Secara keseluruhan akses menuju Kalibiru sudah sangat baik. Kita akan berjalan melewati hilir dan sesekali menyeberang sungai. Bahkan mendekati area Kali Biru sudah banyak tersedia fasilitas seperti gazebo dan kamar mandi. Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman karena belum ada warung makan di sekitar Kali Biru Warsambin.

Air Sedingin Es

img_0664_aA9.JPG
Bisa berenang bersama! (c) Wawa Yasaruna/Travelingyuk

Sampai di Kali Biru kita disuguhkan pemandangan hijau turquoisenya Kali Biru Warsambin. Setelah capek trekking, paling pas kalau kita langsung nyebur! Tapi Teman Traveler perlu ekstra berhati-hati. Meskipun terlihat tenang, Kali Biru ini mempunyai arus yang cukup kuat.

img_0660_Eab.JPG
Birunya warna air di Kali Biru Warsambim (c) Wawa Yasaruna/Travelingyuk

Airnya sedingin es dan sangat segar buat basah-basahan. Buat Teman Traveler yang berani untuk loncat dari ketinggian bisa mencoba sensasi memanjat ke pohon dan terjun bebas ke Kali Biru. Dengan warna hijau turquoise yang eksotik kawasan ini juga cocok untuk berfoto instagenik.

Tempat Mandi Sebelum Berperang

img_0642_cyT.JPG
Jalan menuju Kali Biru Warsambim (c) Wawa Yasaruna/Travelingyuk

Kata warga setempat, dulunya Kali Biru ini merupakan tempat untuk mandi Suku Mayalibit yang hendak berperang. Konon katanya setelah berendam di Kalibiru yang sedingin es akan menjadi kuat untuk berperang.

Selain itu Teman Traveler bisa membawa botol pribadi untuk meminta tolong warga sekitar yan gmenemani ke Kali Biru mengambilkan air Kali Biru pada sumbernya langsung, karena selain segar untuk berenang juga sangat segar untuk diteguk. Selamat mencoba dinginnya Kali Biru Warsambin di Raja Ampat! Next

ramadan

Menyambangi Goa Selarong, Napak Tilas Persembunyian Pangeran Diponegoro

Eco Traveling, Cara Baru Menikmati Liburan dengan Mencintai Lingkungan