in , ,

Kampoeng Toron Samalem Pamekasan, Bekas Tambang Batu yang Disulap Jadi Wisata Kekinian

Wisata Madura Kekinian, Kampoeng Toron Samalem Pamekasan yang Dulunya Tambang Batu

Pariwisata Indonesia semakin beragam. Belum selesai dengan keindahan alamnya, kini sudah semakin banyak tempat wisata kekinian yang instagramble. Salah satunya ada di Pamekasan, Madura. Nama tempat tersebut adalah Kampoeng Toron Samalem. Wisata ini dulunya adalah lokasi bekas penambangan batu. Dengan kreativitas warganya, tempat ini disulap menjadi lebih cantik dan berdaya guna. Penasaran? Sebelum pergi ke Madura, simak lebih dulu uraiannya ya!

Baca juga : Pilihan Wisata di Subang, Pesonanya Bikin Terngiang-ngiang

1. Punya Cerita Legenda

Hadir dengan Cerita Legenda via Instagram/ saktiadipoday
Hadir dengan Cerita Legenda via Instagram/ saktiadipoday

Keberadaan tempat-tempat cantik di Indonesia kadang tidak luput dari legenda. Sama halnya dengan Toron Samalem. Konon, lokasi ini merupakan salah satu tempat semedi dari Potre Koneng. Seorang putri cantik dari raja di Sumenep yang menurut cerita hidup di abad 13. Pada legenda selanjutnya, sosok tersebut menjadi ibu dari Jokotole.

2. Semula adalah Tambang Batu

Tambang Batu yang Disulap jadi Tempat Wisata Kekinian via Instagram
Tambang Batu yang Disulap jadi Tempat Wisata Kekinian via Instagram/ anugerah_wibawa

Pariwisata sebagai bagian dari industri kreatif, memang membutuhkan orang-orang berjiwa seni untuk terus maju dan berkembang. Ini yang terjadi pada warga di sekitar Kampoeng Toron Samalem. Bahwa dengan kreativitas yang dimiliki, mereka dapat menyulap bekas tambang batu menjadi sebuah tempat wisata. Bentang alam di sini terbentuk secara alami. Kealamiannya tersebut lantas dikemas dengan sesuatu yang baru dan mengikuti zaman. Jadilah, objek wisata yang banyak bikin orang penasaran!

3. Miliki Spot-spot Instagenic

Siap-siap Bergaya di Depan Rumah Lucu Ini via Instagram
Siap-siap Bergaya di Depan Rumah Lucu Ini via Instagram/ faris_artworks

Teman Traveler yang punya hobi foto-foto dan selfie, pasti betah berlama-lama di sini. Sebabnya, Toron Samalem memang diciptakan dengan spot-spot instagenic. Di sini terdapat rumah-rumah berukuran kecil yang terbuat dari material kayu dan rumbia. Ada juga pintu gerbang dari batu alami berukuran besar yang eksotis dipakai foto-foto.

Letak Kampoeng Toron Samalem yang berada di ketinggian, juga bisa terlihat sangat instagenic. Tempat wisata ini memiliki dua lokasi; lahan bagian atas dan bawah. Total luasnya mencapai 7 hektar.

Gerbang Batu yang Instagenic via Instagram
Gerbang Batu yang Instagenic via Instagram/ kampoeng_wisata_toron_samalem

4. Lokasi dan Akses Menuju Kampoeng Toron Samalem

Jaraknya Tidak Jauh dari Pusat Kota Pamekasan via Instagram
Jaraknya Tidak Jauh dari Pusat Kota Pamekasan via Instagram/ lutfisuryo07

Wisata kekinian baru kebangaan masyarakat Pamekasan ini, persisnya berada di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura. Letaknya, sekitar 5.5 Km ke bagian utara dari pusat Kota Pamekasan. Menuju Kampoeng Toron Samalem, Teman Traveler bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Waktu tempuh dari Kota Pamekasan, sekitar 15 menit.

Sampai saat ini, Kampoeng Toron Samalem masih terus dikembangkan. Beberapa fasilitas terus dilengkapi. Meski resmi dibuka pada Desember 2018 mendatang, tempat wisata kekinian ini sudah ramai sejak beberapa waktu lalu. Ia akan jadi pariwisata baru kebangaan Pamekasan. Bagaimana, bertambah satu alasan untuk berkunjung ke Madura, bukan? Next

ramadan
Wisata di Pulau Wangi-wangi Wakatobi

Destinasi Wisata di Pulau Wangi-wangi Wakatobi, Tempat untuk Suku Bajo Lebih Dalam

Masakan Singkawang di Jakarta

Masakan Singkawang Amos, Kuliner Gerobak Enak di Kemayoran yang Bikin Rela Antri 2 Jam!