in , ,

Kampung Arab, Jelajah Kuliner Khas Timur Tengah di Jogja yang Mirip dengan Negara Asalnya

Kulinernya bikin ketagihan nih

Jogja memang punya banyak sekali resto unik yang patut untuk dikunjungi. Seperti Kampung Arab yang banyak dicari oleh wisatawan. Di sini Teman Traveler bisa menemukan menu khas Timur Tengah yang tentu menggugah selera. Bagi kalian yang penasaran dengan restonya, bisa simak ulasan berikut, ya.

Baca juga : 3 Tempat Indah di Austria, Panoramanya Bagaikan Lukisan

Nuansa Timur Tengah yang Amat Kental

kampung arab
Kampung Arab tampak depan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Lokasi Kampung Arab berada di Sleman yang tak jauh dari kota. Alamatnya berada di Jl. Palagan Tentara Pelajar, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Kalau Teman Traveler berangkat dari Tugu Jogja, tinggal ke utara saja melewati Jl. AM. Sangaji hingga Jl. Palagan Tentara Pelajar.

Jaraknya sekitar 5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Untuk jam operasionalnya, buka dari pukul 11.00 hingga 23.30 WIB.

kampung arab
Suasana lantai bawah (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Tersedia Banyak Menu yang Manjakan Lidah

kampung arab
Beberapa menu Kampung Arab (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Kampung Arab mempunyai menu andalan dari olahan kambing. Seperti Nasi Kebuli Kambing, Nasi Briyani Kambing, Nasi Goreng Arab Kambing, Sego Arab Kambing, Sop Sumsum dan Iga Bakar Kambing Platter.

kampung arab
Nasi Kebuli Ayam (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Nah, mungkin kalian ada yang masih bingung dengan perbedaan antara Nasi Kebuli dan Briyani Kambing. Bedanya adalah Nasi Kebuli dimasak dengan bumbu kaldu kambing dengan tambahan krengsengan kambing. Sementara Nasi Briyani dimasak dengan rempah kare yang disajikan dengan kambing goreng.

Bagi yang tidak suka daging kambing, Kampung Arab juga menawarkan menu-menu nasi yang disandingkan dengan ayam. Harga untuk aneka nasi dibanderol dengan harga antara Rp23 ribu hingga Rp29 ribu. Sementara untuk sop sumsumnya yakni Rp20 ribu .

Selain menu single, ada menu jumbo juga untuk Nasi Kebuli dan Nasi Briyani. Menu jumbo ini bisa disantap untuk 3 hingga 5 orang. Harganya memang lebih mahal yakni untuk Nasi Kebuli Jumbo adalah Rp95 ribu, sedangkan untuk Nasi Briyani Jumbo Rp99,5 ribu.

Iga Bakar yang Juga Jadi Menu Andalan

Iga Bakar Kambing Platter (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Salah satu menu yang jadi favorit para pengunjung adalah Iga Bakar Kambing Platter. Iga bakar ini merupakan sharing menu, sehingga ukurannya pun bisa dibilang cukup besar. Begitu dihidangkan, iga bakarnya terlalu menggoda. Dengan warna cokelat mengkilap, iga disajikan bersama dengan kuah. Kuahnya bening dengan rasa yang gurih. Sementara itu, iga bakarnya beraroma khas bakaran dengan daging yang empuk.

Saking empuknya, daging yang melekat di tulang iga pun mudah terlepas. Manis dan gurih adalah rasa yang dominan untuk iga bakarnya. Iga Bakar Kambing Platter ditawarkan dalam menu ala carte dan paket.

Untuk menu ala carte kita perlu membayar Rp60 ribu per porsi. Sedangkan untuk menu paket dibanderol dengan harga Rp70 ribu, itu pun sudah bonus 2 nasi putih dan 2 es teh. Lebih hemat kan?

Dessert dan Snack Sebagai Pelengkap

Mangga Maimunah (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Di sini juga tersedia menu pencuci mulut khas Kampung Arab. Ada Mangga Maimunah dan Alpukat Keruk. Untuk harganya dibanderol Rp15 ribu saja. Kemudian ada juga snack yang bisa kalian pilih berupa Kebab dan Sazuka.

Kalau Kebab, mungkin Teman Traveler sudah tahu bagaimana bentuknya. Tapi jika Sazuka, merupakan roti yang ditumis dengan bombay, telur, rempah, dan saus. Harga dari masing-masing adalah Rp15 ribu untuk Kebab dan Rp20 ribu untuk Sazuka.

Tempatnya yang Bikin Betah

Salah satu area lantai atas (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Selain menjadi tempat yang cocok untuk bersantap bersama keluarga, tak sedikit pengunjung yang menjadikan Kampung Arab untuk nongkrong atau mengerjakan deadline tugas. Banyak kaum milenial yang notabene mahasiswa memanfaatkan tempat ini sebagai tempat yang asik menghasilkan ide dan bertukar pikiran. Apalagi ditunjang dengan suasana lokasi yang nyaman meski terletak di pinggir jalan yang terbilang ramai.

Salah satu spot lesehan (c) Annissa NCSaputri/Travelingyuk

Ditunjang dengan socket dan free WiFi tentu tak membuat kita khawatir jika gadget kehabisan daya atau susah terkoneksi internet. Selain itu, dengan konsep berbeda dari yang lain, Kampung Arab punya daya tarik tersendiri. Spot-spot foto bertema Timur Tengah pun kerap jadi incaran para pecinta selfie untuk berswafoto atau foto ala OOTD masa kini.

Tak perlu jauh-jauh ke Arab hanya untuk mencicipi kuliner khas Timur Tengah. Kampung Arab di Jogja sudah menyediakan itu semua, bahkan suasananya pun dibuat semirip mungkin dengan Timur Tengah. Jadi tunggu apalagi, segera agendakan untuk mengunjungi resto ini, ya. Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

4 Desainer yang Angkat Kain Nusantara di JFW 2020, Siapa Saja Ya?

Fakta Mengejutkan Wisata Pilihan Menteri, Pak Basuki Liburan Juga?