in ,

Kampung Blekok Situbondo, Tempat Pembuangan Kotoran Sapi yang Kini Siap Menarik Hati

Kampung Blekok Situbondo

Kampung Blekok Situbondo semula merupakan kawasan kumuh. Tempat ini bahkan menjadi tempat pembuangan kotoran sapi dan sampah. Sekarang, dengan pengelolaan dan konservasi yang tepat, area ini siap menjadi destinasi wisata yang menarik hati. Seperti apa lengkapnya? Simak uraian berikut ini!

Baca juga : Dermaga 2 Pantai Tanjung Luar, Wisata Baru di Lombok Timur yang Memanjakan Mata

Diluncurkan 23-24 Maret Mendatang

Kawasan Wisata Siap Diluncurkan 23-24 Maret Mendatang via Instagram/st_efendi

Dilansir dari Times Indonesia, Pemerintah Kabupaten Sitobondo, Jawa Timur, meluncurkan Kampung Blekok pada 23-24 Maret 2019. Acara peluncuran atau peresmian tersebut diiringi dengan acara-acara menarik.

Dibenahi Menjadi Lebih Rapi via Instagram/rhara_eljannah

Disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Situbondo, pertunjukan yang ditampilkan antara lain seni-seni tradisional, permainan anak, kuliner dan lomba foto. Teman Traveler yang tinggal di Situbondo dan sekitarnya, siap-siap berangkat ya!

Hutan Mangrove dengan Bekas Kawasan Kumuh

Kawasan Hutan Mangrove yang Semula Kumuh via Instagram/xxdas07_

Kawasan wisata Kampung Blekok ini berupa hutan mangrove yang cukup rimbun. Sayangnya kondisi hutan mangrove tersebut tidak dalam keadaan baik, melainkan kumuh. Bahkan disebutkan bahwa semula kawasan ini merupakan tempat pembuangan kotoran sapi dan pembuangan sampah.

Kini Dibenahi via Instagram/rhenylilu

Keadaan yang seperti itu membuat sebagian besar pohon-pohon mangrove di sini mati. Selain itu, hal tersebut juga cukup mengganggu keberadaan sarang burung Blekok.

Destinasi WIsata Berbasis Lingkungan di Situbondo

Destinasi Wisata Berbasis Lingkungan di Situbondo via Instagram/trisulaphotography

Kampung Blekok Situbondo memiliki hutan mangrove seluas lima hektar. Kawasan ini pun dinilai potensial hingga pemerintah merasa perlu melakukan konservasi dan pengembangan. Karena itulah, pada peluncurannya, ia akan difungsikan sebagai destinasi ekowisata.

Jadi Spot Foto Instagenic Juga via Instagram/nadyaslt

Kampung Blekok akan menjadi kawasan wisata Situbondo berbasis lingkungan yang dinilai potensial dikunjungi warga, baik warga Situbondo atau sekitarnya. Menarik ya? Pastikanya akan menambah daftar panjang tempat wisata yang asyik dikunjungi saat berlibur.

Lokasi

Siap Berkunjung? via Instagram/trisulaphotography

Kampung Blekok ini berada di Dusun Pesisir Timur, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Situbondo. Kawasan ini sejak dulu memang terkenal sebagai tempat yang banyak ditinggali burung Blekok. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung? Agendakan yuk!

Kampung Blekok Situbondo dengan pemandangan hutan mangrovenya akan jadi destinasi liburan yang cukup asyik. Main ke sini bersama teman, pasangan atau sendiri, sama-sama bikin happy. Nggak percaya? Silakan buktikan! Next

ramadan
Mawun Beach Lombok

Exploring the Wonderful Mawun Beach, Lombok

De Loano Glamping

DeLoano, Spot Glamping Mewah nan Hits di Purworejo