in ,

Kampung Kertoembo, Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Wilis dan Hanya Dapat Sinar Mentari 6 Jam

Kampug Kertoembo Madiun

Indonesia tak ada habisnya menyajikan beragam keindahan nan eksotis. Seperti salah satu desa di Madiun ini yang mendapat julukan Surga Tersembunyi di Lembah Gunung Wilis. Selain menyimpan keindahan, tempat ini juga memiliki keunikan.

Baca juga : Pantai Teluk Asmara, Keindahan Pantainya yang Tak Boleh Dilewatkan

Selain berada di bawah pegunungan Wilis dan sangat terpencil, desa ini juga hanya disinari oleh matahari selama 6 jam saja setiap harinya. Tak jauh dari tempat ini juga terdapat beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Inilah informasi selengkapnya.

Tak mendapatkan banyak sinar mentari

Desa terpencil dan tersembunyi ini bernama Kampung Kertoembo yang berada di Kandangan, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Lokasi desa ini tepat di bawah pegunungan Wilis. Desa ini juga berada di bawah tebing, di tengah hutan, dan jauh dari keramaian. Di kampung ini hanya ada 5 rumah yang dihuni sekitar delapan orang. Jarak desa ini dengan pusat keramaian Desa Kare sekitar 7 kilometer dan dari Pabrik Kopi Kandangan berjarak sekitar 3 kilometer.

Foto via Gema Wilis

Selain menjadi desa dengan penduduk paling sedikit, dulunya tempat tersebut merupakan tempat tinggal karyawan dari Pabrik Kopi Kandangan yang menjadi pabrik kopi terbaik di Indonesia. Kampung Keroembo juga memiliki keunikan, yaitu hanya mendapatkan sinar matahari selama 6 jam per harinya. Matahari akan bersinar mulai dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore saja. Selebihnya, suasanya akan gelap dan kadang berkabut.

Destinasi wisata yang melimpah

Kampung Kertoembo sendiri lumayan dekat dengan tempat wisata, seperti Hutan Pinus Nongko Ijo, Wisata Air Terjun Kertoembo, Air Terjun Campuhan, Wisata Arung Jeram, dan camping ground. Air Terjun Kertoembo merupakan air terjun dengan dua tingkat yang sering dikunjungi wisatawan, dengan beberapa fasilitas memadai seperti kamar mandi umum, musala, tempat makan, tempat persewaan alat, hingga spot foto.

Foto via Republika

Bila ingin lebih dekat dengan alam saat mengunjungi kampung ini, kamu juga bisa menuju Hutan Pinus Nongko Ijo dan melihat keindahan alam. Selain itu, fasilitasnya pun sudah lengkap, seperti toilet umum, musala, wahana permainan, hingga spot foto yang manarik. Untuk masuk ke area ini, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Karena banyaknya wisata tersembunyi, tak salah bila dijuluki Surga Tersembunyi di Lembah Gunung Wilis.

Dapat dukungan penuh dari pemerintah

Pemkab Madiun sedang mengerjakan sektor pariwisata yang dapat menikkan sektor ekonomi daerah dengan cara mencari tempat wisata baru. Kabupaten Madiun masih memiliki potensi luar biasa dengan kekayaan alamnya. Pemkab Madiun berharap dengan adanya sektor pariwisata ini, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, lapangan pekerjaan, hingga mengurangi kemiskinan.

Foto via Pesona Desa Kare

Pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat bersama-sama mengelola pariwisata ini dan terus menerapkan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan. Karena memiliki bergam keindahan, tak ayal bila Desa Kertoembo nantinya akan ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Saat mengunjungi Kampung Kertoembo, pastikan untuk berkeliling menikmati beragam wisata dan keindahan alam yang masih terjaga asri. Next

ramadan
Wisata Kediri Sumber Sirah

Sumber Sirah, Wisata Kediri dengan Banyak Wahana

Khor Al Adaid

Wisata Qatar untuk Fans Piala Dunia 2022