in , ,

Serunya Kegiatan Bercocok Tanam, Menyatu dengan Alam di Kampung Konservasi Rimbun Tangerang

Kampung Rimbun menjadi salah satu tempat untuk mendekatkan kita bercengkerama dengan alam. Beberapa tempat disewakan untuk berbagai acara, mulai dari arisan, kamping, dan lain sebagainya. Mereka juga menyediakan kegiatan seru seperti bercocok tanam, mengolah sampah, hingga outbond. Kegiatan ini jadi bagian agar Indonesia bisa menjadi lebih asri dan bersih, hingga mengedukasi anak-anak tentang alam dan sekitarnya.

Baca juga : Berburu Kuliner Legendaris, Sop Buntut Bu Leman Pekalongan

Kampung Konservasi Rimbun (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini. Contohnya saat beberapa tahun yang lalu, saya membuat acara untuk bakti sosial bersama puluhan anak yatim di tempat ini. Karena acaranya bersamaan dengan bulan Ramadan, siang hari kami bercocok tanam sambil edukasi dan bermain, kemudian dilanjut buka puasa bersama.

Memberikan materi (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Edukasi dibimbing oleh petugas yang ahli di bidangnya langsung. Materi dibawakan dengan ringan, agar mempermudah diterima oleh anak-anak dan diajarkan secara bertahap.

Pengenalan edukasi kepada anak-anak ini dimulai dari awal, yaitu mendaur ulang sampah yang di jadikan pupuk. Daur ulang sampah dengan cara dibakar, kemudian diendapkan, yaitu ditutup terpal selama beberapa hari. Kemudian ditambahkan cairan khusus agar bakterinya cepat berkembang.

Mengarahkan anak-anak (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Kemudian, anak-anak diarahkan pindah tempat, untuk melakukan proses selanjutnya, yaitu mencampur pupuk yang sudah jadi dengan tanah. Untuk proses campur-mencampur ini harus hati-hati. Pupuk yang sudah jadi, panasnya bisa 100 derajat celsius. Jadi, harus tunggu benar-benar dingin dahulu.

Kegiatan seru (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Ketika pupuk dan tanah sudah berhasil disatukan, kemudian dimasukkan ke dalam polybag kecil, untuk memudahkan memasukkan bibit yang akan ditanam. Karena proses tumbuh bibit menjadi daun butuh waktu lama, peserta diarahkan untuk memindahkan tanaman yang sudah tumbuh.

Mengajarkan anak menyatu dengan alam (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Memindahkan tanaman yaitu dengan cara membuka bungkus polybag, kemudian memasukannya ke dalam tanah yang subur. Agar tumbuh sempurna, tak boleh lupa disiram dan beri pupuk lagi.

Pihak Kampung Rimbun berbaik hati memberikan masing-masing tanaman untuk di bawa pulang. Isi tanamannya yang mau di bawa pulang tentunya sudah disediakan. Dan anak-anak bebas memilih jenis tanamannya.

Kegiatan seru di luar ruang bersama alam (c) Denah Lucky Sari/Travelingyuk

Dari berkegiatan seharian, ditutup dengan buka puasa bareng dan tentu saja ada permainan dan doorprize-nya. Anak-anak mengaku senang bisa terjun langsung dalam proses bercocok tanam. Pihak Kampung Rimbun juga senang bisa menyediakan sarana yang sangat berguna ini.

Untuk bisa mengadakan kegiatan seru seperti ini, kamu bisa langsung berkunjung ke Kampung Konservasi Rimbun yang berlokasi di Jalan Haji Jamat no. 11, Ciater, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Next

ramadan

La Barka Bar & Resto, Sajian Menu Western di Tepian Sungai Progo

Danau Aneuk Laot, Cuilan Surga Tersembunyi di Pulau We-Aceh