in , , ,

Serunya Kampung Wisata Domes, Serasa di Dunia Teletubies

Kampung rumah domes selayaknya rumah teletabies di jogja
Kampung rumah domes selayaknya rumah teletabies di jogja

Berbicara Yogyakarta memang tidak ada habisnya, mulai dari wisata alam, budaya hingga kuliner semakin lengkap dan pastinya bikin kangen menikmati kembali. Banyak orang berkunjung ke Jogja pasti tidak lupa mengunjungi Malioboro, Tugu Jogja, Taman Sari maupun Keraton Yogyakarta. Namun rasa capek, gerah dan campuraduk biasa dirasakan setiap orang ketika sedang berkunjung ke pusat keramaian Jogja.

Baca juga : Indonesia Ternyata Punya Air Terjun yang Lebih Indah dari ANGELS FALLS!

Kampung rumah domes selayaknya rumah teletabies di jogja
Kampung rumah domes selayaknya rumah teletabies di jogja. Foto via kotajogja.com

Nah, bagi kamu yang bosan mengunjungi pusat kota gudeg ini cobalah melipir ke satu wisata yang terletak di Desa Nglepen, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan tak jauh keberadaannya dari Candi Ijo, Ratu Boko serta Tebing Breksi. Namanya Rumah Domes, banyak yang menyebutnya dengan rumah teletubies.

Rumah teletubies ini hadir dengan bentuk mirip serial film teletubies. Bentuknya rumah domes ini sangat unik yaitu melengkung tanpa adanya genting maupun sokong untuk menyokong rumahnya. Awalnya, Rumah Domes dibangun karena desain rumahnya dianggap bisa tahan bocor, sejuk dan tahan gempa dan hingga kini dibuka untuk umum sebagai tempat wisata. Rumah Domes hampir mirip bentuknya dengan rumah Suku Eskimo namun perbedaannya hanya pada warna catnya yaitu warna-warni nampak seperti pelangi.

Rumah domes menjadi sarana edukasi untuk anak anak
Rumah domes menjadi sarana edukasi untuk anak anak. Foto via www.rappler.com

Desa wisata rumah domes ini hanya berkisar 21 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Sangat mudah kamu temukan karena akses jalanan yang tidak menyulitkanmu untuk sampai di wisata ini. Banyak paket kegiatan yang ditawarkan dirumah domes ini seperti edukasi tentang kebencanaan, paket outbond untuk segala umur, paket trip gerobak sapi, paket sejarah dan fun trip hingga paket keliling Desa Domes dengan menggunakan jeep.

Harga paket kegiatan bervariasi tergantung paket yang kamu pilih mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 200.000. Untuk biaya masuk wisata hanya Rp. 5.000 per orang. Namun jika kamu ingin melihat interior dalam rumah dome berserta isinya kamu bisa membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 saja.

interior rumah domes yang unik dan nyaman
interior rumah domes yang unik dan nyaman. Foto via medcom.com

Jumlah rumah dome ini ada 80 buah dimana berukuran diameter 7 meter dan tinggi 4,6 meter. Uniknya rumah ini dilengkapi kamar tidur, ruang tamu, dapur dan kamar mandi seperti layaknya rumah pada umumnya, terdapat dua pintu dan empat jendela. Lantai atas rumah ini terbuat dari kayu dengan tangga ulir, tak lupa adanya ventilasi udara. Untuk fasilitas umum cukup lengkap, mulai dari area parkir yang luas, mushola, toilet umum, area foodcourt, taman bermain, klinik serta tersedianya tempat penginapan bagi traveler yang ingin menginap.

Rumah domes jogja dengan tampilan warna warni yang sungguh epik
Rumah domes jogja dengan tampilan warna warni yang sungguh epik. Foto via merahputih.com

Nah untuk teman traveler yang penasaran akan keunikan kampung domes ala teletubies ini kamu bisa menikmatinya setiap hari dengan jam operasional mulai dari 07.00 hingga 17.00 WIB. Bagi kamu yang sekaligus piknik, cobalah untuk membawa perbekalan bersama kawan dan keluarga dijamin suasana dan keceriahan bakal tercipta sepanjang waktu. Next

ramadan
Penerbangan IPB

Rute Penerbangan Yang Paling Tidak Disukai Pramugari

Spa Korea

Cerita Traveler Pertama Kali Coba Jimjilbang, Ngebugil Bareng di Spa Korea Selatan