in ,

Rasakan Suasana Imlek Kental dengan Kunjungi Sederet Kampung Tionghoa di Indonesia Ini

Kampung Tionghoa di Indonesia

Perayaan Imlek tahun ini jatuh pada 5 Februari 2019. Jika masih bingung mencari tujuan liburan, Teman Traveler bisa jalan-jalan ke beberapa kampung Tionghoa di Indonesia. Kalian bakal merasakan serunya nuansa Imlek yang kental, lengkap dengan hiasan lampion dan ornamen menarik lainnya.

Baca juga : Wisata Kampoeng Radja, Destinasi Keluarga di Jambi

Suasana juga bakal terasa makin meriah karena biasanya diadakan beragam festival menarik. Mulai dari sekedar menyalakan petasan, hingga pertunjukan tari barongsai. Tertarik? Berikut adalah daftar kampung Tionghoa di Indonesia yang bisa jadi destinasi jalan-jalan Teman Traveler.

1. Kampung Kya-Kya, Surabaya

Kampung Kya-Kya di Surabaya via Instagram/ nanayohana

Kampung Kya-Kya di Surabaya sudah ada sejak tahun 1960-an. Kawasan ini termasuk salah satu yang terkenal di Kota Pahlawan. Tak sedikit warga sekitar yang menyebutnya sebagai pasar malamnya pecinan Surabaya. Kampung ini juga menjadi tempat wisata di Kota Pahlawan seperti berburu kuliner.

Kampung Kya-Kya Saat Malam via Instagram/ dhista69

Tak heran jika Teman Traveler bisa menemukan sederet kios yang menjual berbagai makanan khas Tionghoa serta Surabaya di sini. Meski sudah berubah menjadi kawasan bisnis, nilai-nilai sejarah di sini masih tetap terasa.

2. Kampung Ketandan, Jogja

Kampung Ketandan di Jogja via Instagram/ berliando.hanif

Kampung Tionghoa di Indonesia pertama yang bisa Teman Traveler kunjungi adalah Kampung Ketandan di Jogja. Kawasan ini dihuni banyak warga keturunan Tiongkok, hingga tak heran jika suasana sekitar begitu meriah menjelang perayaan Tahun Baru Imlek.

Kemeriahan di Kampung Ketandan via Instagram/ nongkrongyogya

Sejak 2005, Kampung Ketandan rutin menggelar Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) guna memeriahkan Imlek. Pengunjung bisa menyaksikan dan mempelajari lebih dalam mengenai warisan budaya Tiongkok di Indonesia. Jika tertarik datang, PBTY tahun ini digelar pada 13-19 Februari 2019.

3. Kampung Gang Lombok, Semarang

Klenteng di Kampung Gang Lombok Semarang via Instagram/ middytanti

Teman Traveler yang ingin menikmati suasana Imlek di Semarang bisa datang ke kawasan Kampung Gang Lombok. Di sini kalian bisa menemukan banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur Tionghoa. Suasananya juga bakal meriah, dengan sederet ritual dan tradisi yang digelar warga setempat.

Ramainya Pasar Semawis Semarang via Instagram/ genugraha

Tak jauh dari Gang Lombok, terdapat Pasar Semawis yang biasa digelar setiap Jumat sampai Minggu. Teman Traveler bisa mendapati aneka jajanan kuliner dan aksesori khas Tionghoa di sini.

4. Kampung Kesawan, Medan

Rumah Peninggalan Tjong A Fie di Kampung Kesawan Medan via Instagram/ cicisusiana

Kampung Tionghoa di Indonesia berikutnya adalah Kampung Kesawan, Medan. Kawasan cantik ini berada di Jl Ahmad Yani, merupakan jalan tertua di Medan. Teman Traveler wajib datang ke sini jika ingin jalan-jalan sambil merasakan suasana Imlek kental.

Tjong A Fie Mansion di Kampung Semawan via Instagram/ ikaqeela

Masyarakat Tionghoa diperkirakan sudah menetap di kawasan ini sejak sekitaran tahun 1880. Klenteng serta toko-toko yang menjual berbagai aksesori serta kuliner khas Tionghoa bisa Teman Traveler temukan di sini. Bangunan di sekitar Kampung Semawan juga banyak yang mengusung gaya arsitektur unik.

5. Kampung Sudiroprajan, Solo

Perayaan Imlek di Kawasan Kampung Sudiroprajan via Instagram/ lighthearted1212

Perayaan Imlek di Solo merupakan salah satu yang paling meriah di Indonesia. Setiap tahun selalu berlangsung rangkaian acara menarik, salah satunya Grebeg Sudiro. Perayaan Imlek besar-besaran ini tidak lepas dari keberadaan komunitas Tionghoa yang cukup besar Solo.

Pelaksanaan Grebeg Sudiro yang Rutin Digelar di Solo via Instagram/ halimsantoso

Kampung Sudiroprajan merupakan kawasan pemukiman pertama bagi masyarakat Tionghoa di Solo. Berdasarkan catatan sejarah, tahun 1740 sempat terjadi kerusuhan besar-besaran antara etnis Tionghoa dan VOC di Batavia. Kejadian tersebut menyebabkan masyarakat Tionghoa tersebar ke beberapa daerah di Nusantara, salah satunya Surakarta.

6. Kampung Pecinan Glodok, Jakarta

Meriahnya Lampion di Kawasan Pecinan Glodok via Instagram/ nanmaidabu21

Kemeriahan perayaan Imlek di pecinan Glodok, Jakarta, benar-benar terasa seperti di Tiongkok. Berbagai penjual pernak-pernik Imlek dapat dengan mudah ditemukan di sini.

Penjual Aneka Aksesori di Pecinan Glodok via Instagram/ 8_danykusuma

Hadirnya kampung pecinan Glodok di Jakarta ini tidak lepas dari sejarah yang terjadi pada 1740. Ketika itu, VOC menjadikan kawasan ini sebagai Chineesche Kamp atau Kampung Cina. Teman Traveler bisa sekaligus berwisata sejarah saat main-main ke sini!

7. Kampung Tambak Bayan, Surabaya

Tradisi warga Kampung Pecinan Teluk Bayan sambut Imlek (c) R Hidayat

Kampung Tionghoa di Indonesia selanjutnya yang menyenangkan dikunjungi saat perayaan Imlek adalah Kampung Tambak Bayan di Surabaya. Masyarakat Tambak Bayan menyambut Imlek dengan meriah pada setiap tahunnya.

Warga Kampung Pecinan saling silaturahmi saat imlek (c) R Hidayat

Gang-gang di sekitar rumah dihiasi dengan berbagai mural. Pertunjukan arongsai juga tak luput digelar, dan yang pasti, lampion-lampion ramai menghias rumah warga.

Merasakan kemeriahan perayaan Imlek di Indonesia dengan mengunjungi kampung Tionghoa merupakan pilihan yang tepat. Nggak perlu jauh ke Tiongkok, suasana di kampung-kampung tersebut sudah sangat menarik. Jadi kapan nih jalan-jalan? Jangan lupa ajak beberapa teman agar lebih seru. Next

ramadan
Gili Air, West Nusa Tenggara, Indonesia by from 500 meters up. (c) Shutterstock

Lombok Poised to Become a World Class Resort Island

Pura Besakih, the Mother of All Temple in Bali