in ,

Kampung Ujung, Medan Perburuan Kuliner yang Mantap di Flores

Labuan Bajo saat malam hari [image source]

Labuan Bajo sudah seperti gerbang yang akan membawamu menuju berbagai lokasi penuh pemandangan surgawi di Flores, Nusa Tenggara Timur. Jangan Cuma melihat-lihat komodonya saja, tapi sempatkan untuk datang ke tempat lain yang nggak kalah keren.  Jumlahnya ada banyak, kamu pasti puas dan kagum dengan segala pesona yang mungkin saja nggak akan bisa kamu temukan di tempat lainnya. Selain itu, rasanya nggak lengkap jika melancong tapi tidak berburu kuliner enak.

Baca juga : Traveling ke Jepang, Traveler Bisa Mencicipi Es Krim Emas!

Kamu nggak bisa setiap waktu liburan kan? Maka dari itu, manfaatkan waktumu dengan baik untuk menemukan medan perburuan kuliner yang terkenal di Flores. Sebenarnya, untuk mencari kuliner enak itu gampang-gampang susah. Terkadang tempatnya mentereng tapi hidangannya biasa saja. Begitu juga sebaliknya, tempatnya sederhana namun siapa sangka jika santapannya itu enak banget. Biar kamu nggak bingung, kali ini Travelingyuk telah memilihkan lokasi yang sudah terkenal dan terjamin rasa kulinernya. Tempat  itu adalah Kampung Ujung.

1. Pusat Kuliner Malam Kota Pelabuhan

Setelah seharian keliling mengunjungi berbagi tempat wisata di Pulau Flores, nggak ada salahnya memanjakan perutmu sejenak sambil menikmati suasan ala kota pelabuhan paling ramai di Flores. Lokasinya gampang ditemukan kok, meski kamu jalan kaki pada malam hari. Bagaimana tidak, lokasinya ada di pesisir pelabuhan.

Labuan Bajo saat malam hari [image source]
Labuan Bajo saat malam hari [image source]

Jika kamu melihat tenda-tenda atau gerobak yang berjajar, maka berbahagialah karena kamu sudah menemukan pusat kuliner malam di Labuan Bajo. Ucapkan selamat tinggal pada perut keroncongan dan sambut rasa mantap dari serba-serbi kuliner pinggir pantai khas Nusa Tenggara Timur.

2. Menu-Menu yang Dijual

Karena lokasinya berada di pinggir laut, maka menu-menu andalan di sini juga menyesuaikan. Jangan heran jika kamu bakal banyak menemukan penjual makanan laut. Beruntung deh jika kamu adalah salah satu pencinta seafood. Ada cumi-cumi, kerang, udang, kepiting dan berbagai olahan ikan laut. Tinggal pilijh saja yang sesuai dengan seleramu. Mau digoreng atau dibakar, semua bisa disajikan dengan rasa yang mantap, uhlalaa! Baiknya, ikan-ikan yang akan diolah akan dipajang di depan gerobak penjual.

Ikan bakar [image source]
Ikan bakar [image source]

Kondisinya masih segar dan tentu saja kamu bisa memilih sesuai dengan keinginanmu. Salah satu menu yang bisa kamu dapatkan di sini adalah ikan baronang goreng atau bakar yang disajikan dengan sepiring nasi bersama sambal dan lalapan. Jika kamu nggak begitu suka dengan makanan laut jangan terlalu galau, karena menu-menu merakyat lain juga ada. Sebut saja nasi atau ayam goreng, paling pas jika menyantapnya sambil ditemani minuman segar seperti es teh atau jus buah.

3. Makan Sambil Memandang Keindahan laut

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika Kampung Ujung adalah salah satu susdut di Labuan Bajo yang ramai setiap malamnya. Kenapa bisa begitu? Jawabannya sudah jelas karena kulinernya. Namun hal itu bukan satu-satunya alasan lho karena kebanyakan orang yang datang ke sini ingin menyantap makanan sambil menikmati keindahan tepi pantai ala kota pelabuhan.  Lampu-lampu yang menyala dari aktivitas pelabuhan menampilkan sebuah atraksi tersendiri.

Keindahan labuhan Bajo [image source]
Keindahan labuhan Bajo [image source]

Para traveler yang lelah setelah menjelajahi pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo juga sering mampir ke Kampung Ujung untuk mengisi perut. Jadi, suasananya memang benar-benar ramai. Puas makan, kamu bisa sekalian bermalam di Labuan Bajo. Ada banyak fasilitas akomodasi murah yang bisa kamu pilih. Misalnya saja penginapan Pelangi yang mematok harga Rp. 60 ribu per orang. Tempatnya nyaman, dan kamu bisa beristirahat dengan tenang.

Itulah kampung ujung, tempat kulineran yang bisa membuat kamu kenyang dan puas memandang keindahan. Next

ramadan

Nikmatnya Berendam di Kolam Air Soda yang Ada di Tapanuli Utara

Kuliner Mie Paling Enak di Bandung