in ,

Kampung Vietnam, Bekas Pengungsian di Batam yang Menjadi Tempat Wisata

Destinasi Wisata di Kampung Vietnam

Batam selama ini dikenal sebagai kawasan industri dengan banyak peluang lapangan kerja. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini juga menjadi wilayah bisnis properti yang sangat menggiurkan, bagi pemilik modal. Namun siapa sangka di balik citra tersebut, Batam juga memiliki destinasi wisata dengan cerita sejarah yang menarik. Pulau Galang adalah tempatnya, di mana terdapat Kampung Vietnam di dalamnya.

Baca juga : Ini Dia Tempat Menginap Murah di Raja Ampat, Nggak Harus Mahal

Tempat Pengungsian Masyarakat Vietnam Tahun 70-an

Patung Dewi Guang Shi Pu Sha di depan kuil via instagram/@shussy_nice

Sekitar tahun 1970, tak sedikit masyarakat Vietnam yang mengungsi karena adanya perang. Tak semuanya bernasib baik, karena beberapa hilang di tengah lautan, ada juga yang karam. Karena mereka hanya mengandalkan perahu kayu untuk mengungsi dan tidak memiliki tujuan yang jelas.

Gerbang masuk Kampung Vietnam via instagram/@vi_winchester

Monumen Perahu Kayu di Kampung Vietnam

Gereja klasik di Kampung Vietnam via instagram/@bhimawibawa

Di dalam kampung ini, kamu dapat menemukan dua buah perahu berwarna biru yang terbuat dari kayu. Dua benda tersebut dijadikan monumen karena dengan perahu inilah beberapa pengungsi bisa selamat sampai ke Indonesia. Sementara beberapa perahu lainnya ada yang karam di tengah jalan dan tidak berhasil membawa mereka ke tempat tujuannya.

Perahu kayu yang digunakan untuk mengungsi via instagram/@rizkiasari

Patung yang Melambangkan Kemanusiaan

Anjungan perahu di dalam Kampung Vietnam via instagram/ @penged10

Kali pertama memasuki perkampungan ini, terdapat sebuah patung yang bernama “Patung Humanity”. Sebuah patung yang melambangkan kemanusiaan. Latar belakang patung ini dibuat adalah kejadian pemerkosaan seorang perempuan Vietnam yang dilakukan oleh sesama pengungsi pada saat itu.

Pemandangan gereja klasik dari samping via instagram/@evaluxor

Terdapat Kuil yang Masih Dilestarikan Hingga Saat Ini

Warna-warni patung di bagian muka kuil via instagram/@yuli.rosa.prasetya

Kuil ini bernama Quan Nam Tu, letaknya berada di atas bukit. Dibangun pada tahun 1979 oleh Maha Guru Sek Chong Sen yang berasal dari Tanjung Pinang dan dibantu oleh beberapa biksu-biksu dari Vietnam. Di bagian depan bangunan ini terdapat patung Dewi Guang Shi Pu Sha yang konon dapat mempermudah jodoh dan keharmonisan berumah tangga.

Dua perahu kayu yang digunakan untuk mengungsi via instagram/@ag.production_advertising

Ternyata Batam juga memiliki destinasi wisata yang unik. Tak selalu berurusan dengan bisnis dan harga gadget yang miring. Jika berkunjung ke Batam jangan lupa jelajahi destinasi wisata di sekitarnya ya? Next

ramadan
Hotel unik

Parade Hotel Unik di Seluruh Dunia, Dari Gorong-gorong hingga Tandon

Soto Betawi Enak di Bogor

Soto Betawi Enak di Bogor, Hangat dan Nikmat Hingga Perut