in , ,

4 Katedral Unik St Petersburg, Ada yang Jadi Kenangan Momen Berdarah!

Semuanya Punya Sejarah Menarik untuk Dikulik

Trinity Cathedral
Trinity Cathedral (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Berstatus bekas ibukota Rusia, St Petersburg memiliki reputasi luas sebagai sebagai kota budaya. Di sini Teman Traveler akan menemukan banyak bangunan kuno yang sudah eksis sejak beberapa abad silam dan masih berdiri kokoh hingga kini. Nah, berikut ini Travelingyuk punya daftar 4 katedral unik St Petersburg yang wajib kalian sambangi.

Baca juga : Ayam Bakar Tulang Lunak Bu Roos, Bumbu Tradisional Rasa Sensasional!

1. St Isaac Cathedral

20190604_194546_2_MSa.jpg
St. Isaac Cathedral (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Katedral ini merupakan salah satu terbesar di dunia. Terletak di St Isaac’s square, bangunan lawas yang berdiri di atas tanah seluas 1 hektar ini sudah mulai dibuka untuk umum pada 1858. Banyak tenaga, usaha dan dana digelontorkan demi mewujudkan bangunan setinggi 101,5 meter ini.

Bangunan ini sungguh indah karena hampir seluruh bagiannya dipenuhi patung dan relief mendetail. Bagian dalamnya juga tak kalah menarik. Konon selama masa pembangunannya, hampir semua seniman terkenal turut menyumbangkan hasil karya mereka. Mulai dari yang berbentuk patung, hiasan, maupun lukisan.

20190604_195046_2_Cw6.jpg
Katedral dengan banyak patung indah (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Mulanya katedral ini didedikasikan untuk St Isaac of Dalmatia, Santa pelindung Peter the Great, Kaisar pertama Rusia. Namun memasuki era Uni Soviet, fungsinya diubah menjadi sebuah museum.

2. Trinity Cathedral

20190604_204217_2_Mbp.jpg
Trinity Cathedral (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Terletak di Izmaylovskiy Prospekt, katedral ini bisa dibilang mengusung model arsitektur terakhir dari zaman Kekaisaran Rusia. Dibangun antara 1828-1835, bangunan ini merupakan satu dari sekian banyak ‘world heritage’ di St Petersburg.

Pada era Uni Soviet berkuasa, gedung ini pernah berubah fungsi menjadi kantor Kementerian Telekomunikasi. Namun hal tersebut hanya sementara, sebelum kemudian kembali terjadi perubahan pada 1990.

3. The Church on The Spilled Blood

20190604_201622_2_two.jpg
Monumen yang sekaligus merupakan karya seni (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Gereja ini bisa dibilang sebagai sebuah monumen sejarah sekaligus karya seni. Teman Traveler bisa menemukan lokasinya di Griboyedov Channel Embankment.

Dibuat pada saat masa pemerintahan Alexander III pada 1883, gereja ini berdiri di atas sebuah lahan yang jadi saksi bisu peristiwa serangan granat pada Alexander II. Kejadian tersebut menyebabkan Sang Kaisar meninggal dunia. Bangunan ini lantas diciptakan untuk mengenang momen memilukan itu.

Terlepas dari aspek sejarahnya, bangunan ini juga patut mendapat apresiasi luar biasa dari segi seni. Bagaimana tidak, di dalamnya terdapat lebih dari 7500 meter persegi karya mozaik atau membuatnya jadi bangunan dengan mozaik terbanyak di dunia! Semua merupakan hasil karya seniman terkenal di jamannya.

Sayangnya pada masa revolusi terjadi perusakan dan gereja sempat beralih fungsi menjadi semacam gudang bahan pangan. Baru pada 1997, bangunan megah ini kembali dibuka untuk umum.

4. Peter and Paul Cathedral

20190604_170429_2_HVR.jpg
Peter & Paul Cathedral (c) Ruth Devi/Travelingyuk

Bangunan ini jadi satu komplek dengan sebuah benteng yang dikenal dengan nama Peter and Paul Fortress. Pada masanya, katedral ini sempat jadi bangunan tertinggi di Rusia. Di dalamnya Teman Traveler bisa menemukan banyak makam orang penting, termasuk Peter The Great dan Nicholas II.

Itulah sedikit ulasan mengenai 4 katedral unik St Petersburg yang wajib kalian sambangi. Jika kalian berkesempatan wisata ke Rusia di masa mendatang, jangan lupa mampir ya. Selamat jalan-jalan! Next

ramadan
Destinasi Instagenic Gratis di Medan

5 Destinasi Instagenic Gratis di Medan, Feed Rapi Kantong Happy

Bukit Nirwana, Wisata Terbaru untuk Kumpulin Konten Seru