in , , ,

Songgoriti, Nikmati Pemandian dan Candi dalam Satu Tempat

Yuk ke Songgoriti

_en_0465_8rZ.JPG
Suasana Sore di Kawasan Songgoriti (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Songgoriti merupakan kawasan wisata di Perbukitan Gunung yang berada di Kota Batu, Jawa Timur. Tempat ini memiliki beberapa wisata dengan suasana pegunungan yang berhawa dingin. Selain itu, terdapat banyak vila yang dapat digunakan untuk bermalam. 

Baca juga : Rainbows at Night in Curug Cimahi

Beragam objek wisata yang menarik dapat dinikmati wisatawan, antara lain kolam renang, wahana air, pemandian air panas, pasar wisata Songgoriti yang menyajikan berbagai makanan khas dan souvenir. Tak hanya itu, ada juga wisata sejarah Candi Songgoriti yang merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Yuk simak beragam wisata di Singgoriti.

Wisata Tirta Nirwana

wisata_songgoriti_ben__3__rIh.JPG
Suasanan di Taman Tirta Nirwana (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Tirta Nirwana merupakan salah satu tempat tujuan wisata di kawasan Songgoriti. Tempat ini memiliki taman, wahana sepeda atau perahu air dan juga kolam renang. 

Untuk memasuki area Tirta Nirwana Songgoriti ini, Teman Traveler harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 setiap orangnya. Tetapi jika datang beramai-ramai, minimanl sekitar 30 orang, ada potongan harga bagi setiap orangnya.

Perjalanan menuju Tirta Nirwana

wisata_songgoriti_ben__1__qeO.JPG
Wahana Wisata Air di Tirta Nirwana (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Jika ingin berkunjung ke Tirta Nirwana Songgoriti, tempat ini bisa diakses melalui beberapa arah, karena lokasinya tepat berada di perempatan jalan yang merupakan perpotongan dari Jalan Songgoriti dan Jalan Arumdalu, Batu.

_en_3086_2eQ.JPG
Area Taman di Candi Songgoriti (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Sementara jika dari arah Alun-Alun Kota Batu, dengan melalui Jalan Songgoriti. Teman Traveler bisa menuju Jalan Gajah Mada lurus terus hingga sampai di Jalan Trunojoyo. Kemudian dilanjutkan menuju jalan Brigjend. M. Manan dan berbelok menuju Jalan Songgoriti hingga menemukan perempatan dengan sebuah Gapura yang bertuliskan Pemandian Tirta Nirwana.

Wisata Candi

_en_3107_6JR.JPG
Juru Kunci Candi Songgoriti (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Selain pemandian dan wisata air, ada pula Candi Songgoriti yang menjadi pendukung tempat ini menjadi kawasan wisata. Lokasinya berada di lingkungan Pemandian Air Panas Alami dan juga berdekatan dengan pasar wisata Songgoriti. Jika Teman Traveler berkunjung ke candi ini, tak perlu mengeluarkan uang karena tidak ada tiket masuk bagi wisatawan yang berkunjung.

Berdasarkan berbagai sumber yang ada, candi ini diduga berasal dari sekitar abad 9. Hal ini dilihat dari gaya bangunan dan seni hiasnya, juga beberapa bentuk tulisan pada inskripsi-inskripsi pendek yang ditemukan beserta peripih yang lain di dalam sumuran candi.

Ditemukan oleh Arkeolog Belanda

_en_3159_wKC.JPG
Juru Kunci Candi Membersihkan Candi (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Candi Songgoriti ini ditemukan pertama kali oleh arkeolog Belanda yang bernama Wouter Hendrik Van Ijsseldijk pada tahun 1799. Lalu, candi diperbaiki oleh arkeolog lainnya yang bernama Jonathan Rigg pada tahun 1849 dan Jan Frederik Gerrit Brumund pada tahun 1863. Setelah itu, perbaikan dan perawatan terus dilakukan hingga kini. 

_en_3154_VIv.JPG
Menyemprotkan Air (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Candi Songgoriti ini adalah candi patirthan yang didirikan berhubungan dengan sumber air panas yang keluar dari dalam tanah. Masyarakat setempat menyebutkan bahwa candi ini dibangun berhubungan dengan tempat seorang empu pembuat pusaka, karena itulah muncuk airnya panas dan mengandung besi.

Dipercaya Dapat Menyembuhkan Penyakit

_en_0466_ld1.JPG
Kawasan Vila Menjelang Gelap di Songgoriti (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Tak jarang warga sekitar dan pengunjung memanfaatkan air ini untuk terapi kesehatan badan. Konon dikatakan dapat menyembuhkan penyakit seperti stroke, lumpuh dan juga stres. Kawasan ini memiliki wisata dalam berbagai sisi, dari keindahan alam, wahana air, sejarah serta kesehatan yang cocok sebagai tujuan wisata keluarga. Tertarik berkunjung? Next

ramadan

10 Pilihan Kuliner Enak di Car Free Day Malang yang Bikin Ngiler

Kereta Ekspres Bandara, Moda Transportasi Cepat dan Tepat